x

Buat Keputusan Kontroversial, Wasit Asal Malaysia 'Diamuk' Masyarakat Iran

Jumat, 9 Maret 2018 10:45 WIB
Editor: Isman Fadil

Laga antara Al-Ain (Uni Emirate Arab) melawan Esteghlal (Iran) dalam fase Grup D Liga Champions Asia di Hazza bin Zayed Stadium, Al Ain, Selasa (06/03/18), menuai kontroversi. Saat itu kedua tim bermain imbang.

Gol tuan rumah dicetak oleh Marcus Berg pada menit ke-63 dan Ahmed Khalil menit 89. Sementara itu, gol Esteghlal berhasil dibuat oleh brace dari Mame Baba Thiam pada menit ke-52 dan 77.

Hasil itu membuat Esteghlal masih memimpin klasemen sementara Grup D dengan 5 poin dari 3 pertandingan. Sementara itu,  Al-Ain masih bertengger di peringkat ketiga klasemen dengan raihan 3 poin dari 3 pertandingan.

Baca Juga

1. Tuai Kontroversi

Kiper Al Ain beruha menahan bola dari tendangan pemain Esteghlal.

Wasit asal Malaysia, Mohd Amirul Izwan Yaacob, yang memimpin jalannya pertandingan Al-Ain melawan Esteghlal membuat dua keputusan kontroversial. 

Pertama, saat papan skor masih menunjukan imbang 1-1, wasit Amirul memberikan hadiah penalti untuk Al-Ain setelah  Hussein El Shahat tersungkur di kotak penalti. Keputusan wasit tersebut membuat pemain Esteghlal melayangkan protes keras. Beruntung Marcus Berg yang menjadi algojo penalti gagal menunaikan tugasnya.

Kedua, saat kemenangan untuk Esteghlal sudah didepan mata, lagi-lagi Amirul memberikan hadiah penalti untuk Al-Ain ketika pemain pengganti Ahmed Khalil terjatuh di kotak penalti setelah mendapatkan umpan dari Hussein El Shahat.

Pemain Esteghlal pun tidak puas dengan keputusan wasit tersebut karena mereka menilai Ahmed Khalil terjatuh tanpa sentuhan yang serius. Namun wasit Amirul tetap memberikan penalti untuk Al-Ain. Ahmed Khalil yang ditunjuk menjadi penendang penalti sukses membuat papan skor kembali imbang 2-2.


2. Kecaman Masyarakat Iran

Farshid Esmaeili (tengah) pemain Esteghlal berebut bola dengan pemain Al Ain Omar Abdulrahman.

Masyarakat Iran yang juga para pendukung Esteghlal mengecam kepemimpinan wasit kelahiran Perak, Malaysia, 31 tahun silam tersebut karena dinilai memberikan keputusan yang merugikan klub kesayangannya.

Mereka pun mengeluhkan kepemimpinan wasit dengan menghujani komentar "#shame_on_afc" ke akun Instagram AFC, @theafchub. Ketidakpuasan para pendukung Esteghlal atas kepemimpinan wasit Amirul Izwan melatarbelakangi ramainya tagar itu di dunia maya.

Suporter Esteghlal menyerang akun Instagram AFC.

3. Dilaporkan ke AFC

Logo AFC.

Dilansir dari Goal Internasional, pihak Esteghlal memutuskan untuk membawa masalah ini ke Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Mereka telah mengajukan keluhan resmi kepada AFC atas ketidakpuasan mereka terhadap keputusan kontroversial wasit Mohd Amirul Izwan Yaacob.    

Bola Internasional

Berita Terkini