x

Di bawah Valverde, 5 Pemain Barcelona Ini Berkembang Pesat

Rabu, 31 Januari 2018 18:50 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

Banyak orang yang mencibir Ernesto Valverde ketika pertama kali ditunjuk Barcelona sebagai pelatihdi awal musim 2017.

Nama Valverde yang kalah besar dengan banyak manajer lain, membuat mantan pelatih Atletico Bilbao ini diragukan. Upaya untuk menebus kegagalan musim lalu pun seakan sulit untuk diwujudkan. 

Namun seiring waktu, keraguan perlahan menghilang. Nada-nada sumbang berubah jadi pujian disaat penampilan Barcelona semakin terlihat apik. Kini Barcelona nyaman duduk di puncak klasemen La Liga Spanyol 2017/18 dengan unggul 11 poin dari pesaing terdekat, lolos semifinal Copa Del Rey 2017/18, dan 16 besar Liga Champions 2017/18.

Baca Juga

Keberhasilan Valverde di Barcelona, selain  karena kemampuan melatih dan meracik strategi adalah buah kemampuan Valverde meningkatkan kualitas individu permainan anak asuhnya. Banyak pemain yang musim lalu melempem kini tampil garang berkat arahan Valverde.

Berikut INDOSPORT merangkum beberapa nama pemain Barcelona yang sukses berkembang pesat dibawah asuhan Valverde musim ini.


1. Marc-Andre Ter Stegen

Ter Stegen dianggap sebagai salah satu faktor penting di balik kemenangan Barcelona atas PSG.

Ter Stegen bisa dibilang merupakan salah satu penjaga gawang terbaik yang ada di dunia saat ini. Penampilan sensasional kiper asal Jerman bersama Barcelona musim ini kelak bisa memastikan dirinya menjadi penjaga gawang utama Timnas Jerman di Piala Dunia nanti. Terlebih jika sampai Manuel Neuer tak kunjung fit sampai akhir musim.

Dibawah asuhan Valverde, mantan penjaga gawang Borussia Moenchengladbach ini memang berkembang begitu pesat. Bersamanya, Barcelona kini menjadi klub dengan jumlah kebobolan paling sedikit di Liga Spanyol. 

Selain itu, kemapuan Te Stegnen mendistribusikan bola sejak dari belakang pertahanan juga menjadi nilai lebih yang membantu kesuksesan lini serang Barcelona.


2. Thomas Vermaelen

Thomas Vermaelen saat dipinjamkan ke AS Roma.

Mungkin sudah banyak orang yang lupa Thomas Vermaelen masih berstatus pemain Barcelona. Menghabiskan banyak waktu di meja operasi dan dipinjamkan ke klub lain, Vermaelen seakan tidak pernah menunjukan kemampuannya sedikitpun.

Alhasil saat dirinya kembali dari pinjaman diawal musim, tidak ada satupun fans Barca yang berharap padanya, malah banyak yang ingin pemain Belgia ini didepak dari Camp Nou.

Namun mimpi buruk beberapa tahun belakang sekan telah hilang, Vermaelen telah terbangun. Bersama Piqeu dia hampir selalu menjadi pilihan utama. Sejauh ini sudah delapan laga dia mainkan. Hampir tidak ada kesalahan yang dibuat, takel, pressing, termasuk passing Vermaelen berkontribusi besar bagi Barcelona musim ini yang menjadi tim Liga Spanyol dengan kebobolan terendah.


3. Samuel Umtiti

Samuel Umtiti.

Pemain 24 tahun ini seakan seperti rekrutan baru bagi Barcelona musim ini, padahal Umtiti didatangkan Barcelona musim lalu dari klub Perancis Lyon.

Permainan mengecewakan Umiti musim lalu seakan hilang berkat kesabaran Valverde. Teknik, kemampuan membaca permainan, tekel dan timing-nya begitu berkembang musim ini. Hampir selalu menjadi pilihan utama, Barcelona hanya kebobolan 4 gol sampai akhirnya umtiti cedera di Desember 2017 lalu. 

Cedera pemain belakang asal Perancis ini juga semakin memperjelas dirinya begitu dihargai para fans Barca saat ini. Banyak fans azulgrana yang sedih dan berharap dia lekas pulih dari cedera.


4. Jordi Alba

Selebrasi Jordi Alba usai cetak gol.

Seiring kedatangan Valverde, permainan Barcelona semakin seimbang, dan hal tersebut ternyata juga berpengaruh banyak kepada permainan Jordi Alba yang sebelumnya sering membuat lubang di pertahana El Barca.

Mantan pelatih Athletic Bilbao ini memang sering menempatkan tiga pemain belakang pada formasinya, dan itu membuat Jordi Alba kini ditempatkan sebagai wing back diluar tiga posisi tersebut.

Soliditas tiga pemain belakang yang biasa diisi Pique-Umtiti-Vermaelen juga membuat Alba leluasa membantu penyerangan, meski sesekali juga membantu lini belakang.

Ditambah masalah cedera yang sudah meninggalkanya musim ini, bek kiri Timnas Spanyol ini seakan lahir kembali dibawah asuhan Valverde, dirinya kini sudah semakin matang dan kembali masuk jajaran bek kiri terbaik dunia.


5. Andre Gomes

Andre Gomes, bintang muda Barcelona yang jarang dimainkan.

Dibawah asuhan Luis Enrique musim lalu, Andre Gomes lebih banyak mendapat ejekan di Nou Camp. Diharapkan bisa menggantikan peran Xavi, Gomes musim lalu seakan kehilangan kepercayaan diri. Dimainkan dalam banyak posisi bergantiaan, Gomes justru sulit untuk bisa tampil bagus di satu posisipun

Musim ini dibawah Valverde yang lebih sering memainkannya di posisi gelandang tengah, mantan pemain Valencia ini sekan sudah nyaman dan semakin berkembang.

Dia bisa menunjukan kemampuannya mengatur ritme, menusuk ke pertahanan lawan, dan menyuplai bola dengan baik ke Lionel Messi dan Luis Suarez di lini depan. Gomes seakan lahir kembali seperti sedia kala di Valencia.

BarcelonaThomas VermaelenMarc-Andre ter StegenJordi AlbaErnesto ValverdeAndre GomesLiga SpanyolSamuel Umtiti

Berita Terkini