x

Dirampok Wasit? 3 Kontroversi di Pertandingan Las Palmas vs Barcelona

Jumat, 2 Maret 2018 10:24 WIB
Editor: Gerry Crisandy
Lionel Messi

Pemuncak klasemen La Liga Spanyol, Barcelona, dipaksa berbagi satu poin saat mengunjungi Las Palmas, Jumat dinihari.  Las Palmas berhasil menahan imbang Barcelona 1-1 hingga peluit akhir pertandingan.

Hasil pertandingan ini membuat jarak antara Blaugrana dan penempat posisi kedua, Atletico Madrid, hanya berjarak lima poin. 

Barcelona sempat menghasilkan gol pembuka pada pertandingan ini, melalui sang megabintang, Lionel Messi. Gol ini dicetak Messi memanfaatkan tendangan bebas dari pelanggaran terhadapnya di tepi kotak penalti, menghujamkan bola ke sudut atas gawang.

Namun di awal babak kedua, keunggulan tersebut sirna setelah pengadil lapangan menunjuk titik putih menandakan tendangan penalti bagi Las Palmas. Jonathan Calleri tidak menyia-nyiakan kesempatan dan membuat kedudukan kembali seimbang.

Barcelona kebobolan lewat gol penalti

Kontroversi, bagaimanapun, menjadi topik di pertandingan ini. Pelatih Barcelona Ernesto Valverde bahkan sempat menginjakkan kaki ke dalam lapangan untuk melakukan protes terhadap kebijakan-kebijakan wasit.

Baca Juga

Berikut beberapa kejadian yang patut diselidiki di pertandingan Las Palmas melawan Barcelona:


1. Handball kiper Las Palmas

Las Palmas saat berhasil menjebol gawang Barcelona

Suarez berlari ke arah gawang, tanpa penjagaan, kemudian di depannya muncul sosok penjaga gawang yang juga melaju ke arahanya sebelumnya menyapu bola dari penguasaan penyerang Uruguay tersebut. 

Bola terlihat jelas menyentuh tangan kiper Las Palmas, Leandro Chichizola. Hanya saja, saat itu, ia berada di luar kotak penalti.

Jika ditemukan kesengajaan dalam insiden tersebut, mau tak mau ia harus memberikan kartu merah. Jelas, itu adalah pelanggaran yang menghalangi peluang besar untuk mencetak gol. Tapi wasit berpikir sebaliknya. 


2. Kontroversi penalti Las Palmas

Para pemain Las Palmas dan Barcelona mengelilingi wasit dan melakukan protes

Ini adalah untuk pertama kalinya pemain-pemain Barcelona dipaksa menonton pemain lawan mengambil tembakan dari titik putih dalam 79 pertandingan La Liga. 

Anehnya, alasan mengapa penalti diberikan, tidak begitu jelas. Apakah pelanggaran dari Sergio Roberto di tiang dekat atau handball Lucas Digne?

Para pemain Barcelona dan Las Palmas terlihat ricuh saling beradu argumen di depan wasit, tapi keputusan sang wasit telah bulat.


3. Kartu merah bek tengah Las Palmas?

Messi pada pertandingan kontra Las Palmas.

Harus diakui, Lionel Messi lagi-lagi menjadi pemain Barcelona yang terlihat sebagai ancaman terbesar bagi tim tuan rumah di pertandingan ini. Berkali-kali, bahkan para pemain Las Palmas dipaksa melanggar La Pulga hanya demi menghentikan pergerakannya.

Salah satunya terjadi di babak kedua, ketika Alejandro Galvez menjatuhkan Messi dengan tekel dari belakang. Jika wasit mengacungkan kartu merah, hal tersebut tidak akan mengejutkan.

Bagaimanapun, Galvez hanya diganjar kartu kuning.

BarcelonaLaLiga SpanyolLas PalmasLiga Spanyol

Berita Terkini