x

Timnas Wanita Akan TC di Palembang untuk Hadapi Asian Games 2018

Kamis, 29 Maret 2018 18:47 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala

Timnas Wanita Indonesia yang disiapkan untuk berlaga di Asian Games 2018 terus melakukan berbagai macam persiapan. Selain mengadakan seleksi pemain, Timnas Wanita juga akan menjalani pemusatan latihan. 

Pemusatan latihan itu akan berlangsung mulai awal April 2018 mendatang. Hal itu disampaikan Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Sumsel, Ucok Hidayat. 

"Sebagai tuan rumah Asian Games, khususnya penyelenggara pertandingan sepakbola putri tentunya kami siap memfasilitasi. Apalagi Palembang sudah berpengalaman menyelenggarakan ajang olahraga skala nasional," kata Ucok.

Baca Juga

1. Lokasi Pelatnas

Satia Bagdja.

Pelatih Timnas putri Satia Bagdja mengatakan latihan di Palembang sangat diperlukan yang salah satunya untuk adaptasi lapangan serta untuk pemantauan pemain hasil dari seleksi yang dilakukan di National Youth Training Center, Bojongsari, Depok, Jawa Barat.

"Rencananya TC di Palembang mulai 1 April. Selama di sana kami juga menjadwalkan uji coba baik dengan tim lokal maupun mancanegara," kata dia.

Adapun cabor sepakbola putri Asian Games 2018 bakal digelar di dua stadion yaitu Stadion Bumi Sriwijaya dan Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, 16-30 Agustus. 

Untuk peserta belum ditentukan karena tergantung dengan undian. Sedangkan target sangat realistis yaitu 10 besar.


2. Lawan Uji Coba

Seleksi Timnas Wanita Indonesia

Menurutnya, selama pemusatan latihan baik untuk menghadapi  Asian Games 2018, timnas putri dijadwalkan menjalani 27 pertandingan uji coba. Banyaknya uji coba karena di Indonesia tidak mempunyai kompetisi khusus putri.

Untuk lawan asing, pelatih berusia 57 tahun itu berharap bisa berhadapan dengan tim-tim kuat mengingat persaingan pada dua kejuaraan yang dihadapi cukup berat. Negara yang menjadi bidikan adalah China dan India. Kedua negara ini dinilai tepat untuk menjadi lawan uji coba.

"Di ASEAN saja ada empat negara kuat yaitu Thailand, Myanmar, Vietnam, dan Filipina. Belum lagi negara Asia lainnya seperti Korea Utara, Korea Selatan, Jepang, China, India, Hong Kong. Mereka tim kuat," kata Satia.


3. Turun di Piala AFF Wanita 2018

Seleksi Timnas Wanita Indonesia

Sesuai dengan jadwal, Timnas putri bakal turun di Piala AFF Putri 2018 pada 1-10 Mei. Adapun lawan yang akan dihadapi oleh Zahra Musdalifah dan kawan-kawan adalah Vietnam, Myanmar, dan Filipina. Untuk kejuaraan ini, timnas ditargetkan masuk semifinal.

Soal seleksi pemain, dia menjelaskan proses terus berjalan. Ada 40 pemain menjalani seleksi. Selama seleksi pihaknya juga sudah menerapkan formasi ideal untuk timnas putri Indonesia yaitu 4-3-3.

Asian GamesAsian Games 2018Liga IndonesiaTimnas Wanita IndonesiaPiala AFF Wanita 2019Piala AFF 2018

Berita Terkini