x

Ini Kelebihan Timnas Jepang U-19 yang Perlu Diwaspadai Egy Maulana Dkk

Jumat, 23 Maret 2018 00:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Bima Sakti.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Bima Sakti menyatakan telah mengetahui kekuatan Jepang U-19 yang akan menjadi lawan pada laga uji coba akhir pekan ini, Minggu (25/03/18) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Mantan asisten pelatih Persiba Balikpapan itu lantas mengingatkan anak asuhnya agar tidak mudah lengah saat kedua kesebelasan bertemu tiga hari mendatang.

Baca Juga

1. Akan Main Cepat

Latihan Timnas U-19 Jelang Lawan Jepang.

Untuk itu, sebagai langkah antisipasi, para pemain Timnas Indonesia U-19 diberikan materi latihan khusus pada petang tadi. Witan Sulaiman dan kawan-kawan diminta melakukan permainan cepat dari kaki ke kaki dan tidak boleh lama mengulur atau memegang bola terlalu lama.

Pasalnya Timnas Jepang U-19 bermain dengan pressing yang ketat dan intensitas tinggi seperti yang diperlihatkan saat menang 5-0 atas Cilegon United di Lapangan ABC Senayan, Jakarta.

"Jepang selalu melakukan pressing ketat sehingga kita minta pemain kita untuk cepat mengalirkan bola. Pemain belakang harus secepat mungkin alirkan bola ke depan," ucap Bima.

"Kita akan main cepat dengan sirkulasi ke sisi lapangan dan sebaliknya seperti di Timnas U-23. Jadi semua pemain diminta memberikan kemampuan terbaik dan poin khusus buat empat pemain yakni Egy, Saddil, Rian dan Abimanyu yang kemarin ikut ke Singapura dan hari ini tetap latihan maskimal," imbuhnya.


2. Pelajaran untuk Skuat Garuda Nusantara

Latihan Timnas U-19 Jelang Lawan Jepang

Bima Sakti menjelaskan jika laga uji coba kali ini sangat dibutuhkan. Apalagi dengan lawan yang kualitasnya sangat bagus seperti Jepang karena akan menjadi pelajaran buat skuat Garuda Nusantara sebelum bermain di Piala AFF dan terpenting Piala Asia U-19 September mendatang.

"Golnya (tujuan) adalah untuk persiapan menuju Piala Asia nanti dan ini sebagai simulasi awal karena bisa saja kita ketemu tim selevel dengan mereka (Jepang) di kejuaraan nanti.  Sehingga uji coba ini baik untuk Timnas kita," bebernya.

"Sementara ini kita maskimalkan dulu pemain yang ada dan semoga merema bisa menjalankan apa yang kita (pelatih) inginkan," tutupnya.


3. Asnawi Mangkualam dan Nurhidayat Haris Absen

Latihan Timnas U-19 Jelang Lawan Jepang

Sebagai persiapan melawan Jepang U-19, Timnas Indonesia mulai menjalani latihan sejak, Kamis (22/03/18) petang di Lapangan ABC Senayan, Jakarta. Dari 24 pemain yang dipanggil Bima Sakti, ada dua pemain yang absen pada hari ini yakni Asnawi Mangkualam dan Nurhidayat Haris.

Sebagai informasi, Asnawi tidak bisa hadir pada latihan kali ini karena tidak mendapat izin dari klubnya, PSM Makassar. Jadwal laga skuat Garuda Nusantara yang bentrok dengan pertandingan perdana tim Juku Eja di Liga 1 2018 menjadi sebab keputusan pelatih Robert Rene Alberts tak melepas pemain mudanya itu ke Timnas.

Indonesia U-19Timnas u-19Timnas IndonesiaBola Internasional

Berita Terkini