x

5 Pesepakbola yang Hampir Tewas karena Tertelan Lidah

Senin, 26 Maret 2018 11:22 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Illustrasi Sepakbola dalam Kekelaman

Belum lama ini dunia sepakbola sempat dikejutkan oleh kasus mantan bek Liverpool, Martin Skrtel, yang mengakami lidah tertelan tatkala membela Slovakia dalam di partai final King’s Cup 2018.

Berhadapan dengan Timnas Thailand di Rajamangala National Stadium, Bangkok, Minggu (25/03/18) kemarin, pemain berusia 33 tahun itu nyaris tewas karena lidah tertelan pasca berbenturan dengan Chanathip di menit ke-28.

Beruntung, nyawa pemain Fenerbahce itu terselamatkan pasca rekan-rekannya di timnas melakukan tindakan sigap, yakni menarik langsung lidah sang kapten keluar, agar rongga pernapasan tidak tertutup oleh lidah.

Namun tahukah Anda, dalam dunia sepakbola kasus yang dialami Skrtel ini bukanlah hal yang pertama kali terjadi. Terdapat beberapa pesepakbola, salah satunya legenda Chelsea, yang sempat mengalami lidah tertelan.

Baca Juga

1. Moussa Doumbia

Moussa Doumbia.

Pada tahun 2016 lalu, terjadi hal yang cukup menyeramkan dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika. Kala itu Pantai Gading yang diperkuat oleh Serge Aurier melihat Moussa Doumbia, pemain Mali, mengalami kejang-kejang di atas lapangan.

Diketahui, Doumbia mengalami lidah tertelan pasca berbenturan dan terjatuh dengan posisi tengkurap di atas lapangan. Melihat hal tersebut, mantan bek Paris Saint-Germain itu pun langsung mengambil tindakan nyata dengan menarik lidah Doumbia.


2. Fernando Torres

Striker Atletico Madrid, Fernando Torres.

Di bulan Maret pada 2017 lalu, mantan bintang Liverpool, Fernando Torres, juga sempat mengalami hal yang sama dengan Martin Skrtel. Kala itu, El Nino mengalami cedera di bagian kepalanya saat berduel dengan pemain Deportivo La Coruna, Alex Bergantinos, di menit 85.


3. Martin Berkovec

Martin Berkovec.

Sebulan sebelum kejadian Torres, pada Februari 2017 lalu ada Martin Berkovec yang sempat mengalami lidah tertelan, pasca berbenturan dengan pemaiin asal Togo, Francis Kone. Kejadian tersebut terjadi dalam Liga Utama Republik Ceko antara Bohemians 1905 vs. 1. FC Slovacko.

Mengetahui lawannya tersebut tak sadarkan diri pasca berbenturan dengannya, Kone pun mengambil inisiatif dan tampil sigap dengan menarik lidah sang kiper. Beruntung, Berkovec berhasil diselamatkan.


4. Oleg Gusev

Oleg Gusev.

Kita kilas balik ke tahun 2014, di mana hal serupa pernah terjadi dalam Liga Ukraina saat Dinamo Kyev bersua dengan Dnipro. Dalam laga tersebut, kapten Dinamo kala itu, Oleg Gusev, sempat tak sadarkan diri pasca berbenturan dengan kiper Dnipro, Denys Boyko.

Beruntung, mengetahui musuhnya tersebut tak sadarkan diri di atas lapangan dan hampir tewas, Jaba Kankava pun tampil sigap dengan memasukkan jemarinya ke mulut Gusev untuk menarik lidah keluar. Hal ini pun berhasil menyelamatkan nyawa sang pemain.


5. John Terry

John Terry.

Salah satu legenda Chelsea, John Terry, juga nyaris meregang nyawa saat melawan Arsenal dalam pertandingan EFL Cup di tahun 2007. Kala itu Terry hendak menyundul bola, namun kaki Abou Diaby tak sengaja menendang kepalanya dan membuat Terry tak sadarkan diri.

Meskipun begitu, beberapa pemain dari kedua kesebelasan pun tampil sigap dengan mencoba untuk menarik-narik lidah sang kapten, dan beberapa staf pun hadir untuk memberikan bantuan. Hal tersebut pun berhasil menyelamatkan nyawa Terry.


6. Istilah Medis

frenulum linguae

Dalam dunia medis, tertelannya lidah dinamakan dengan Flasiditas, yakni kelemahan untuk menahan secara pasif, dalam hal ini adalah lidah. Meskipun secara harafiah lidah tidak dapat tertelan karena terdapat frenulum linguae, namun ‘lidah tertelan’ dapat menyebabkan kematian.

Itu dikarenakan saraf yang melemah, tidak dapat menopang lidah dan menutup saluran udara dalam tenggorokan. Sehingga, salah satu hal utama untuk menyelamatkannya adalah menyadarkan sang korban dengan menarik lidah keluar.

Fernando TorresJohn TerryBola InternasionalMoussa DoumbiaMartin Berkovec

Berita Terkini