x

Termasuk Buffon, Ini 4 Pesepakbola yang Masih Bermain di Usia Tua

Minggu, 28 Januari 2018 07:08 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Buffon

Jelang memasuki usia kepala empat, kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon membuat peryataan bahwa dirinya belum akan pensiun dari lapangan hijau. Di usia yang terbilang sudah tidak muda lagi buat pesepakbola, Buffon menyatakan baru siap pensiun jika memang klubnya saat ini Juventus sudah tidak membutuhkan jasanya lagi.

Tidak banyak memang pemain yang mampu bertahan untuk tetap berkarier ketika memasuki usia kepala empat. Olahraga sepakbola yang menuntun stamina prima jelas menjadi kesulitan tersendiri bagi kebanyakan orang di usia tersebut. Tak mengherankan jika umumnya banyak pemain sepakbola yang memilih pensiun saat usianya menginjak 35 sampai 39 tahun. Dan Buffon menjadi salah satu di antaranya.

Baca Juga

Meski demikian, Buffon bukan satu-satunya nama yang mampu bertahan mengalahkan usia untuk tetap berkarier. Tercatat ada beberapa nama dalam dunia sepakbola yang masih terus bergelut dengan si kulit bundar meski usia sudah menginjak kepala empat.

Berikut ada beberapa nama populer dalam dunia sepakbola yang masih bermain di usia lebih dari 40 tahun seperti yang INDOSPORT rangkum.


1. Kazuyoshi Miura

Kazuyoshi Miura

Bicara pemain dengan usia lanjut yang masih merumput, sulit rasanya melewatkan pemain asal Jepang Kazuyoshi Miura. Tidak tanggung-tanggung, memasuki usia 50 tahun pada tahun ini, Miura masih sanggup bermain bersama klubnya di divisi dua Liga Jepang Yokohama FC.

Usia rasanya memang hanya sebatas angka buat Miura, di usia kepala lima bahkan bapak dua orang anak ini masih mampu mencetak gol buat Yokohama ketika menghadapi Thespa Kusatsu dalam lanjutan divisi dua Liga Jepang. Torehan tersebut sekaligus mencatatkan dirinya sebagai pemain dengan usia tertua yang mampu mencetak gol dalam kompetisi sepakbola resmi Jepang.

Mencetak goal di usia 50 tahun 14 hari, Miura yang lebih banyak menghabiskan karier di Liga Brasil ini masih belum memiliki rencana untuk pensiun dalam waktu dekat. Pencetak 55 gol dalam 89 pertandingan bersama Tim Nasional Jepang ini bahkan baru saja menandatangani perpanjangan kontrak satu tahun dengan Yokohama FC pada Januari ini.


2. Rivaldo

Rivaldo dan Rivaldinho.

Penonton sepakbola tahun 90-an pasti ingat betul dengan nama Rivaldo. Bersama Ronaldo Nazário de Lima, penyerang terbaik Brasil ini sukses membawa negaranya menjuarai Piala Dunia 2002.

Setelah sempat memutuskan pesiun pada tahun 2014, pada Juni 2015 silam, Rivaldo memutuskan kembali ke lapangan hijau untuk memperkuat klub asal Sao Paolo, Mogi Mirim.

Menginjak usia 43 tahun saat itu, mantan pemain Barcelona ini kembali ke Mogi Mirim sebagai pemain sekaligus merangkap sebagai Presiden Klub. Selain memiliki rangkap posisi, peraih Ballon d'Or 1999 ini juga bermain bersama anak kandungnya Rivaldinho di klub yang berkompetisi di kasta kedua Liga Brasil tersebut.


3. Teddy Sheringham

Teddy Sheringham

Memasuki usia 41 tahun pada 2007, selepas memperkuat West Ham United, Teddy Sheringham memilih tetap melanjutkan kariernya. Bergabung dengan Colchester United, Sheringham di usianya saat itu mencatatkan diri sebagai pemain tertua yang berkompetisi di sepakbola profesional Inggris.

Masih sanggup bermain hingga satu musim dengan 19 penampilan dan sukses mencetak tiga gol, catatan mantan penyerang Manchester United ini jelas bukan hal yang buruk buat seorang yang seharusnya sudah mengakhiri karier sejak lama.

Tidak diperpanjang kontrak oleh Colchester United, di medio 2008 Sheringham akhirnya memilih gantung sepatu dengan catat penampilan 700 laga sejak mengawali karier profesional tahun 1983.


4. Cristian Gonzáles

Cristian Gonzales saat diperkenalkan Madura United kepada awak media.

Dunia sepakbola Tanah Air ternyata juga ada nama yang hingga usia lebih dari 40 tahun masih sanggup berkompetisi di level tertinggi. Adalah Cristian Gonzáles, bomber naturalisasi Indonesia kelahiran Uruguay yang telah malang melintang memperkuat banyak klub tanah air.

Menginjak usia 41 tahun pada 2018 ini, El Loco masih sanggup berkompetisi di level tertinggi sepakbola nasional. Terakhir pria yang mengganti namanya menjadi Mustafa Habibie sejak memeluk Islam ini, memperkuat klub Madura United di ajang Piala Presiden 2018. Bukan hanya bermain, bahkan Gonzales sukses mencetak dua gol dalam dua laga yang telah dilalui Madura United di ajang ini.

Cristian GonzalesGianluigi BuffonRivaldoKazuyoshi MiuraTeddy SheringhamBola Internasional

Berita Terkini