x

Tak Hanya Museum Bahari, 4 Stadion Ini Juga Pernah Alami Kebakaran

Selasa, 16 Januari 2018 14:41 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Deretan stadion yang pernah mengalami kebakaran. Salah satunya berada di Indonesia.

Kabar mengejutkan kembali melanda di DKI. Masih hangat ditelinga kita pada Senin (15/01/18) kemarin terjadi insiden jatuhnya atap selasa Gedung Tower II Bursa Efek Indonesia di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Kini, sebuah insiden kembali menimpa salah satu bangunan ibu kota. Parahnya, bangunan kali ini merupakan situs sejarah, yakni Museum Bahari yang terletak di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara.

Berdasarkan laporan sejulmlah saksi mata di lokasi kejadian, sekitar pukul 08:30 WIB terlihat kobaran api dari Lantai 2 Gedung C Museum Bahari, yang disertai kepulan asap tebal. Api sendiri pada akhirnya bisa dipadamkan oleh petugas pemadam sekitar pukul 11:00 WIB.

Museum Bahari kebakaran.

Dugaan sementara api yang menyebabkan kebakaran berawal dari hubungan singkat arus listrik. Api kemudian menjadi cepat membesar lantara mayoritas bangunan yang terbuat dari kayu.

Insiden terbakarnya Museum Bahari ini pun mengingatkan kita betapa perisitiwa kebakaran bisa terjadi di mana saja tanpa peduli tempat dan waktu, tidak terkecuali di fasilitas-fasilitas olahraga seperti stadion sepakbola.

Baca Juga

Sejarah mencatat setidaknya sudah banyak stadion yang juga pernah mengalami insiden kebakaran. Bahkan beberapa di antaranya terjadi pada kurun 2017 lalu.

Berikut INDOSPORT coba merangkum sejumlah stadion di dunia yang juga pernah mengalami insiden kebakaran sama seperti Museum Bahari:


1. Stadion Valley Parade

Stadion Valley Parade saat terjadi insiden kebakaran.

Di dataran Inggris, puluhan nyawa penonton sepakbola pernah melayang lantaran insiden stadion yang roboh, yakni di Stadion Hillsborough pada 1989 silam.

Namun, empat tahun sebelum peristiwa itu terjadi, puluhan nyawa penonton pertandingan sepakbola tidak bisa diselamatkan akibat insiden kebakaran yang melanda bangunan stadion.

Stadion Valley Parade yang merupakan markas dari klub Bradford City FC merupakan lokasi kejadiannya. Bermula dari sebuah pertandingan perayaan kemenangan melawan Lincoln City pada 11 Mei 1985 silam, tidak ada yang menduga sebanyak 56 orang tidak harus meregang nyawa ketika salah satu bagian stadion terlalap api.

Berdasarkan penuturan John Helm yang bertugas sebagai komentator di laga tersebut, api yang menyebabkan kebakaran bermula dari salah satu penonton yang sembarangan membuang puntung rokok.

Kondisi bangunan yang mayoritas terbuat dari kayu pun membuat api dengan cepat menyambar dan membesar. Orang-orang langsung berhamburan untuk menyelamatkan diri, namun ada 56 orang yang terlambat dan akhirnya harus kehilangan nyawa.


2. Stadion Nizhny Novgorod

Nizhny Novgorod Stadium saat terjadi insiden kebakaran.

Pada pertengahan Juni hingga Juli 2018 mendatang, Rusia akan menjadi tuan rumah perhelatan sepakbola paling bergengsi, yakni Piala Dunia 2018. Sejak jauh-jauh hari, negara yang dipimpin Presiden Vladimir Putin ini telah melakukan pembangunan ataupun renovasi stadion.

Namun, sebuah insiden menerpa salah satu stadion yang nantinya akan dijadikan tempat berlangsungnya laga Piala Dunia, yakni Stadion Nizhny Novgorod di kawasan Nizhegorodskaya oblast.

Pada 5 Oktober 2017 lalu, sekitar pukul 09:30 waktu setempat, dari salah satu bangunan stadion yang sedang dalam proses pembangunan terlihat mengeluarkan kepulan asap hitam.

Beruntung dalam waktu singkat, api yang menyebabkan kebakaran tersebut dapat langsung segera dipadamkan sebelum lebih banyak merusak bagian bangunan. Untungnya lagi, insiden tersebut tidak memakan korban jiwa maupun luka-luka.

"Insiden yang terjadi sama sekali tidak memengaruhi proses konstruksi. Kami juga masih sesuai jadwal dengan deadline pengerjaan stadion," ujar pihak pengembang seperti dilansir dari Reuters.


3. Stadion Hongkou

Stadion Hongkou saat terjadi insiden kebakaran.

Stadion kandang klub Shanghai Shenghua, yakni Stadion Hangkou membuat geger masyarakat China pada 28 Maret 2017 lalu. Bagaimana tidak sebagian bangunan stadion berkapasitas 33 ribu penonton tersebut habis dilalap si jago merah.

Dilansir dari Daily Mail, dugaan sementara api yang menjadi penyebab kebakaran berasal dari fasilitas panjat tebing yang berada dalam bangunan stadion. Puluhan mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk memadamkan api yang sudah terjajur berkobar besar.

Beruntung meski kebakaran tersebut tergolong sangat besar, pihak pemerintah setempat menyatakan tidak ada satu pun orang yang dinyatakan tewas atau mengalami luka serius.

Akibat dari kejadian tersebut, Shanghai Shenhua terpaksa mengungsi ke stadion lain saat menggelar laga kandang, sembari menunggu proses perbaikan Stadion Hangkou pasca kebarakaran.


4. Stadion Utama Gelora Bung Karno

Stadion Gelora Bung Karno saat insiden kebakaran.

Jelang berlangsungnya perhelatan multi-event terbesar di benua Asia, Asian Games 2018, Indonesia yang berlaku sebagai tuan rumah gencar melakukan berbagai persiapan agar nantinya event empat tahunan itu bisa berjalan baik dan lancar.

Salah satunya adalah dengan merenovasi stadion kebanggan masyarakat Tanah Air, yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno. Namun, siapa yang menyangka proses renovasi stadon yang pertama kali dibuka pada 24 Juli 1964 tersebut sempat terhambat lantaran insiden kebakaran.

Ya, pada 3 Maret 2017 lalu, secara mengejutkan bagian pintu satu GBK mencul asap putih tebal. Beberapa pekerja konstruksi pun sempat berlari tunggang langgang untuk menyelamatkan diri.

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat sendiri mengerahkan setidaknya delapan unit mobil pemadam untuk mengatasi kebakaran tersebut.

Berdasarkan hasil penyelidikan, api yang membuat kebakaran di Stadion GBK berasal dari kabel yang terbakar. Beruntung dalam kejadian ini dilaporkan tidak menelan korban jiwa dan proses renovasi SUGBK menjadi sedikit terhambat.

InggrisRusiaIndonesiaChinaStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Bola Internasional

Berita Terkini