x

5 Momen Paling Dikenang dari Michael Essien Selama Perkuat Persib Bandung

Minggu, 18 Maret 2018 15:50 WIB
Editor: Juni Adi
Michael Essien tepuk tangan pada laga perdana Piala Presiden 2018. Herry Ibrahim

Sebuah keputusan mengejutkan datang dari Persib Bandung, jelang bergulirnya Liga 1 musim 2018. Tim kebanggaan warga Jawa Barat itu resmi melepas bintang mereka, Michael Essien.

Kepastian itu didapat dari tidak adanya nama Essien di dalam skuat Persib saat acara launching tim pada Sabtu (17/03/18) malam WIB.

Baca Juga

Menurut Komisari Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Zainuri Hasyim, keputusan untuk melepas mantan pemain Chelsea itu mengacu pada regulasi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB), di mana dalam satu tim hanya boleh memiliki maksimal empat pemain asing.

"Jadi Essien tadi dalam launching tidak ada karena kami mengacu pada regulasi yang ada bahwa pemain asing (umum) itu tiga. Dan itu sudah lengkap setelah kedatangan (Jonathan) Bauman. Jadi mau tak mau dia (Essien) harus pergi dari skuat," ujar Zainuri, Sabtu (17/3/2018).

Gelandang Persib Bandung Michael Essien.

Essien sendiri bergabung dengan Persib pada Maret 2017 silam setelah kontraknya tak diperpanjang oleh klub Yunani, Panathinaikos, sebagai marquee player. Selama berkarier di Indonesia, pemain berusia 35 tahun itu telah mencatatkan 29 penampilan bersama Persib, dan telah mencetak 5 gol, serta 1 assist menurut data Transfermarkt.

Meski hanya satu musim membela Pangeran Biru, Essien mempunyai kenang-kenangan indah dan lucu yang pastinya tak bisa dilupakan oleh Bobotoh. Berikut INDOSPORT coba merangkumnya:


1. Kepanasan Main di Indonesia

Michael Essien mengontrol bola pada laga uji coba melawan Persib Bandung U-19.

Michael Essien punya pengalaman menarik ketika dirinya pertama kali menjalani laga tandang ke Stadion Mandala, markas Persipura, di laga pekan ke-22 Liga 1, pada Agustus 2017 silam.

Melalui akun Instagram pribadinya, Essien menyebut kalau Jayapura adalah tempat pertandingan terpanas, yang pernah ia alami selama berkarier di sepakbola.

Keluhan Essien bukan tanpa sebab. Pertandingan digelar pukul 15:00 WITA atau 14:00 WIB, di mana cuaca di Jayapura sedang panas-panasnya.

Bahkan, suhu cuaca di Jayapura saat itu mencapai 35-36 derajat celcius. Faktor lain yang menyebabkan cuaca panas adalah angin laut, karena letak stadion yang berada dekat dengan tepi laut.

"Tempat paling panas yang pernah saya rasakan ketika bermain sepakbola. Ini adalah pengalaman hebat lainnya dalam karier saya," tulis Essien dalam kolom caption-nya.

Postingan tersebut langsung dibanjir oleh komentar dari warganet. Salah satunya adalah Vladimir Vujovic. Bahkan Vlado menandai Didier Drogba dan minta Essien juga bercerita pengalamannya bertandang ke Serui, kepada Drogba.

"Hahaha, bro no more Serui but sure I will tel Didier Drogba and my other friends about it," kata Michael Essien membalas komentar Vlado.


2. Potong Rumput

Essien berlagak menjadi tukang potong rumput di sela-sela latihan.

Garang di dalam lapangan, rupanya Michael Essien memiliki sisi lain di luar lapangan. Ya, mantan pemain Real Madrid dan AC Milan itu rupanya punya jiwa humoris yang cukup tinggi.

Selama membela Persib, Essien acap kali menjadi perbincangan hangat karena tingkah konyolnya yang sering jadi viral. Salah satunya adalah ketika pemain asal Ghana itu memotong rumput di sela-sela latihan Persib.

"Essien memang sering bercanda tapi kalau sudah latihan dia serius. Dia menghibur juga dan itu saya pikir lebih cepat akrab dengan pemain lainnya. Cole pun sama suka bercanda tapi lebih sering Essien," ujar Djajang Nurdjaman saat masih melatih Persib.


3. Belanja ke Pasar

Michael Essien (Persib Bandung) mendapat kawalan ketat dari pemain Arema FC.

Michaek Essien harus meladeni tantangan dari seorang warganet, yang menginginkan dirinya belanja ke pasar dengan bahasa sunda.

Mantan pemain Chelsea itu harus mencari dan membeli sejumlah barang yang dicantumkan dalam daftar belanjaan. Aksi Essien ini diunggah dalam akun resmi YouTube Persib.

Saat ditanya kesiapannya untuk menyanggupi membeli sejumlah barang belanjaan, Essien sembari tersenyum spontan menjawab dalam Bahasa Sunda: "Sumuhun (baiklah)." Yang jadi lucu adalah, Essien tampak kesulitan melafalkan beberapa barang belanjaan dalam daftar tersebut.


4. Bertengkar dengan Pemain Lain

Insiden antara Michael Essien dengan Yabes Roni jelang Liga 1.

Michael Essien nyaris adu jotos dengan Yabes Roni ketika Persib bentrok dengan Bali United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), pada Maret 2017.

Kejadian ini berawal saat Yabes yang berada di daerah pertahanan Persib Bandung tiba-tiba menendang bola ke arah Essien dan mengenai kakinya. Tidak terima dengan perbuatan Yabes, Essien pun berusaha mengejar mantan striker timnas U-19 tersebut. 

Aksi kejar-kejaran berlangsung beberapa detik. Eks pemain Chelsea itu kembali marah dan menunjuk Yabes saat para pemain Bali United berusaha menenangkannya. 

Suasana akhirnya mereda ketika wasit dan beberapa pemain Persib ikut menenangkan amarah Essien. Akibat insiden ini, kedua pemain dikartu kuning wasit. 


5. Ramah Terhadap Fans

Essien sedang di sawah

Selain humoris, rupanya sosok Michael Essien juga memiliki jiwa yang humble, meski dirinya berlabel mantan pemain bintang Eropa. 

Hal itu bisa terlihat dari hubungannya dengan para penggemar khususnya pendukung setia Persib, Bobotoh. Essien beberapa kali mau berswa foto dengan fansnya, usai latihan ataupun usai laga. Momen tersebut kerap ia abadikan di Instagram pribadinya.

Persib BandungMichael EssienLiga IndonesiaLiga 1Best Moment

Berita Terkini