x

3 Dampak Nyata Kedatangan Arthur Melo di Barcelona

Selasa, 13 Maret 2018 06:09 WIB
Penulis: Fery Andriawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

Barcelona resmi mendatangkan Arthur Melo dari klub Brasil, Gremio dengan harga mencapai 30 juta euro dengan tambahan 9 juta euro yang akan dibayar, tergantung penampilan sang pemain. Melo tak lantas langsung berbaju La Blaugrana karena dia baru datang pada bulan Juli mendatang.

Kesuksesan Barcelona memboyong pemain asal Brasil ini seolah mengulang cerita lama. Ya, klub kebanggaan Catalonia itu telah beberapa kali dibela pemain asal negara Amerika Latin dan terbilang cukup sukses semisal Ronaldinho, Ronaldo de Lima, dan Neymar.

Baca Juga

Arthur Melo diboyong ke Camp Nou dan disebut-sebut sebagai pengganti sepadan dari Andres Iniesta yang telah termakan usia. Walaupun begitu, ia tak serta merta dengan mudah mendapatkan posisi inti di skuat Barcelona karena harus bersaing terlebih dahulu. Tercatat, ada nama Denis Suarez, Andre Gomes hingga sang pemain anyar, Philippe Coutinho.

Lantas, apa saja efek nyata kedatangannya ke Barcelona, terlebih lagi banyak pemain dari Brasil yang cukup sukses merantau ke Spanyol? INDOSPORT akan membahasnya di bawah sini.


1. Posisi Coutinho Tergusur?

Philipe Coutinho beraksi saat melawan Girona.

Hengkangnya Neymar dan inkonsistensi performa dari Dembele, membuat Ernesto Valverde seringkali menggunakan formasi 4-4-2, dengan Lionel Messi dan Luis Suarez sebagai penyerang sejajar. Hal tersebut membuat posisi Coutinho bergeser ke lini ke tengah dan menjadi penyokong bola.

Namun, penampilan Coutinho dalam beberapa pertandingan awal juga belum terlalu berkesan walaupun di laga teranyar mencetak gol ke gawang Malaga. Jika Arthur Melo dapat beradaptasi dengan cepat, bukan tidak mungkin ia bisa menggeser mantan pemain Liverpool tersebut ke bangku cadangan.

Ada opsi lain, yakni menurunkan perannya menjadi gelandang bertahan tetapi strategi itu lebih riskan karena akan membuat Sergio Busquet berada di bangku cadangan. Pilih mana, Valverde?


2. Iniesta, Pergi atau Bertahan sebagai Legenda?

Andres Iniesta saat menerima penghargaan MVP.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kedatangan Arthur Melo ke Barcelona merupakan sistem regenerasi dari pemain tua ke muda. Dalam hal ini, ia ditunjuk sebagai pengganti yang pas dari Andres Iniesta, pesepakbola yang menghabiskan seluruh hidupnya di Katalan.

Apakah hal itu membuat Iniesta hengkang ke klub lain dan mencari petualangan baru? Sepertinya tidak. Apalagi, pemain timnas Spanyol ini baru saja resmi memperpanjang kontrak dengan durasi seumur hidup, Bertahan sebagai legenda adalah opsi yang tepat baginya.


3. Siapa yang Terancam?

Gelandang Barcelona, Andre Gomes.

Efek domino tentunya amat terasa apabila Arthur Melo datang pada bulan Juli mendatang. Skuat Blaugrana terlalu gemuk, terutama di lini tengah. Beberapa nama harus rela hengkang ke klub lain apabila tidak ingin hanya menjadi penghias di bangku cadangan.

Denis Suarez dan Andre Gomes sepertinya akan mengikuti jejak Arda Turan yang lebih dulu mengangkat koper dari Camp Nou. Selain itu, Paco Alcacer dan Aleix Vidal akan menjadi dua nama selanjutnya yang terancam karena performa mereka yang cenderung buruk dan tidak memberikan dampak signifikan bagi klub.

BarcelonaLaLiga SpanyolPhilippe CoutinhoArda TuranGremioDenis SuarezLiga SpanyolBola Internasional

Berita Terkini