x

Termasuk GBK, Ini 4 Stadion Paling Terang di Dunia

Rabu, 17 Januari 2018 19:16 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Stadion Paling Cerah.

Stadion kebanggaan masyarakat Indonesia, Stadion Utama Gelora Bung Karno telah selesai direnovasi untuk keperluan Asian Games 2018. Tak hanya telah selesai direnovasi, SUGBK juga sudah bisa digunakan untuk menggelar pertandingan. 

Pada Minggu (14/01/18) lalu, Stadion Gelora Bung Karno menggelar laga uji coba internasional antara Timnas Indonesia melawan Islandia. 

Baca Juga

Setelah direnovasi, kini Stadion Gelora Bung Karno menjadi lebih megah. Bahkan kemegahan GBK membuat pelatih Timnas Islandia Heimir Hallgrimsson terkagum-kagum. "Bagi kami, stadion di Islandia jika digabungkan semua masih kalah megah dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno ini," ujar Heimir. 

Tak hanya dipuji oleh pelatih Timnas Islandia Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto, mengungkapkan jika saat ini Stadion GBK merupakan stadion dengan pencahayaan terbaik di dunia. 

"Iya, the best one in the world. Kecuali ketika nanti Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 baru kami kalah. Besaran lampunya lebih dari 3.000 lux," tutur Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto.

Kemeriahan suporter Timnas saat menyanyikan lagu Indonesia Raya di Stadion Utama GBK.

Namun, pencahayaan GBK masih kalah jika dibandingkan dengan beberapa stadion lain di dunia. Berikut ini INDOSPORT telah merangkum beberapa stadion yang merupakan stadion paling terang di dunia. 


1. Arena Corinthians

Arena Corinthians.

Stadion yang merupakan markas klub SC Corinthians ini merupakan stadion paling terang di dunia. Pencahayaannya mencapai angka 5.000 lux, atau tiga kali lebih besar dibandingkan pencahayaan GBK yang lama yaitu 1.500 lux. 

Stadion berkapasitas 48.000 penonton ini menjadi salah satu stadion yang digunakan dalam gelaran Piala Dunia 2014 lalu.  Mulai dibangun pada tahun 2011, stadion ini mulai digunakan pada tahun 2014 dengan menggelar pertandingan antara Corinthians melawan Figueirense.


2. Metlife Stadium

MetLife Stadium.

Stadion Metlife sejatinya bukanlah sebuah stadion sepakbola. Melainkan stadion ini diperuntukkan menggelar pertandingan American Football. Stadion ini berlokasi di East Rutherford, New York, Amerika Serikat. Mulai dikerjakan pada tahun 2007, stadion ini rampung dan mulai digunakan pada tahun 2010 lalu.  

Menjadi markas dari dua tim NFL New York Jets dan New York Giants, Metlife Stadium memiliki pencahayaan sebesar 3.767 lux. Dengan pencahayaan tersebut, Metlife Stadium menjadi salah satu stadion paling terang di dunia. 

Selain memiliki pencahayaan yang besar, Metlife Stadium juga memiliki kapasitas yang cukup besar. Stadion ini dapat menampung hingga 82.566 penonton. 


3. San Siro

Stadion San Siro.

Salah satu stadion terbesar di Italia Stadion San Siro, juga menjadi salah satu stadion paling terang di dunia. Dengan pencahayaan mencapai 3600 lux, maka tak salah markas AC Milan dan Inter Milan ini menjadi salah satu stadion megah sekaligus terang di dunia. 

Mulai dibangun sejak tahun 1925, Stadion San Siro sudah beberapa kali mengalami renovasi. Renovasi dilakukan pada tahun 1955, 1990, dan pada kurun waktu 2011-2015 lalu. 

Stadion yang memiliki nama lain Stadion Giuseppe Meazza ini mampu menampung hingga 81.277 penonton. 


4. Gelora Bung Karno

Timnas Indonesia vs Islandia

Mulai dibangun pada tahun 1960, dan diresmikan pada tahun 1962 untuk menggelar Asian Games. GBK telah mengalami beberapa kali renovasi. Yang terbesar adalah saat menggelar SEA Games 1997. Dan kini GBK juga telah merampungkan renovasi dan siap menggelar Asian Games 2018.

Setelah selesai direnovasi untuk keperluan Asian Games 2018, kini GBK menjadi salah satu stadion paling terang di dunia. Pencahayaan yang tadinya hanya 1.500 lux, kini sudah bertambah dua kali lipat lebih menjadi 3.500 lux. 

Kini pencahayaan GBK bahkan melebihi pencahayaan Busan Main Stadium di Korea Selatan (3.200 lux) dan Stadion Wembley di Inggris (3.000 lux). 

Stadion San SiroStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)StadionCorinthiansBola Internasional

Berita Terkini