x

Miris! 3 Stadion Terkecil Ini Bakal Jadi Markas Klub Liga 1 2018

Kamis, 22 Maret 2018 18:26 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
3 Stadion terkecil di Liga 1 2018

Liga 1 2018 akan dimulai esok hari, Jumat (23/03/18) yang menyajikan laga pembuka antara Bhayangkara FC menghadapi Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

SUGBK di laga perdana Liga 1 2018 esok hari merupakan tempat yang netral, di mana sempat ada rumor yang mengatakan bahwa stadion kebanggaan rakyat Indonesia itu bakal menjadi markas dari Persija Jakarta.

Namun, setelah dinyatakan gagal memakai SUGBK sebagai markasnya, Persija pun memilih Stadion Sultan Agung, Bantul sebagai markas mereka musim depan.

Baca Juga

Meski merupakan pilihan alternatif, Stadion Sultan Agung memiliki kapasitas cukup banyak, yaitu 35 ribu penonton yang dapat ditampung. Oleh karena itu, Stadion yang berlokasi di Bantul ini masih terbilang stadion yang besar untuk Liga 1 musim depan.

Berbeda dengan stadion-stadion di bawah ini yang berkapasitas sangat kecil, bahkan tidak lebih dari 20 ribu penonton yang dapat ditampung. Berikut INDOSPORT tampilkan sebanyak 3 stadion terkecil di Liga 1 2018 nanti.


1. Stadion Marora - Perseru Serui

Stadion Marora.

Stadion Marora merupakan markas untuk Perseru Serui yang sudah mereka gunakan sejak Liga 1 2017 lalu.

Stadion ini berlokasi di Kepulauan Yapen, Papua, memang sudah bermasalah sejak dulu. Bahkan, dilansir dari Goal.com, Perseru Serui sempat terancam menjadi tim musafir jelang Indonesia Super League 2015 lalu.

Selain hanya berkapasitas 10 ribu penonton, yang menjadi permasalahan Stadion Marora sejak dulu adalah lampu penerangan stadion yang belum juga mampu memenuhi standar penerangan yang ditetapkan PT LIB, yaitu sebesar 800 lux.


2. Stadion Surajaya - Persela Lamongan

Stadion Surajaya Lamongan

Stadion yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan ini merupakan markas Persela Lamongan yang hanya mampu menampung 14 ribu penonton.

Stadion yang bertipe stadion konvensional ini baru saja diverifikasi oleh PT LIB pada akhir Februari lalu. Dari verifikasi tersebut, Stadion Surajaya masih membutuhkan perawatan khusus pada rumput sebelum dinyatakan layak menggelar pertandingan Liga 1. 

Segera mengarungi Liga 1 2018, nampaknya Stadion Surajaya sudah siap untuk menggelar pertandingan Liga 1. Hal itu terlihat dari uji coba menghadapi Perseru Serui yang berjalan lancar, bahkan laga dimainkan pada malam hari.


3. Stadion 17 Mei - Barito Putera

Suasana di Stadion 17 Mei Banjarmasin.

Stadion 17 Mei merupakan stadion sepakbola yang terletak di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Markas Barito Putera itu telah melakukan sebanyak tiga kali renovasi, yaitu tahun 2007, 2010 dan 2013.

Sudah tiga kali direnovasi, Stadion ini bernama 17 Mei karena bertepatan dengan tanggal dibukanya pertama kali pada 17 Mei 1974 silam. Stadion ini hanya berkapasitas sebanyak 12 ribu penonton, maksimal menampung 15 ribu penonton.

Meski berkapasitas kecil, Barito Putera akan tetap memakai stadion ini untuk markas mereka musim depan. Dilansir dari Banjarmasin Post, asisten manajer Barito, Syarifuddin Ardasa mengkonfirmasi hal itu.

"Sepertinya untuk laga kandang pertama lawan Persipura, akan dimainkan di Stadion 17 Mei Banjarmasin," ucap Syarifuddin.

Perseru SeruiBarito PuteraPersija JakartaPersela LamonganLiga IndonesiaBhayangkara FCStadion MaroraStadion Sultan Agung

Berita Terkini