x

Duel Lini per Lini Man United vs Liverpool, Siapa Lebih Unggul?

Sabtu, 10 Maret 2018 14:11 WIB
Editor: Juni Adi
Prediksi Manchester United vs Liverpool.

Duel seru akan tersaji di Liga Primer Inggris, kala Manchester United menjamu rival abadinya, Liverpool pada Sabtu (10/03/18) malam WIB.

Dari lima pertemuan terakhir kedua tim di semua kompetisi, The Reds nampaknya sedikit lebih bisa berbangga diri. Sebab, mereka berhasil meraih satu kemenangan, dan empat laga sisa berakhir dengan imbang.

Dalam laga nanti, kedua tim nampaknya akan menurunkan semua pemain terbaiknya di semua lini, demi meraih kemenangan di laga syarat gengsi ini.

Baca Juga

“Buat saya ini adalah laga besar yang mempertemukan dua klub bersejarah tidak hanya di Inggris, tetapi juga dunia. Saat ini laga ini akan menjadi tempat memperebutkan poin krusial untuk 4 besar," kata Mourinho saat sesi konferensi pers.

"Poin ini akan penting untuk tim yang ingin berada di posisi kedua, posisi yang lebih baik dari ketiga maupun keempat," ungkapnya.

Lantas, klub mana yang lebih unggul dari masing-masing posisi? Berikut INDOSPORT coba membandingkannya:


1. Kiper

Kiper Manchester United, David De Gea.

Pertarungan pertama tentunya adalah duel benteng terakhir dari kedua klub, yakni penjaga gawang antara David De Gea dengan Loris Karius.

Kedua kiper kini tengah menjalani performa impresif di berbagai ajang. Namun, David De Gea sejak awal musim menjadi kiper utama.

Sementara Karius, baru pertengahan musim dipilih Jurgen Klopp menjadi kiper utama, menggantikan Simon Mignolet yang tampil mengecewakan.

Namun, dari kedua kiper itu nampaknya De Gea sedikit lebih diunggulkan. Sebab, dirinya tampil konsisten dengan berbagai penyelamatan-penyelamatan yang dilakukan, untuk menjaga gawang United.

Bagi Karius, laga ini merupakan pembuktian kualitasnya layak menjadi kiper yang diandalakan, agar The Reds tak mencari kiper baru di bursa transfer musim panas nanti.

Keunggulan De Gea dari Karius juga terlihat dalam statistik yang dihimpun dari premierleague.com. Pemain asal Spanyol itu jadi kiper terbanyak dalam hal jumlah clean sheets, dengan 15 kali.

Dalam jumlah hal penyelamatan pun, De Gea lebih unggul dari Karius, dengan mencatatkan 95 kali saves.


2. Lini Belakang

Chris Smalling pada laga saat melawan Tottenham Hotspur.

Duel selanjutnya adalah pertarungan lini belakang, antara Chris Smalling dengan Dejan Lovren. Dalam lima pertandingan terakhir, kedua pemain ini menjadi andalan di lini belakang masing-masing tim.

Smalling mengemban tugas berat, untuk menjaga Mohamed Salah yang tengah tampil trengginas. Sementara Lovren, bakal menjaga ketat Romelu Lukaku.

Meski sama-sama bermain tangguh, namun dalam hal statistik Smalling nampaknya sedikit lebih unggul. Menurut data dari laman resmi Liga Primer Inggirs, Smalling masuk dalam jajaran bek dengan intercept cukup banyak, dengan raihan 43 kali.

Banyaknya statistik intersep biasanya menandakan pemain tersebut memiliki penempatan posisi yang bagus, serta rekan-rekannya yang mampu menekan pemain lawan sehingga lawan salah mengoper.


3. Lini Tengah

Manchester United Nemanja Matic.

Lini tengah menyajikan pertarungan menarik antara Nemanja Matic dan Jordan Henderson. Keduanya merupakan sosok penting dalam soal pembuat skema serangan.

Matic punya ketenangan dan penguasan bola yang cukup baik di lini tengah. Hal itu sudah dibuktikannya, ketika duel melawan Chelsea, yang membuat Kante tak berkutik.

Dalam statistik umpan juga pemain asal Serbia itu lebih unggul dari kapten Liverpool. Matic tercatat telah melepaskan 2,118 passing. Sementara kapten Henderson total melepaskan 1,417 passing.


4. Lini Depan

Selebrasi Mohamed Salah seteah membobol gawang West Ham United.

Duel lini depan menjadi pertarungan yang paling banyak dinantikan antara Romelu Lukaku dengan Mohamed Salah. Akan tetapi, Salah lebih diunggulkan untuk bisa membungkam pendukung tuan rumah dengan gol-golnya.

Sebab, pemain asal Mesir itu tengah tampil ganas di lini depan The Reds. Ketajamannya sudah terbukti, dengan menjadi top skor sementara Liga Primer Inggris berkat 24 golnya. Sementara Lukaku, tampil melempem dengan baru mencetak 15 gol di Liga Primer Inggris.

Manchester UnitedLiverpoolLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini