x

Kejar Deadline, Liga 1 Tetap Jalan Saat Piala AFF Berlangsung

Jumat, 9 Maret 2018 17:49 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
Trofi Piala AFF Suzuki Cup 2016.

Liga 1 musim 2018 sudah dipastikan akan bergulir pada 23 Maret mendatang. Terlambat bergulir, kompetisi kasta tertinggi di Indonesia sudah diharuskan selesai pada Desember 2018 mendatang.

Di sisi lain, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala AFF 2018. Ajang sepakbola dua tahunan tersebut akan berlangsung pada pertengahan November  hingga Desember tahun ini.

Baca Juga

Melihat padatnya jadwal Liga 1 musim 2018, hampir dipastikan Liga 1 akan tetap bergulir saat Piala AFF berlangsung. Hal ini seperti diutarakan oleh Chief Operation Officer PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigor Shalom Boboy.


1. PSSI Izinkan Liga 1 Tetatp Bergulir Bersamaan dengan Piala AFF 2018

Trofi Piala AFF

PT LIB pun sudah mendapat sinyal positif dari PSSI agar Liga 1 tetap bergulir beriringan dengan Piala AFF 2018. Namun tentunya PT LIB selaku operator Liga 1 harus menyesuaikan berbagai hal termasuk untuk masalah pemanggilan pemain klub yang diminta memperkuat Timnas.

"Jadwal Liga 1 2018 sudah pasti bertabrakan dengan jadwal Piala AFF. Liga 1 akan beriringan dengan Piala AFF, terkait hal ini kita sudah mendapat sinyal dari PSSI," ucap Tigor.

"Meski sudah mendapat sinyal dari PSSI bahwa kita boleh berjalan saat Piala AFF. Tapi kita masih menunggu rambu-rambu dari PSSI terkait hal apa saja yang akan kita lakukan nantinya. Seperti pemanggilan pemain dan lainnya," tambahnya.


2. Bakal Gelar Manager Meeting

COO PT LIB, Tigor Shalom Boboy

Terkait teknis mengenai jadwal Liga 1 yang berbenturan dengan Piala AFF akan dibahas lebih lanjut dalam pertemuan manager meeting. Tak cuma PSSI dan PT LIB, pihak klub dan perwakilan Timnas Indonesia akan diundang untuk membahas penyesuaian tersebut.

"Semua akan diputuskan melalui manager meeting tanggal 15 Maret 2018. PSSI dan perwakilan dari Timnas Indonesia akan hadir dalam manager meeting, untuk membahas progamnya dan disesuaikan dengan klub guna perhelatan Piala AFF 2018," beber Tigor.

"Begitupun pembahasan intensif untuk para klub Liga 1 yang menggunakan pemain U-23. Mekanismenya seperti apa, akan dibahas di manager meeting," tutupnya.


3. Liga 1 Hanya Berhenti Saat Idul Fitri

Logo Liga 1.

Gelaran Liga 1 ditegaskan hanya akan berhenti saat momen-momen tertentu, namun bukan saat Piala AFF 2018. Padatnya jadwal memang membuat Liga 1 musim 2018 harus selesai tepat waktu.

Tigor menambahkan, dengan jadwal yang pendek ini, Liga 1 musim 2018 akan benar-benar berhenti pada momen tertentu saja. Seperti saat Asian Games berlangsung, Idul Fitri, dan Pemilihan Kepala Daerah yang  saja.

"Kita akan berhenti saat Asian Games. Bulan puasa kita tetap jalan hanya saat Idul Fitri kita off. Serta saat Pilkada di suatu daerah yang harus benar off karena masalah keamanan," tutup dia.

Tigor Shalom BoboyPiala AFFLiga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)

Berita Terkini