x

5 Rekor Fantastis yang Dipegang Ronaldo dan Messi

Kamis, 22 Maret 2018 17:06 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Juni Adi
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dikenal sebagai dua pesepakbola papan atas. Dua pria yang bermain di Barcelona dan Real Madrid ini berhasil memukau banyak orang, di seluruh dunia dengan penampilan luar biasa baik untuk klub maupun negaranya.

Setelah memenangkan banyak kompetisi bersama dengan klubnya masing-masing, keduanya terus mendominasi pemberitaan sepakbola selama satu dekade terakhir. Sebagai individu, Messi dan Ronaldo juga memenangkan banyak penghargaan bergengsi, termasuk Sepatu Emas Eropa, Ballon d'Or hingga Pemain Terbaik FIFA.

Dua pria luar biasa ini sepertinya telah memecahkan banyak rekor dan sepertinya akan memecahkan lebih banyak lagi sebelum mereka memutuskan untuk gantung sepatu suatu saat nanti.

Berikut adalah lima catatan yang sama-sama dipegang oleh Ronaldo dan Messi seperti dikutip dari Sportkeeda.

Baca Juga

1. Sepatu Emas Eropa

Trofi Sepatu Emas Top Skor Eropa.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi menobatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di klub mereka masing-masing. Karena itulah, mereka berdua telah memenangkan 4 Sepatu Emas Eropa sejauh ini.

Ronaldo pertama kali memenangkan Sepatu Emas saat masih memperkuat Manchester United di musim 2007/08. Setelah pindah ke Real Madrid, penghargaan tersebut kembali ia raih berturut-turut di musim 2010/2011, 2013/14, dan 2014/15.

Sementara Messi, mengoleksi sepatu emas ada pada musim 2009/10, 2011/12. 2012/13 dan 2016/17 bersama Barcelona.


2. 300 Gol di La Liga

Ronaldo dan Messi.

Selain tampil superior di ajang kompetisi Eropa, Ronaldo dan Messi juga telah mengoleksi ratusan gol di La Liga. Rekor yang mereka catatkan kini mungkin akan sulit dicapai oleh pemain lain.

Sepanjang musim, kedua bintang selalu tampil konsisten dalam hal mencetak gol. Rata-rata keduanya bisa membukukan 25 gol lebih tiap musimnya di La Liga.

Duo ini berhasil mencatatkan lebih dari 300 gol dalam sejarah La Liga. Jumlah ini akan terus bertambah selama mereka masih bertahan di Spanyol. 

Ronaldo diketahui telah mencetak gol 307 bagi Madrid sejak pindah dari Manchester United pada tahun 2009. Sementara Messi, sudah mengoleksi 374 gol La Liga sejak memulai debutnya untuk Barcelona di musim 2004/05.


3. Peraih Penghargaan Ballon d’Or Terbanyak

Messi dan Ronaldo saat berusia 30 Tahun

Tidak ada pemain yang mendominasi penghargaan bergengsi Ballon d'Or layaknya Ronaldo dan Messi. Mereka telah menjadi nominasi sebanyak 10 kali dari 11 penghargaan terakhir. Sejak 2007, kedua pemain telah naik podium bersama.

Meskipun banyak pemain senior yang juga menjadi nominator, namun keduanya silih berganti memenangkan penghargaan Ballon d'Or masing-masing sebanyak lima kali.

Jumlah tersebut menjadi penghargaan terbanyak bila dibandingkan dengan capain pemain lain sejak dimulainya penghargaan pada tahun 1956.

Pasangan ini pertama kali dinominasikan pada tahun 2007. Namun keduanya harus kalah dari legenda AC Milan, Ricardo Kaka. Namun setelah itu, mereka secara bergantian memenangkan Ballon d'Or selama 10 tahun berturut-turut.

Ronaldo memenangkannya di tahun 2008, 2013, 2014, 2016 dan 2017. Sementara Messi meraihnya di tahun 2009, 2010, 2011, 2012 dan 2015.


4. Kerap Masuk FIFPro World XI

Ronaldo vs Messi.

Selain bersaing meraih banyak penghargaan, sejak 2007 Ronaldo dan Messi kerap mencatatkan namanya dalam tim terbaik versi FIFA, yakni FIFPro World XI sebanyak 11 kali.

Dengan 11 kali masuk ke dalam tim terbaik, Ronaldo dan Messi mengalahkan capaian pemain lainnya sejak penghargaan ini pertama kali dicetuskan pada tahun 2005. Di bawah mereka berdua, ada nama Andreas Iniesta yang mampu mencatatkan namanya sebanyak 9 kali. 

Hingga saat ini, belum ada pemain lain yang mampu mendekati prestasi tersebut. Dalam hal konsistensi, pasangan ini terus membuka peluang berada di tim terbaik lagi meskipun usia keduanya sudah masuk ke angka 30an.


5. Cetak Gol di Tiga Kompetisi Piala Dunia Antarklub

Wajah Ronaldo Digeber Messi.

Rekor lain yang berhasil ditorehkan keduanya adalah berhasil mencetak gol kompetisi  piala dunia antarklub. Baik Ronaldo dan Messi, sama-sama berhasil mencetak gol dalam 3 kali penyelenggaraan event bergengsi tersebut.

Ronaldo pertama kali mencetak gol dalam kompetisi tersebut pada tahun 2008 ketika ia masih membela raksasa Inggris Manchester United. Setelah hengkang ke Real Madrid, ia pun mencetak gol di turnamen tahun 2016 dan 2017.

Messi juga mencetak gol pertamanya di Piala Dunia Antarklub pada tahun 2009. Kemudian golnya berhasil ia sumbangkan di kompetisi tahun 2011 dan 2015, yang membantu Barcelona memenangkan gelar.

Real MadridCristiano RonaldoBarcelonaLionel MessiBola Internasional

Berita Terkini