x

Termasuk Ridwan Kamil, Ini Klub-klub Favorit dari Calon Kepala Daerah

Sabtu, 20 Januari 2018 19:23 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Abdurrahman Ranala
Ridwan Kamil.

Tahun 2018 ini menjadi tahun yang cukup panas bagi kondisi politik di Indonesia, sebab tak lama lagi akan dilangsungkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada Juni 2018 mendatang.

Ditengah kesibukannya dalam mepersiapkan kampanye, rupanya sosok dari calon-calon kepala daerah yang maju di Pilkada tahun ini, sebagiannya mempunyai sisi unik, yakni penggila sepakbola. Salah satunya adalah Ridwan Kamil. Calon dari Gubernur Jawa Barat yang diusung oleh partai PPP, PKB, Nasdem dan Hanura ini dikenal sebagai sosok yang dekat dengan sepakbola. 

Baca Juga

Dirinya kerap hadir ke stadion saat Persib Bandung bertanding. Selain Maung Bandung, rupanya pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga mempunyai klub favorit di luar negeri.

Adalah Liverpool yang dipilihnya. Emil yang aktif di media sosial, acap kali mengeluarkan cuitan atau unggahan foto dirinya dengan atribut The Reds. Selain itu, ia juga sering memposting sindiran-sindiran satir dan kocak tiap kali Liverpool menang atas lawannya di salah satu laga besar.

Atalia Praratya kerap menemani Ridwan Kamil saat mendukung Persib Bandung.

Contohnya adalah ketika tim besutan Jurgen Klopp itu menang secara dramatis, di laga pembuka Liga Primer Inggris musim 2016/17, kontra Arsenal. Kala itu, Liverpool menang dengan skor akhir 4-3.

Melalui akun Twitter pribadinya @ridwankamil, Walikota Bandung itu memposting sebuah foto yang tengah mengenakan kaos berwarna merah dengan logo Liverpool, sambil membawa gitar. Pria berusia 44 tahun itu pun langsung ‘mengejek’ Eddi Brokoli yang dikenal sebagai fans fanatik Arsenal dengan nyanyian ‘In Klopp We Trust’.

Rupanya tak hanya Ridwan Kamil, beberapa calon kepala daerah ini juga memiliki jiwa penggila sepakbola, dan mempunyai klub favoritnya. Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkumnya:


1. Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo.

Tak banyak yang mengetahui, jika sosok Gubernur Jateng saat ini, Ganjar Pranowo adalah seorang fans dari klub sepakbola yang bermarkas di Inggris, Manchester United. 

Hal tersebut diketahui dari salah satu unggahan fotonya yang mengenakan batik bersama sang istri dan buah hatinya, dengan backgroud logo The Red Devils di Instagram pribadinya.

GGMU #EFL #Cup #Final #2017,” tulis politisi dari partai PDI Perjuangan itu di kolom caption-nya. 

Foto itu ia posting sesaat sebelum Man United melakoni laga final Piala Liga Inggris 2017, kontra Southampton di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (26/2/17).

Selain itu, dirinya juga akrab dengan komunitas Manchester United, IndoManUtd wilayah Semarang. Pria berusia 49 tahun itu bahkan mau membaur dengan mereka saat menghadiri sebuah acara pernikahan, pada Agustus 2017 lalu.

Ganjar Pranowo bersama komunitas IndoManUtd wilayah Semarang di acara pernikahan.

2. Dodi Alex Noerdin

Presiden Sriwijaya FC, Dodi Reza Alex meresmikan Official Store and Cafe di Sekretariat SFC di Komplek Palembang Square (PS).

Calon gubernur Sumatera Selatan, Dodi Reza Alex Noerdin, dikenal memiliki jiwa sepakbola yang cukup gila.Hal tersebut dibuktikan, dengan memiliki salah satu klub di Liga Indonesia, yakni Sriwijaya FC.

Dibawah kepemilikannya, tim berjuluk Laskar Wong Kito ini diharapkan bisa berprestasi di Liga 1 musim depan, setelah mendatangkan pemain dan pelatih berkualitas beberapa waktu lalu. 

Dodi Reza Alex dan Barcelona

Tak hanya sepakbola nasional, dirinya juga sangat menyukai sepakbola internasional khususnya liga-liga elite Eropa. Salah satu klub favoritnya adalah Barcelona.

Bahkan, dirinya berhasil menyatukan dua klub tersebut antara Sriwijaya FC dan Barcelona untuk menjalin kerjasama, pada November 2016 lalu, untuk program pengembangan pemain muda.


3. Dedi Mulyadi

Dedi Mulyadi.

Ditengah kesibukannya sebagai politisi, dan Bupati Purwakarta saat ini, Dedi Mulyadi rupanya memiliki jiwa penggila sepakbola.

Hal tersebut terbukti dari adanya program kerja yang dilakukan Dedi, dengan menerapkan pendidikan khusus di tiap sekolah, tentang sepakbola guna menjaring bakat-bakat muda dari anak-anak Purwakarta.

Selain fokus pengembangan sepakbola lokal, politisi dari partai Golkar itu juga rupanya mempunyai satu klub favorit di Eropa, yakni Real Madrid. Kang Dedi sapaan karibnya, sering kali terlihat mengenakan jersey El Real saat blusukan.

Dedi Mulyadi bersama anak-anak SSB ASAD Jaya Perkasa.

Calon wakil gubernur Jawa Barat dari pasangan Deddy Mizwar ini juga kedapatan mengucapkan selamat, kepada tim besutan Zinedine Zidane saat mereka meraih gelar Liga Champions untuk ke-12 kalinya atau Undecima, pada 2017 lalu di akun facebook pribadinya.

"Selamat Real Madrid, ada dua hal yang membuat kemenangannya spesial, menambah dan mempertahankan prestasi, mari jadikan inspirasi," tulis Kang Dedi di kolom caption-nya.

Real MadridManchester UnitedLiverpoolRidwan KamilDodi Reza AlexGanjar PranowoBola InternasionalDedi Mulyadi

Berita Terkini