x

Cerita Bintang Muda Indonesia Nathan Muskitta: Diminati Leicester, Selangkah Lagi Gabung West Ham

Jumat, 30 Maret 2018 20:32 WIB
Editor: Lanjar Wiratri

Ayahanda Nathan Muskitta, yakni Iwan Muskitta, menceritakan awal mula bergabungnya Nathan dengan West Ham United. Sebelum ditawari untuk bergabung dengan klub berjuluk The Hammers tersebut, Nathan nyatanya sempat ditawari untuk menjadi bagian dari Leicester City.

Baca Juga

“Awal mulanya itu, Nathan saat itu tengah berkompetisi di Inggris, lalu Direktur Leicester City menawari Nathan untuk bergabung, bahkan semua akomoasi dan penginapan ditanggung oleh Leicester,” ujar Iwan kepada INDOSPORT.


1. Terganjal Pengurusan Visa

Nathan Muskitta saat berlatih di West Ham United

Namun untuk bergabung ke Leicester, Nathan harus memiliki izin tinggal di Inggris yang sayangnya ketika itu belum dapat dipenuhi. Hingga akhirnya pemain muda berdarah Indonesia kelahiran tahun 1999 tersebut harus mengurusnya jika ingin bergabung bersama tim U-17 klub berjuluk The Foxes tersebut.

Mengurus izin tinggal di Inggris, nyatanya tak semudah yang dibayangkan. Iwan mengungkapkan waktu tujuh minggu yang diberikan oleh pihak Leicester justru molor karena izin menetap Nathan selesai satu setengah tahun setelahnya.

“Ternyata mengurus itu lama sekali sampai satu setengah tahun dan saat itu sudah selesai pihak Leicester sudah menutup penerimaan pemain untuk tim U-17,” beber Iwan.


2. Berlabuh di West Ham United

Nathan Muskitta saat mengenakan kaos Timnas

Kegagalan bergabung dengan Leicester membuat Nathan harus memulai lagi perjuangannya untuk bergabung dengan klub Inggris. Ia mulai ikut seleksi dari klub-klub kecil Inggris, hingga akhirnya Nathan direkomendasikan untuk mengikuti seleksi di West Ham United.

“Iya Nathan harus memulai dari bawah lagi, ia mulai dari klub kecil dan sempat ke klub Southend United hingga mereka merekomendasikan Nathan untuk ke West Ham United,” ujar Iwan.

Nathan sudah bergabung dengan West Ham United semenjak Oktober 2017 lalu. Kini ia tengah menanti kelanjutan di bursa transfer mendatang, apakah akan dipinjamkan ke klub lain atau tembus ke tim senior klub yang kini ditangani David Moyes tersebut.


3. Status di West Ham United

Nathan Muskitta.

Iwan menegaskan jika saat ini putranya tengah menanti kepastian untuk bergabung bersama tim senior West Ham United atau dipinjamkan. Sebagaimana diketahui, West Ham memang memiliki akademi sepakbola yang banyak menyalurkan para pemain dunia.

Menurut Iwan, peluang pemain muda seperti Nathan untuk langsung bergabung dengan tim senior The Hammers memang kecil. West Ham biasanya akan mengirimkan para pemain mudanya untuk terlebih dahulu memperkuat atau dipinjamkan ke klub lain.

“Nathan sudah sejak Oktober di sini dan benar kami masih menanti karena West Ham United itu kan punya tradisi meminjamkan pemain mudanya ke klub kecil dahulu sebelum nantinya masuk ke tim senior. Itulah yang saat ini tengah Nathan perjuangkan,” beber Iwan.

“Tidak masalah karena West Ham punya prinsip di mana pun pemainnya berada mereka ialah bagian dari West Ham. Nathan sudah siap bersaing, pelatih banyak memberi pujian untuknya padahal pelatih Inggris dikenal dengan karakteristiknya yang jarang memberi pujian bagi pemain,” ungkap Iwan.

West Ham UnitedBola InternasionalBakat Muda IndonesiaNathan MuskittaNathan Ariel Muskitta

Berita Terkini