x

Tottenham 1-2 Juventus: Dybala Bungkam Wembley

Kamis, 8 Maret 2018 04:55 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Paulo Dybala dan Gonzalo Higuain, dua penyerang Juventus yang berhasil membobol gawang Tottenham Hotspur.

Dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2017/18 pada 14 Februari 2018 lalu, Juventus hanya mampu menahan imbang tamunya, Tottenham Hotspur dengan skor 2-2.

Bertanding di Allianz Stadium, yang notabene markas mereka sendiri, Nyonya Tua sempat unggul dua gol lebih dulu lewat aksi Gonzalo Higuain. 

Baca Juga

Namun apa daya, kemenangan yang sudah ada di depan mata tersebut harus sirna setelah Harry Kane dan Cristian Eriksen mencetak gol penyeimbang.

Seolah membalas rasa sakit hati, Juventus pun bermain agresif meski sebagai tim tamu di Wembley Stadium dalam laga leg kedua pada Kamis (08/03/18) dini hari WIB, pasukan Massimiliano Allegri berhasil menang dengan skor 2-1.


1. Babak Pertama

Selebrasi Son Heung Min setelah cetak gol pertama.

Bermain di hadapan pendukung sendiri yang memadati Wembley Stadium, Tottenham menjadi pihak pertama yang mengambil inisiatif serangan. Gelandang asal Korea Selatan miliki Tottenham, Son mengirim umpan lambung ke kotak penalti Juventus. Sayang, masih ada Chiellini yang memotong bola.

Hingga lima menit pertandingan berjalan, Juventus dipaksa lebih banyak bermain di wilayah sendiri. Barulah di menit ketujuh, mereka melakukan serangan balasan.

Berawal dari dribel cepat Dybala di sisi sayap yang dilanjutkan dengan umpan lambung silang, Higuain yang dituju berhasil menyambutnya dengan sundulan. Sial bagi Nyonya Tua, arah bola masih belum menuju ke dalam gawang.

Selanjutnya, Tottenham kembali melakukan penekanan ke arah gawang yang dijaga Buffon. Kiper Timnas Italia itu dipaksa bekerja keras hingga laga menunjukkan menit ke-35.

Upaya Tottenham yang tidak berhenti menekan Juventus tersebut pun membuahkan hasil di menit ke-39. Memanfaatkan kemelut di mulut gawang, Trippier melepaskan umpan silang mendatar yang disambut dengan tendangan keras Son.

Skor 1-0 untuk keunggulan Tottenham atas Juventus itu sendiri bertahan hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan.


2. Babak Kedua

Higuain cetak gol pertama untuk Juventus.

Sadar telah tertinggal dan peluang mereka menuju perempatfinal terancam, Juventus mengubah strategi menjadi lebih menyerang. Namun, ketatnya pertahanan The Lilywhites mampu membuat frustasi Pjanic dan kolega.

Melihat kreativitas permainan anak-anak asuhnya mulai mandek, Massimiliano Allegri langsung melakukan pergantian dua pemain sekaligus di menit ke-62. Asamoah dan Lichtsteiner masuk menggantikan Matuidi dan Benatia.

Masuknya Asamoah dan Lichtsteiner pun langsung menunjukkan hasil di menit ke-64. Berawal dari umpan silang Lichtsteiner, Khedira melanjutkannya dengan sebuah tandukan yang mengarah ke Higuain. Lolos dari posisi off-side, mantan penyerang Real Madrid itu dengan mudah memasukkan bola ke gawang Hugo Lloris. Skor menjadi imbang 1-1.

Meski berhasil menyamakan kedudukan, langkah Juventus ke babak perempatfinal belum aman. Pasalnya, meski kini agregat menjadi 3-3, Nyonya Tua kalah dalam urusan agresivitas gol tandang.

Tidak perlu waktu lama, Dybala pun mampu menjawab keinginan para fans Juventus di seluruh dunia. Penyerang asal Argentina itu menyusul Higuain dengan membubuhkan namanya di papan skor di menit ke-68, tiga menit dari gol pertama Juventus.

Higuain yang mengendalikan bola dengan jelih melihat posisi Dybala. Ia pun kemudian menyodorkan umpan terobosan yang diakhiri dengan baik oleh Dybala menggunakan kaki kirinya. Skor menjadi 2-1, Juventus berbalik unggul atas Tottenham.

Dua gol cepat dari Juventus itu membuat para pemain Tottenham terkejut. Mereka pun berusaha untuk mencari gol penyeimbang agar memaksa laga lanjut ke babak tambahan. Sayang, upaya itu berakhir kegagalan setelah peluit panjang berbunyi dan skor 2-1 untuk keunggulan Juventus tidak berubah.

Kemenangan tipis Higuain dan kolega itu pun memastikan Juventus mendapat satu tempat di babak perempatfinal Liga Champions 2017/18. Dari dua leg babak 16 besar, Juventus mampu unggul dengan agregat 4-3.


3. Susunan Pemain

Tottenham Hotspur vs Juventus.

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Lloris; Trippier, Sanchez, Vertonghen, Davies; Dier, Dembele; Eriksen, Dele, Son; Kane.
Pelatih: Mauricio Pochettino.

Juventus (4-3-3): Buffon; Barzagli, Benatia, Chiellini, Sandro; Khedira, Pjanic, Matuidi; Douglas Costa, Higuain, Dybala.
Pelatih: Massimiliano Allegri.

Liga ChampionsJuventusTottenham HotspurPaulo DybalaReviewBola Internasional

Berita Terkini