x

Gara-gara Nyanyian Rasis, Riko Simanjuntak Minta Maaf ke Viking

Rabu, 28 Maret 2018 13:32 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Riko Simanjuntak (kanan) dijegal dari belakang oleh Legimin Raharjo (kiri).

Klub Liga 1 Persija Jakarta memiliki pemain berdarah Batak di dalam skuatnya pada musim 2018 ini. Pemain yang dimaksud adalah mantan pemain Semen Padang, Riko Simanjuntak.

Pemain yang memiliki kecepatan luar biasa tersebut, nyatanya menjadi satu-satunya pemain berdarah Batak di kubu tim berjuluk Macan Kemayoran. Meski demikian, dirinya pun turut menularkan budaya tanah kelahirannya kepada rekan setimnya.


1. Ajak Pemain Asing

Marko Simic merayakan gol bersama Riko Simanjuntak. Herry Ibrahim

Salah satu pemain Persija yang diajarkan budaya Batak adalah bek berkebangsaan Brasil, Jaimerson da Silva Xavier.

Melalui fitur Instastory akun Instagram pribadinya, pemain berusia 26 tahun tersebut mengajak Jaimerson mendendangkan lagu khas Medan yang juga menggunakan bahasa Batak.

Baca Juga

Meski hanya menjadi pengiring dengan memainkan gitar, Jaimerson sesekali mencoba mengikuti lirik lagu berjudul 'Sai Anju Ma Au' yang didendangkan oleh Riko.


2. Penyebab Utama

Pemain Persija Jakarta dan Persib Bandung mengheningkan cipta sebelum Kick Off.

Sebenarnya, bukan video ketika Riko yang sedang menyanyikan lagu Batak bersama Jaime yang dipermasalahkan oleh Viking, melainkan keseluruhan video siaran langsung yang dilakuan di akun Instagramnya tersebut.

Dalam siaran tersebut, terdapat oknum yang mengucap kata kasar yang ditujukan ke Viking. Namun, hingga kini oknum tersebut belum diketahui identitasnya.

Lantaran siaran itu sendiri, Instagram resmi Persija jadi dibanjiri komentar-komentar yang menyayangkan kejadian tersebut.

Komentar netizen.

"Ayo-ayo klarifikasi, supaya tidak menggangu pertandingan nanti!! Takutnya pertandingan nanti pemain enggak fokus karena belum ada klarifikasi, kalo udah kan enak pertandingan nanti bisa nyaman mainya," tulis pemilik akun @lu**_ij**.

"Tolong untuk management @persijajkt. Didik dan beritahu pemain sia kabeh ulah jadi provokator," tulis akun @da***mau****aa.

Komentar netizen.

3. Klarifikasi Riko Simanjuntak

Riko Simanjuntak.

Beberapa saat setelah siaran langsung itu, Riko Simanjuntak memberikan klafirikasi melalui akun media sosial pribadinya. Dirinya mengaku tidak mengucapkan kata-kata yang menyindir satu pihak.

Dalam unggahanya tersebut, Riko mengucapkan kata maaf kepada pendukung setia Persib Bandung, Viking. Ia juga turut menggunakan hashtag ‘Kitasemuabersaudara’.

Snapgram Riko Simanjuntak.

"Sebelumnya mohon maaf buat Viking walaupun bukan saya yang ngomong. Di video tersebut boleh dilihat saya hanya bermain gitar dan saya juga baru sadarnya tadi pagi ada suara sumbang seperti itu."

"Sekali lagi, saya pribadi minta maaf buat Viking atas ketidaknyamanannya tersebut. Tidak ada manusia yang sempurna," tulis Riko.

Persib BandungPersija JakartaVikingBobotohLiga IndonesiaRiko Simanjuntak

Berita Terkini