x

Miris! 4 Stadion Ini Memprihatinkan dan Tak Layak Pakai

Minggu, 25 Maret 2018 17:06 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Stadion Tugu, Jakarta Utara

Stadion sepakbola adalah ciri khas dari suatu klub sepakbola yang ada di daerah tertentu. Stadion juga bisa menjadi membawa nama baik daerah tersebut.

Namun jika tak dirawat oleh pemerintah kota ataupun klub yang menjadikannya markas, akan sangat berpengaruh buruk. Stadion akan menjadi seperti tak terurus dan tak layak pakai.

Baca Juga

Di tengah ingar bingar liga dan pemain-pemain mahal di Indonesia, masalah infrastruktur sepakbola Indonesia masih menghantui.

Termasuk stadion-stadionnya, yang tak sedikit terbengkalai karena berbagai alasan. Berikut INDOSPORT merangkum stadion-stadion yang tak terurus.


1. Stadion Tumenggung Abdul Jaman - Batam

Stadion Tumenggung Abdul Jaman

Stadion yang terletak di Batam, Kepulauan Riau ini keadaannya memprihatinkan, padahal letaknya ada di salah satu komplek perumahan elit di Batam.

Padahal Stadion ini termasuk stadion terbesar di Batam. Rumput yang ada di stadion ini sudah gundul, tekstur tanahnya juga bergelombang.

Padahal klub sepakbola asal Batam, PS Batam, bermarkas disini. Tentunya hal yang berbahaya akan terjadi bila rumput stadion terus seperti itu dan tak dirapihkan.

Stadion Tumenggung Abdul Jamal ini merupakan stadion milik Pemerintah Kota Batam yang sudah dikelola sejak tahun 2003. Stadion ini biasa digunakan untuk laga antar Sekolah Sepakbola atau festival sepakbola muda.


2. Stadion Purnawarman - Purwakarta

Stadion Purnawarman, Purwakarta

Purwakarta sebelumnya pernah mempunyai tim hebat seperti Pelita Jaya. Namun selepas Pelita Jaya pindah, stadion Purnawarman seperti tak diurus.

Rumput liar sudah mulai tumbuh di sekitar stadion. Rumput-rumput yang sudah mulai tinggi tak layak dipakai untuk melakoni suatu pertandingan. 


3. Stadion Tugu - Jakarta Utara

Stadion Tugu, Jakarta Utara

Lapangan yang terletak di ujung kota Jakarta ini adalah stadion markas Persitara, Jakarta Utara. Jakarta sendiri sebagai Ibukota negara hanya mempunya satu stadion megah, yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno. Alangkah baiknya jika Jakarta merapihkan lagi stadion lainnya agar bernasib sama seperti SUGBK.

Stadion Tugu yang menjadi markas Persitara semakin lama juga semakin luput dari perhatian pemerintah. Kondisinya memprihatinkan. Rumput-rumput stadion yang terlihat sangat tandus dan tak terurus.


4. Stadion Banteng - Tangerang

Stadion Banteng

Stadion Banteng adalah stadion yang identik dengan dua klub besar di Tangerang, yaitu Persikota dan Persita Tangerang. Namun kini, sejak tak diurus stadion ini masuk ke dalam katagori tak layak pakai.

Kini banyak rumput-rumput liar yang menghiasi beberapa bagian stadion. Sampai ke tribun VVIP penonton.

Adanya larangan pertandingan sepakbola di Tangerang juga jadi salah stau faktor terbengkalainya stadion ini. Pergerakan sepakbola di daerah ini seakan mati, seiring minimnya prestasi yang didapat oleh dua klub asal Tangerang itu.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)StadionStadion BentengLiga Indonesia

Berita Terkini