x

Jadi Komentator Liga 1, Eks Kapten Timnas Bosan Jadi Pelatih?

Selasa, 20 Maret 2018 00:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Ponaryo Astaman.

Kabar menarik muncul menjelang bergulirnya Liga 1 2018. Salah satu mantan pemain Borneo FC dan juga eks kapten Timnas Indonesia, Ponaryo Astaman akan tampil sebagai komentator selama perhelatan liga musim ini. Hal itu diketahui saat ia diperkenalkan di peluncuran Liga 1, Senin (19/03/18) di kawasan Jakarta Barat kemarin.

Ponaryo akan ditemani oleh Valentino Simanjuntak, Rendra Sudjono, Binder Singh, M. Kusnaini dan Yusuf Kurniawan sehingga dipastikan akan menemani penggemar dalam memimpin jalannya pertandingan.

Baca Juga

1. Mencari Suasana Baru

Ponaryo Astaman.

Karenanya, Ponaryo pun menjelaskan alasannya mengambil tawaran untuk menjadi seorang pandit sepakbola dibanding menjadi pelatih. Menurutnya, ia ingin mencari suasana baru, namun masih dalam ruang lingkup sepakbola.

"Kemarin saya pikir ada ketertaikan mencari suasana baru di luar rutinas selama ini. Memang kemarin sempat terjun di kepelatihan, tapi bermain dengan kepelatihan kurang lebih beda-beda tipis. Sedangkan komentator adalah dunia baru yang membuat saya tertarik," ucapnya.

“Ada pasti cara belajarnya, baca baca referensi. Nanya-nanya juga sama host berpengalaman Rendra dan Valent," imbuhnya.


2. Tetap Ingin Menjadi Pelatih

Sekjen PSSI, Ade Wellington (kiri) berbincang dengan Ketua APPI Ponaryo Astaman.

Saat disinggung soal dunia kepelatihan, Ponaryo memberikan jawaban lugas. Mantan pemain Persija Jakarta itu menegaskan jika profesi pelatih akan tetap dilakoni tetapi tidak dalam waktu dekat karena ia masih penasaran dengan dunia pandit atau belakang layar sepakbola.

"Ya masih lah (kembali melatih) karena saya berangkat dan besar dari sepakbola. Kepelatihan salah satu diantaranya, tapi bukan dalam waktu dekat, tapi saya bisa pastikan itu tetap ada (niat melatih). Dalam sepakbola kemungkinan itu selalu terbuka, jadi lihat saja nanti," tutupnya.


3. Memiliki Lisensi Pelatih Level A AFC

Ponaryo Astaman (kanan).

Sebelum didaulat sebagai komentator Liga 1, Ponaryo sejatinya telah memiliki lisensi pelatih level A AFC. Ia juga pernah didaulat sebagai asisten pelatih Borneo FC serta pelatih utama tim pada Piala Presiden 2018 lalu.

Terjunnya Ponaryo ke dunia pandit sepakbola nampaknya mengikuti beberapa mantan pemain dunia seperti Rio Ferdinand, Michael Owen, Thierry Hendry dan masih banyak lainnya yang juga menekuni dunia yang sama. Hal itu wajar saja terjadi mengingat mereka punya basic sepakbola yang kuat dan paham mengenai situasi di dalam lapangan.

Ponaryo AstamanTimnas IndonesiaLiga Indonesia

Berita Terkini