x

Meski Telah Selesai Direnovasi dan Diresmikan, Area Pintu Masuk VIP Stadion GBK Tetap 'Dibongkar'

Sabtu, 31 Maret 2018 21:16 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Abdurrahman Ranala
Lantai luar area VIP Stadion GBK dibongkar untuk dipasang tiang penyangga.

Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta saat ini sudah tampil bagus setelah direnovasi untuk keperluan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang. Biaya pembenahan stadion legendaris itu pun menelan biaya yang tidak sedikit, bahkan mencapai Rp770 miliar.

Setelah renovasi besar-besaran tersebut, Stadion GBK kini memiliki pencahayaan terbaik dengan berkekuatan 3.500 lux atau tiga kali lebih terang dari sebelumnya. 

Tak hanya itu, karena menggunakan LED lighting system, konsumsi listrik bisa lebih hemat hingga 50 persen dari lampu konvensional dan memiliki kualitas pencahayaan tiga kali lebih baik. 

Sistem pencahayaan ini juga terintegrasi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80 ribu watt PMPO. 

Baca Juga

1. Fasilitas Semakin Baik

Lantai luar area VIP Stadion GBK dibongkar untuk dipasang tiang penyangga.

Selain lampu, kualitas kursi juga lebih bagus dengan jenis satu kursi single seat dan bisa dilipat (flip up) yang telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi. Setiap kursi tersebut mampu menahan beban hingga 250 kg dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme. 

Tak hanya itu, kualitas lapangan juga semakin baik dan berstandar FIFA yakni menggunakan rumput terbaik jenis zoysia matrella dilengkapi alat penyiram rumput otomatis hingga sistem drainase anti banjir (zero run-off). 


2. Tetap Berbenah

Lantai luar area VIP Stadion GBK dibongkar untuk dipasang tiang penyangga.

Meski sudah dengan standar dan kualitas tinggi, nyatanya kini Stadion GBK masih harus berbenah khususnya di area pintu masuk VIP/VVIP. Sesaat sebelum kick off laga Persija Jakarta vs Arema FC, tampak puluhan pekerja membongkar lantai di depan pintu masuk.

Rupanya, mereka diinstruksikan untuk menggali lubang yang akan digunakan menanam beton sebagai tiang untuk membangun kanopi atau teras khusus di area tersebut.

"Iya ini sudah mau seminggu dan baru malam ini kita bongkar lantainya, buat gali lubang untuk tiang penyangga kanopinya," jelas salah satu pengawas yang meminta namanya dirahasiakan.


3. Persiapan Asian Games 2018

Logo Asian Games 2018.

"Ini kan buat persiapan Asian Games dan ini area buat orang-orang penting jadi diintruksikan buat semacam teras. Fungsinya biar ada pelindung jika ada sesuatu yang terjadi, jadi tidak langsung ke area sini tapi ada pelindungnya," imbuhnya.

Sebelum dibongkarnya lantai di area VIP, Stadion GBK sejatinya telah diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada pada tanggal 14 Januari 2018 lalu. 

Stadion yang juga digunakan sebagai markas Persija itu sudah acap kali menggelar laga penting setelah renovasi baik oleh Timnas Indonesia maupun klub.

Asian GamesAsian Games 2018Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Liga Indonesia

Berita Terkini