x

3 Kelemahan Barcelona yang Bisa Dimanfaatkan Chelsea

Rabu, 14 Maret 2018 21:10 WIB
Editor: Juni Adi
Prediksi Barcelona vs Chelsea

Misi berat tengah diemban Chelsea kala bertandang ke markas Barcelona, untuk melakonu leg kedua 16 besar Liga Champions, pada Kamis (15/03/18).

Tim asuhan Antonio Conte itu harus menang jika ingin lolos ke babak 8 besar. Sebab, di leg pertama mereka hanya bisa bermain imbang 1-1 di Stadion Stamford Bridge.

Baca Juga

Jika melihat dari hasil itu, target Chelsea tidaklah berat-berat banget. Sebab, mereka hanya membutuhkan menang dengan skor 1-0. Demi memenuhi ambisi itu, salah satu penggawa The Blues, Willian menyebut timnya harus tampil sempurna.

"Leg pertama sudah berlalu. Pertandingan nanti nampaknya akan berlangsung sulit. Kami memperkirakan mereka (Barcelona) akan mendominasi permainan. Kami harus tampil sempurna untuk lolos," kata Willian seperti dikutip Sport.

Sergio Busquets gagal menghalau tendangan Willian.

Apa yang dikatakan pemain Brasil itu cukup benar. Apalagi, Blaugrana sedikit diuntungkan dengan bermain di kandang sendiri, yang kerap tampil superior. Musim ini saja, mereka belum sekalipun merasakan kekalahan ketika bermain di Camp Nou di semua ajang.

Catatan tersebut jelas wajib menjadi perhatian bagi Antonio Conte. Namun, Chelsea juga tetap bisa percaya diri lantaran Barcelona bukan tanpa kelemahan. Berikut INDOSPORT coba merangkumnya, 3 kelemahan tersebut:


1. Tanpa Iniesta

Selebrasi Lionel Messi dan Andres Iniesta.

Di laga penting ini, kekuatan Barcelona sedikit berkurang di lini tengah, lantaran Andres Iniesta terancam absen karena mengalami cedera.

Situasi ini jelas menjadi kerugian bagi Blaugrana. Sebab, Iniesta adalah sosok vital untuk menjadi pengatur serangan Barca. Di sisi lain, hal itu bisa menjadi keuntungan bagi Chelsea untuk bisa mendominasi lini tengah. 

Kondisi ini juga memaksa Ernesto Valverde memutar otak, untuk mencari pengganti sepan di lini tengah El Barca melawan Chelsea. Di leg pertama sendiri, Iniesta tampil gemilang, dengan memberikan satu assist untuk gol penyeimbang yang dicetak oleh Lionel Messi.


2. Bola Udara

Messi (kiri) berduel dengan Fabregas.

Mantan kapten Chelsea, Frank Lampard juga percaya kalau Barcelona memiliki kelemahan yang bisa dimanfaatkan oleh mantan timnya, jelang leg kedua.

Lampard menganggap tim asuhan Ernesto Valverde itu rentan dengan umpan silang di dalam kotak penalti mereka, serta juga memiliki kelemahan dalam hal betahan.

“Chelsea perlu memanfaatkan kemungkinan kelemahan Barcelona di udara. Mereka tidak terbiasa mempertahankan umpan silang, sehingga Chelsea perlu memanfaatkan set piece yang bisa mereka dapatkan,” kata Lampard dikutip dari Evening Standard. 


3. Pergerakan Tanpa Bola

Pelatih Chelsea, Antonio Conte

Jelang laga leg kedua ini, pelatih Chelsea, Antonio Conte mengungkapkan kalau dirinya telah mengantongi kelemahan Barcelona, yang dipelajarinya dalam sebulan terakhir.

"Kami sudah menganalisis tim ini untuk waktu yang lama, kami memulai satu bulan yang lalu dan menganalisisnya. Kita bicara soal salah satu tim terbaik di dunia. Kami harus mencoba bermain sempurna dan membuat keputusan terbaik untuk tim seperti ini," kata Conte, seperti dikutip ESPN.

"Ini adalah lawan yang berbeda. Mereka punya karakteristik yang luar biasa dengan bola, tapi mereka bisa juga punya kelemahan tanpa bola dan kami harus mencoba mengeksploitasi ini," tandasnya.

ChelseaBarcelonaLiga Champions

Berita Terkini