x

Liverpool 2-0 Newcastle: Duo Afrika Jadi Pahlawan The Reds

Minggu, 4 Maret 2018 02:38 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Sadio Mane (kiri) mencoba menghentikan pergerakan pemain Newcastle.

Babak Pertama:

Bermain di depan para suporternya sendiri, Liverpool sudah mengurung pertahanan Newcastle sejak menit awal. Peluang pertama muncul pada menit ke-4 Mane mendapatkan bola tepat dimuka gawang, namun sayang kontrolnya masih terlalu jauh sehingga bola bisa disapu pemain belakang Newcastle terlebih dulu.

Menit ke-11, topskor Liverpool Mohammed Salah mendapatkan peluang bagus, namun kecekatan bek Toon Army, Dummet berhasil menghalangi bola yang disepak pemain Timnas Mesir itu.

Baca Juga

Terus menguasai pertandingan, anak asuh Jurgen Klopp masih kesulitan membuka pertahanan yang digalanng anak asuh Rafael Benitez. Termasuk oleh Salah yang lagi-lagi mendapatkan peluang pada menit ke-16. Tren Aleksander-Arnold sempat juga membuka peluang emas, namun sayang umpan matangnya gagal dikonversi menjadi gol oleh tandukan Dejan Lovren.

Terus diserang, penjaga gawang Newcastle,  Dubravka hampir saja membuat blunder yang berujung gol ketika gagal menjangkau bola yang dtaang dari sepak pojok, namun beruntung tidak ada satupun pemain Liverpool yang berhasil memanfaatkan bola.

Terus menyerang, gol yang dinanti-nanti publik Anfield akhirnya tiba juga pada menit ke-40. Lagi dan lagi lewat Mohammed Salah yang tak hentinya mencetak gol. Berdiri bebas di sayap kanan, Salah dengan mudah menempatkan bola diantara kaki penjaga gawang dan membuat Liverpool unggul 1-0.

Skor 1-0 ini juga yang akhirnya bertahan sampai wasit meniup peluit akhir babak pertama. Newcastle United terbilang mampu menyulitkan lini serang Liverpool hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua:

Babak kedua dimulai, Toon Army sempat mencoba menyerang namun upaya mereka yang gagal justru berbuah bahaya ketika serangan balik Liverpool dimotori Salah langsung menusuk ke kotak penalti mereka. Beruntung masih ada Dummett yang berhasil merebut bola dari pencetak gol dibabak pertama itu.

Menit ke-52 The Reds meminta penalti kepada wasit ketika tendangan Salah terlihat menyentuh lengan Lascelles, namun wasit tidak bergeming dan tak memberikan apapun buat The Reds.

Tak dihadiahi penalti, Liverpool langsung membayar tuntas tiga menit berselang. Penyerang asal Senegal, Sadio Mane berhasil memanfaatkan umpan cantik Firmino selepas melewati beberapa pemain Newcastle di lini tengah. Bola yang berada di depan Mane persis di tengah kotak penalti langsung disepaknya kearah kiri penjaga gawang yang tidak berhasil menjangkaunya. Gol, keunggulan bertambah bagi The Reds 2-0.

Menit ke-67, Rafael Benitez menganti penyerang utamanya Gayle dengan Joselu untuk memperbaiki serangan. Baru masuk, Joselu sempat mendapatkan beberapa peluang, meski sentuhannya masih belum sempurna dan membuat peluang terbuang cuma-cuma.

Mendapatkan peluang lewat tendangan bebas pada menit ke-83, bola yang diarahkan ke tengah kotak penalti Liverpool berhasil mengarah ke Joselu dan langsung ditendangnya, namun bola berhasil dihalangi pemain Liverpool. Beberapa pemain Newcastle berteriak ke wasit meminta penalti, namun tak ada respon dari sang pengadil.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp saat memberikan instruksi dari luar lapangan.

Jurgen Klopp melakukan pergantian strategi dengan memasukkan satu lagi pemain bertahan Joel Matip menggantikan penyerangnya Roberto Firmino. Memasukkan pemain belakang, Liverpool nyatanya masih tetap menguasai pertandingan. mereka masih berhasil membuka peluang lewat Salah dan Lallana, meski masih nihil hasilnya.

Menit ke-92 Salah berhadapan dengan penjaga gawang Newcastle, namun tiba-tiba datang pemain Newcastle dari belakang menjegalnya. Salah terjatuh tepat digaris penalti, namun wasit tidak memberikan tendangan bebas apa lagi penalti. Klopp terlihat protes keras, namun wasit tetap pada pendiriannya.

Dan sampai dua menit berselang, tak ada lagi peluang tercipta. Skor bertahan dua gol untuk kemenangan Liverpool. Liverpool 2-0 Newcastle. Tim asuhan Jurgen Klopp berhasil menyalip Manchester United untuk sementara bertengger di peringkat dua.

Susunan pemain kedua tim:

Liverpool (4-3-3): Karius; Lovern, Van Dijk, Alexander-Arnold, Robertson; Henderson, Can, Chamberlain (Miller); Salah, Mane (Lallana), Firmino (Matip).

Pelatih: Jurgen Klopp

Newcastle (4-4-1-1): Dubravka; Yedlin, Lascelles, Lejeune, Dummet; Murphy (Perez), Diame, Merino (Hayden), Kenedy; Atsu, Gayle (Joselu)

Pelatih: Rafael Benitez

LiverpoolNewcastle UnitedMohamed SalahLiga Primer InggrisSadio ManeRoberto FirminoReviewLiga Inggris

Berita Terkini