x

Deretan Pemain Asing yang Hiasi 18 Klub Liga 1 2018

Jumat, 9 Maret 2018 18:49 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
Michael Essien dan Marko Simic.

Liga 1 musim 2018 akan bergulir pada 23 Maret nanti. Partai pembuka Liga 1 musim 2018 akan mempertemukan juara bertahan Liga 1, Bhayangkara FC melawan kampiun Piala Presiden 2018, Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Di semua kompetisi sepakbola dunia pasti membuat regulasi tentang pemain asing yang boleh dikontrak klub. Kehadiran pemain asing ini diharapkan bisa memberikan persaingan yang sehat kepada para pemain lokal.

Baca Juga

Jelang bergulirnya Liga 1 2018 PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 menerapkan peraturan mengenai pemain asing menjadi tiga pemain asing non-Asia dan satu pemain asing dari Asia, tanpa ada embel-embel marquee player yang sempat berlaku musim lalu.

INDOSPORT mencoba merangkum daftar atau deretan pemain asing yang akan menghiasi kompetisi Liga 1 2018. Berikut ulasannya.


1. Bhayangkara FC

Logo Bhayangkara FC

Klub berjuluk The Guardian ini berhasil melengkapi daftar pemain asing jelang Liga 1 2018 dimulai. Tampaknya Bhayangkara FC ingin mempertahankan gelar kampiun untuk musim ini.

Mereka-mereka adalah gelandang serag David da Sila (Brasil), bek Vladimir Vujovic (Montenegro), penyerang (Paulo Sergio Moreira Goncalves, dan peman Asia Lee Yoo-joon (Korea Selatan).


2. Bali United

Logo Bali United

Pada musim 2018 kali ini Bali United tak main-main dalam merekrut pemain asing. Sebab mereka bermain di Piala AFC 2018, sehingga klub berkjuluk Serdadu Tridatu ini ingin stabil dalam berkancah di Indonesia dan Asia.

Bali United mengontrak bek ganas Bruno Demerson (Brasil), gelandang Kevin Brands (Belanda), Nick van der Velden (Belanda), dan bek asal benua Asia Ahn Byung-keon (Korea Selatan).


3. PSM Makassar

Logo PSM Makassar.

Klub yang berjuluk Juku Eja ini berhasil mengamankan empat pemain asing idaman. Mereka diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata untuk tim besutan Robert Rene Albert.

PSM Makassar berhasil mengontrak bek Eropa Steven Paulle (Prancis), gelandang Marc Klok (Belanda), penyerang Wiljam Pluim (Belanda), dan penyerang Asia Bruce Djite (Australia).


4. Persija Jakarta

Logo Persija Jakarta

Klub berjuluk Macan Kemayoran pada musim 2018 menggebrak bursa transfer. Bagaimana tidak, rekrutan pemain yang dilakukan manajemen Persija Jakarta.

Rekrutan paling anyar dan langsung membuat para The Jakmania jatuh hati pada stiker asal Kroasia Marko Simic. Lalu ada penyerang Addison Alves (Brasil), bek Jaimerson da Silva (Brasilp), dan pemain asal Asia Rohit Chand (Nepal).


5. Madura United

Logo Madura United.

Klub yang dijuluki Laskar Sapeh Kerrab ini begitu masif dalam bursa transfer 2018. Mereka tampaknya ingin merebut trofi juara Liga 1 pada musim ini.

Madura United mendapatkan striker Alberto Antonio De Paula (Brasil), bek kenamaan Fabiano Beltrame (Brasil), gelandang elegan Zah Rahan Krangar (Liberia), dan pemain dari benua Asia (Nuiddin Dabronov (Tajikistan).


6. Persipura Jayapura

Logo Persipura Jayapura

Klub yang diarsiteki mantan pemain West Ham United Peter Butler ini, tidak terlalu masif dalam merekrut pemain. Bahkan mereka baru mengontrak tiga pemain asing saja pada kali ini.

Mereka-mereka yang diamankan jasanya adalah gelandang serang Hilton Moreira (Brasil), predator Marcel Sacramento (Brasil), dan bek Abdoulaye Maiga (Mali). Mutiara Hitam tinggal merekrut satu pemain asing dari benua Asia saja.


7. Barito Putera

Logo Barito Putera

Klub yang ditukangi oleh pelatih beken Jacksen F. Tiago ini sudah mengamankan pemain asing. Bahkan Barito Putera telah melengkapi regulasi pemain asing yang diterapkan operator liga.

Empat pemain yang dimaksud adalah Matias Cordoba asal Argentina, Douglas Packer dari Brasil, Patrick da Silva juga asal Brasil, dan pemain internasional Australia Aaron Evans.


8. Borneo FC

Logo Borneo FC

Borneo FC pada Liga 1 musim 2018 juga telah mempersiapkan empat pemain asing yang direkrut. Mereka adalah Marlon da Silva (Brasil), gelandang Julien Faubert (Martinique), gelandang serang Srdan Lopicic (Montenegro), dan bek Azamat Baymotov (Kirgizstan).


