x

Head to Head Stadion Kandang Kedah FA Versus Selangor FA

Jumat, 9 Februari 2018 15:07 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Stadion Darulaman (kiri) dan Stadion Shah Alam.

Andik Vermansah dikabarkan akan berseragam salah satu klub Malaysia, Kedah FA. Kabar ini datang dari unggahan akun Instagram, @kedah_fa. 

Akun yang belum terverifikasi sebagai akun resmi klub itu nampak Andik yang tengah berpose dengan seragam Kedah FA. Eks bintang Selangor FA itu didampingi dua orang pengurus klub Kedah FA.

Unggahan foto tersebut langsung memancing komentar dari netizen. Kebanyakan mengucapkan selamat untuk andik meski ada pula yang masih menganggap jika foto Andik berseragam Kedah FA itu merupakan editan.

Baca Juga

Benar tidaknya Andik berseragam Kedah FA, akan kita ketahui dalam beberapa jam atau beberapa hari ke depan. Yang pasti, Andik tidak akan memperkuat Persebaya atau Persib seperti yang ramai diberitakan beberapa bulan terakhir. 

"Akan kami umumkan secara resmi sebelum hari Minggu (11/02/18) nanti, sekarang kami masih negosiasi," jelas Media Officer Kedah FA kepada INDOSPORT.

Andik Vermanshah tiba di Alor Setar, kota Malaysia.

Jika Andik resmi ke Kedah FA, maka Andik akan mulai bermarkas dan mempertontonkan skillnya di Stadion Darul Aman, kandang Kedah FA. Sebelumnya, Andik telah menunjukkan skillnya di Stadion Shah Alam, kandang Selangor FA yang merupakan mantan klub Andik. 
 
Berikut ini INDOSPORT akan menyajikan head to head Stadion Darul Aman versus Stadion Shah Alam. 


1. Kapasitas

Kondisi Stadion Shah Alam.

Dari segi kapasitas, Stadion Shah Alam boleh berbangga diri dari segi kapasitas. Pasalnya, Stadion yang pernah menjadi saksi Andik beraksi pada kurun 2013-2017 ini mampu menampung hingga 70.000 penonton. 

Selain itu, Stadion Shah Alam juga memiliki tribun berdiri terpanjang di dunia. Stadion Shah Alam juga merupakan stadion terbesar kedua di Malaysia, setelah Stadion Bukit Jalil. Stadion Shah Alam juga menjadi salah satu stadion termahal di Asia Tenggara. 

Tahun 2011, stadion ini mengahbiskan dana Rp13,5 miliar untuk renovasi, termasuk memperbaiki rumput lapangan, peningkatan lampu sorot, hingga perbaikan atap tribun. Dan diperkirakan nilai pembangunan stadion ini mencapai 1,53 triliun rupiah.

Sedangkan Stadion Darul Aman, kandang Kedah FA, hanya berkapasitas sekitar 30.000 penonton. Hanya hampir setengah dari kapasitas Stadion Shah Alam. 


2. Usia

Stadion Darulaman.

Dari segi usia, Stadion Darul Aman terbilang lebih tua dibandingkan Stadion Shah Alam. Stadion Darul Aman sudah dibangun sejak tahun 1962, lalu mengalami penambahan kapasitas pada tahun 1997. 

Sedangkan Stadion Shah Alam baru mulai dibangun pada tahun 1990, dan baru dibuka pada tahun 1994. 


3. Laga Internasional

Stadion Shah Alam

Kedua stadion pernah beberapa kali menjadi venue pertandingan internasional. Bahkan, ada satu event dimana kedua stadion ini menjadi venue penyelenggaraannya. Event itu adalah Piala Dunia U-20 FIFA atau yang saat itu bernama FIFA World Youth Championship. 

Stadion Darul Aman menggelar pertandingan-pertandingan Grup C yang dihuni Ghana, Irlandia, Amerika Serikat, dan China. Sedangkan Stadion Shah Alam digunakan oleh tuan rumah Malaysia bersama lawan-lawannya di Grup A, Maroko, Belgia, dan Uruguay. 

Stadion Shah Alam juga pernah menggelar pertandingan-pertandingan Piala AFF 2012 dan 2014. 


4. Pemandangan

Stadion Darulaman.

Baik Stadion Shah Alam maupun Stadion Darul Aman terletak di tengah perkotaan. Pemandangan di sekitar stadion yang dapat dilihat adalah kawasan gedung-gedugn dan hotel. 

Selain itu, ada juga akses jalan tol dan juga pemukiman tak jauh dari stadion. 

Kedah FAStadionSelangor FAAndik VermansahBola InternasionalStadion Shah AlamStadion Darul Aman

Berita Terkini