x

Ini Alasan Terciptanya Turnamen Sepakbola untuk Usia 40 Tahun

Rabu, 4 April 2018 12:31 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Ibro Djie, pemain tim amatir Indonesia, Enjoy Aja FC sekaligus pencetus turnamen U40.

Turnamen Enjoy Aja (EA) Cup U40 merupakan turnamen yang digelar oleh salah satu tim amatir Indonesia, EA FC.

Meski bukan turnamen resmi, namun tetap saja turnamen ini patut mendapat sorotan. Hal itu lantaran karena para pemain yang mengikuti turnamen ini sebagian besar berusia lebih 40 tahun, bahkan ada yang mencapai 50 tahun.

Turnamen ini dimulai pada hari Sabtu (07/04/18) dan akan berakhir kurang lebih sekitar dua bulan dan bertempat di stadion yang bisa dibilang salah satu stadion legendaris di Indonesia, yakni Stadion UMS.

Turnamen ini nantinya akan dihuni oleh 10 tim yang terbagi dalam dua grup yang isinya merupakan tim-tim amatir Indonesia dan pertandingan dimainkan setiap hari Sabtu dan Minggu.\

Baca Juga

1. Alasan Dibentuk Turnamen U-40

Ibro Tjie, pemain tim amatir Indonesia, Enjoy Aja FC sekaligus pencetus turnamen U40.

“Ya, berawal dari tahun lalu, kita juga mengadakan turnamen dan waktu itu ada 12 tim, akhirnya dari kompetisi itu sebagian dari mereka ada yang mengusulkan bikin turnamen untuk U40,” ujar Ibro Djie, salah satu pemain senior Enjoy Aja (EA) FC, sekaligus pencetus Turnamen U40 kepada INDOSPORT.

“Jadi dari situlah untuk menjalin persahabatan yang sudah ada dan kelangsungan serta terbentuknya tim-tim amatir yang ada, akhirnya kita bentuk turnamen ini,” tambahnya.


2. Aturan yang Berlaku di U40

Drawing Enjoy Aja Cup U40 dilakukan di salah satu ruangan Stadion UMS.

Meski hanya sekedar turnamen kelas amatir, namun bukan berarti turnamen ini tidak mempunyai peraturan. Salah satunya adalah tetap bermain di waktu normal, yakni 2x45 menit.

Tidak hanya itu saja, bahkan, tim Ibro Djie dkk juga menggelar drawing untuk pembagian grup, serta beberapa peraturan yang berlaku dalam turnamen tersebut.

“Kita melakukan drawing, siapa melawan siapa, kostum juga kita tentukan, terus kita informasikan kalau hujan maka pertandingan diganti ke hari Senin,” lanjutnya.

Hasil Drawing Enjoy Aja U40.

Selain itu, setiap masing-masing tim diperbolehkan untuk mempunyai 5 pemain yang berusia 35 tahun ke atas, namun boleh dipermainkan sebanyak 3 pemain saja.

Sementara untuk pergantian pemain mereka mengizinkan untuk melakukan 5 pergantian pemain yang sesuai dengan kategori umur mereka masing-masing.

Jadi misalnya pemain usia 35 tahun diganti dengan usia 35 tahun dan mereka yang berusia 40 tahun ke atas diganti dengan 40 tahun ke atas.


3. Dilatih oleh Ricky Yacobi

Ricky Yacobi saat sedang memberikan arahan kepada tim besutannya.

Salah satu hal yang spesial adalah tim tuan rumah, Enjoy Aja FC ditangani oleh salah satu legenda Timnas Indonesia, Ricky Yacobi.

“Kebetulan teman-teman di sini (EA FC) meminta bantuan saya karena mereka mau persiapan turnamen,” jelas Ricky kepada INDOSPORT.

Menariknya lagi, meski hanya sekedar turnamen hiburan, namun Ricky yang dulunya bermain sebagai striker ini tetap menargetkan juara untuk tim besutannya tersebut.

“Target tentu mereka harus juara, karena beban mereka tidak ringan, mereka tuan rumah dan juga penyelenggara, jadi target ya harus bisa juara,” lanjutnya.

IndonesiaRicky YacobiLiga Indonesia

Berita Terkini