9. Arema FC

Profil Arema FC

Klub asal Jawa Timur ini juga sudah mengamankan jasa pemain asing idaman yang diiinginkan oleh Joko Susilo. Empat pemain asing tersebut adalah bek Arthur Cunha da Rocha (Brasil), striker Thiago Furtuoso (Brasil), gelandang Balsa Bozovic (Montenegro), dan pemain tengah Ahmet Atayev (Turkmenistan).


10. Mitra Kutai Kartanegara

Logo klub Mitra Kukar

Mitra Kutai Kartanegara atau Mitra Kukar juga telah mengamankan jasa pemain asing untuk kompetisi Liga 1 2018. Pemain asing yang berhasil direkrut Mitra Kukar adalah bek Mauricio Aparecido Leal (Brasil), gelandang Danny Guthrie (Inggris), striker Fernando Rodriguez Ortega (Spayol), dan kiper Yoo Jae-hoon (Korea Selatan).


11. Sriwijaya FC

Logo Sriwijaya FC.

Klub yang saat ini dibesut oleh Rahmad Darmawan juga telah membuat gebrakan pada musim 2018 ini. Sriwijaya FC bakan mengontrak pemain asing seperti bek Mahamadou N'Diaye (Mali), gelandang elegan Makan Konate (Mali), pemain tengah Yoo Hyun-goo (Korea Selatan), dan penyerang Manuchekhr Dzhalilov (Tajiskistan).

Catatan! Saat ini Esteban Vizcarra (Argentina) sedang mengurus proses menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).


12. PS TIRA

PS TIRA.

Hingga saat ini klub yang dibesut oleh Rudy Eka Priyambada baru mengontrak dua pemain asing saja. Mereka adalah Gustavo Lopez (Argentina), gelandang serang Mariano Berriex (Argetina), dan Kim Sang-min (Korea Selatan).

Tentu saja ini PS Tira masih kurang dua pemain asing untuk melengkapi kuota pemain asing. Sehingga manajemen klub harus bertindak cepat lantaran kompetisi sudah mau dimulai.


13. Persib Bandung

Logo Persib bandung

Persib Bandung menjadi klub yang jor-joran dala merombak skuat mereka. Bahkan mereka juga telah mendatangkan pelatih beken Roberto Carlos Mario Gomez untuk mmebawa Persib kembali ke tangga juara.

Pemain asing yang dibeli oleh Maung Bandung adalah striker Ezechiel N'Douassel (Chad), gelandang dunia Michael Essien (Ghana), bek Bojan Malisic (Serbia), dan pemain tengah Oh In-Kyun (Korea Selatan).


14. Persela Lamongan

Logo Persela Lamongan.

Persela Lamongan pun tak mau kalah dari klub-klub besar lainnya. Tim yang dinahkodai oleh pelaih kawakan Aji Santoso ini juga telah merekrut pemain asing untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2018.

Pemain yang direkrut seperti predator Diego Assis (Brasil), bek Wallace Costa Alves (Brasil), striker Loris Arnaud (Prancis), dan gelandang Shohei Matsunaga (Jepang).


15. Perseru Serui

Logo Perseru Serui.

Klub asal Papua Perseru Serui baru mengontrak dua penyerang asing saja. Pemain yang dimaksud adalah Djamel Leeflang (Belanda) dan Silvio Escobar (Paraguay). Sehingga saat ini Perseru Serui masih menyisakan dua slot pemain asing, satu untuk non-Asia dan satu dari Asia.


16. Persebaya Surabaya

Logo Persebaya Surabaya.

Klub berjuluk Green Force ini baru saja promosi dari Liga 2 sebagai kampiun. Dalam memaksimalkan perjuangan di Liga 1 2018, Persebaya baru mengontrak dua pemain asing saja, yakni bek Otavio Dutra (Brasil) dan gelandang serang Robertino Pugliara (Argentina). Sehingga Persebaya masih menyisakan dua slot pemain asing saat ini (non-Asia dan Asia).


17. PSMS Medan

Logo PSMS Medan.

PSMS Medan juga telah melengkapi kuota pemain asing jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2018. Pemain yang direkrut pun bukan sembarangan melainkan pemain yang berkualitas seperti bek Reinaldo Lobo (brasil), penyerang Kisito Wilfried N'Guessan Yessoh (Pantai Gading), striker Sadney Urikhob (Namibia), dan gelandang Dilshod Sharofetdinov (Uzbekistan).


18. PSIS Semarang

Logo PSIS Semarang.

Klub yang terakhir ini juga telah mengumpulkan deretan pemain asing yang akan bertembur di Liga 1 2018. PSIS Semarang sendiri telah mengamankan jasa striker Bruno Silva (Brasil), pemain bertahan Petar Planic (Serbia), gelandang Ibrahim Conteh (Sierra Leone), pemain tengah Akhlidin Israilov (Kirgizstan).

Catatan! untuk Persebaya Surabaya, Persipura Jayapura, PS Tira, dan Perseru Serui kemungkinan akan merekrut pemain asing dalam waktu dekat ini.

Persebaya SurabayaPerseru SeruiPersib BandungBarito PuteraPersija JakartaMitra KukarPersipura JayapuraPersela LamonganPSM MakassarSriwijaya FCPSMS MedanPSIS SemarangBorneo FCMadura United FCBali UnitedLiga IndonesiaBhayangkara FCArema FCLiga 1PS TIRA

Berita Terkini