x

Jumpa Jepang di Semifinal, Pelatih Timnas U-16: Ini yang Saya Tunggu

Minggu, 11 Maret 2018 09:36 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Fakhri Husaini.

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi tuan rumah, Timnas Jepang pada babak semifinal turnamen Jenesys 2018. Laga itu rencananya berlangsung di Lapangan Yamazakura Kirishima Prefektur Miyazaki General Athletic Park Pitch 1, pada Minggu (11/03/18) waktu setempat. Meski demikian hal itu tidak membuat gentar Skuat Garuda Asia.

Timnas U-16 sendiri lolos ke babak semifinal setelah berhasil menang di dua pertandingan. Mengbantai Filipina dengan skor 7-1, dan Kamboja dikalahkan 5-0.

Sementara tuan rumah Jepang mendapat tiket ke semifinal, usai menaklukkan Timor Leste dengan skor 22-0 dan Malaysia 2-1 dalam persaingan di grup A.

Baca Juga

1. Tak Gentar Lawan Jepang

Timnas Indonesia U-16 vs Timnas Thailand U-16.

Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini bahkan secara gamblang mengatakan pertandingan melawan Jepang adalah sesuatu yang sudah ditunggu-tunggu. Menurutnya laga pada hari ini menjadi ujian yang setimpal untuk melihat sejauh mana perkembangan pemain serta kekurangan tim lantaran Jepang adalah tim kuat dalam turnamen kali ini.

"Ini yang saya tunggu. Melawan Jepang tentu akan sangat menarik. Salah satu tim dengan kekuatan bagus di negara Asia. Laga lawan Jepang adalah laga yg kami nantikan. Anak-anak juga menyambutnya dengan sangat antusias untuk laga semifinal ini. Kami akan berjuang lebih keras, bermain lebih kompak lagi untuk bisa memenangkan laga semi final,” kata Fakhri Husaini seperti rilis yang diterima INDOSPORT.


2. Pemain Siap Tempur

Andre Oktaviansyah pemain Timnas U-16.

Salah satu gelandang enerjik Timnas U-16, Andre Oktaviansyah juga sepakat dengan pernyataan pelatihnya. Pemain yang ditunjuk sebagai kapten dalam laga terakhir melawan Kamboja mengaku sangat antusias dan siap bekerja keras saat melawan tim tuan rumah meski masih buta akan kekuatan tim lawan.

"Saya sama seperti pelatih. Mungkin juga teman-teman yang lain. Sangat menanti dan antusias saat melawan Jepang nanti. Meski kita belum mengetahui kekuatannya dan strateginya. Yang terpenting teman-teman harus tetap semangat dan jangan takut," tuturnya.


3. Mengenai Turnamen Jenesys

Timnas U-16 vs Academy Babek

Turnamen Jenesys termasuk dalam program JENESYS (Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths) 2018 atau program pertukaran pelajar antara negara Jepang dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik yang diluncurkan oleh pemerintahan Jepang. 

Sebagai salah satu cara untuk beradaptasi pada kejuaraan di Jepang itu, para pemain Timnas U-16 yang dipanggil sebelumnya telah dibekali keterampilan khusus yakni pengenalan budaya dan Bahasa Jepang oleh The Japan Foundation.

JepangFakhri HusainiTimnas Indonesia U-16Bola Internasional

Berita Terkini