x

Tidak Hanya Egy Maulana, 3 Pemain Indonesia Ini Pernah Jalani Tes dengan Klub Eropa

Jumat, 23 Februari 2018 13:10 WIB
Editor: Gerry Crisandy
Egy Maulana Vikri.

Ayah angkat Egy Maulana Vikri, Subagja Suihan, masih tidak mau buka-bukaan mengenai klub Eropa yang dilaporkan akan menjadi pelabuhan Egy. Sebelumnya dilaporkan Egy akan bertolak ke Polandia untuk menjalani tes untuk salah satu klub benua Eropa yang masih belum diungkap.

Subagja berjanji akan membeberkan informasi tersebut melalui konferensi pers di hadapan awak media. Namun hanya bila kontrak telah rampung dan waktu dirasa sudah tepat untuk mengumumkannya.

Duel antara Egy Maulana Vikri (kanan) dengan rekannya.

"Saya untuk sementara tidak publikasi dulu. Nanti setelah tanda tangan kontrak, mungkin ada konferensi pers," ujar orang tua dari penyerang lulusan Sekolah Atlet Ragunan tersebut kepada wartawan.

"Intinya mohon doa restu saja. Yang jelas, akan ada pemecahan rekor bahwa pemain muda kita dikontrak oleh klub profesional di Eropa," tambahnya.

Baca Juga

Memang, ide bahwa bakat muda Indonesia merumput di persepakbolaan eropa yang menjadi panggung utama sepakbola dunia untuk saat ini, mengundang senyuman di wajah para penggemar sepakbola Indonesia. Terdapat kebanggan sendiri bila akhirnya bakat salah satu Garuda Muda diakui oleh tim asal benua biru.

Tapi Egy bukan pertama kalinya pengolah kulit bundar asal Indonesia menjalani tes untuk mendapatkan tawaran kontrak bersama klub Eropa. Berikut INDOSPORT merangkum pemain-pemain Indonesia yang pernah mengikuti ujian untuk berkarier di Eropa:


1. Revalino Utrech Collin Manibor

Revalino Manibor

Revalino merupakan salah satu bakat sepakbola asal Papua yang pada tahun 2016 dilaporkan menjalani masa percobaan bersama klub asal Spanyol, Valencia. 

Revalino yang merupakan anak dari Bupati Sarmi, Mesak Manibor kala itu, mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya sekaligus menimba ilmu di Spanyol selama satu tahun. Sang ayah bahkan mengaku mendapatkan telepon langsung dari Presiden Klub Valencia.

Kabarnya, Valencia menemukan bakat Revalino ketika klub Reliv Christa [klub Revalino kala itu] melakukan tur ke Belanda. 


2. Rendy Juliansyah

Pemain Timnas Indonesia U-16, Rendy Juliansyah.

Penyerang Timnas Indonesia U-16, Rendy Juliansyah, dilaporkan menjalani trial bersama klub kasta kedua Liga Belanda, Almre City. Almere City merupakan klub yang pernah dihuni oleh Ezra Walian dan Stefano Lilipaly, dua pemain naturalisasi Indonesia.

Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa Rendy akan menjalani kariernya yang masih sangat dini ini di Jepang. Rendy rencananya akan bergabung dengan akademi sepakbola di negeri sakura tersebut, Aomori Yamada.


3. Evan Dimas

Gelandang Selangor FA Evan Dimas Darmono.

Di bulan Agustus tahun 2015, perhatian khalayak Indonesia tertuju pada satu pemain, Evan Dimas. Pasalnya, pemain asal Surabaya tersebut dikabarkan akan menjalani program trial bersama klub divisi dua Spanyol, Unio Esportiva Llagostera.

Sayangnya Evan gagal mendapatkan kontrak yang diincarnya. Alasannya, karena nutrisi dan kurangnya latihan beban, serta terkait dengan teknik dasar, seperti yang diungkap oleh Arif, sosok yang menjembatani Evan kembali ke Spanyol di tahun 2016. Evan kembali berkunjung ke negeri matador tersebut untuk menjalani program latihan bersama Espanyol B.

Kini Evan Dimas berkarier di negeri jiran, Malaysia, bersama Selangor FA. 

Timnas Malaysia U-23Timnas IndonesiaLiga IndonesiaEgy Maulana Vikri

Berita Terkini