x

Tak Kalah dengan Ronaldo, Ini 5 Gol Salto Terindah di Liga Champions

Rabu, 4 April 2018 09:31 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Peter Crouch

Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo menjadi bintang kemenangan Madrid berkat dua golnya. Menariknya salah satu gol yang dicetak oleh Cristiano Ronaldo terbilang sangat spesial.

Pasalnya, penyerang Timnas Portugal itu membuat gol indah lewat tendangan salto (bicycle kick), usai menerima umpan Dani Carvajal pada menit ke-64. Gol itu juga yang membuat kiper kawakan Juventus, Gianluigi Buffon, hanya tertegun.

Namun, jauh sebelum gol yang dicetak Ronaldo, di Eropa sendiri terdapat sejumlah pemain yang pernah mencatatkan diri sebagai pencetak gol indah dengan aksi salto di Liga Champions. Sebagian dari gol-gol ini pun dikenang sebagai gol terindah sepanjang masa. Berikut INDOSPORT telah rangkum lima gol salto paling dikenang dalam sejarah Liga Champions Eropa.

Baca Juga

1. Peter Crouch (Liverpool vs Galatasaray - 2006/07)

Peter Crouch saat masih berseragam Liverpool

Penyerang jangkung asal Inggris, Peter Crouch, mencetak gol salto fantastis ke gawang Galatasaray setelah menerima umpan silang terukur dari rekannya, Steve Finnan, yang tak mampu dijangkau bek Galatasaray, Rigobert Song.


2. Philip Mexes (Anderlecht vs AC Milan - 2012/13)

Caption

Philip Mexes secara tak terduga mencetak gol melalui aksi salto setelah menerima umpan dari bola mati yang dilesakan oleh Montolivo. Mexes menahan bola hasil umpan dengan dada sebelum akhirnya menembakannya  ke gawang.


3. Mario Mandzukic (Juventus vs Real Madrid - 2016/17)

Mario Mandzukic, striker Juventus.

Mandzukic mencetak gol akrobatik yang tak diduga setelah sebelumnya melalui proses operan-operan ciamik pemain-pemain Juventus. 


4. Mauro Bressan (Fiorentina vs Barcelona - 1999/00)

Mauro Bressan

Berawal dari umpan silang mendatar ke dalam kotak penalti Barcelona, bola tersebut berhasil dibendung Ronald de Boer sehingga keluar dari zona kotak penalti.

Bola lambung hasil antisipasi De Boer menjadi liar ketika coba diperebutkan Jorg Heinrich dan Rivaldo. Saat kembali mematul, bola berada dalam jangkauan Bressan, dan tanpa basa-basi ia pun langsung melepaskan tembakan salto yang menukik ke pojok gawang lawan.


5. Marco van Basten (AC Milan vs IFK Gothenberg - 1992/93)

Marco VAN BASTEN mantan pemain AC Milan.

Van Basten tak diragukan lagi merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah ada di dunia. Ia mampu mencetak gol dengan kedua kakinya maupun kepala. 

Dalam sebuah pertandingan melawan Gothenberg di San Siro, Van Basten mencetak gol salto setelah menerima umpan terukur dari rekannya, Jean-Pierre Papin. Bola yang dikirimkan Papin dijemput Van Basten dengan aksi akrobatik untuk diarahkan ke pojok kiri gawang lawan. 

Video: Youtube/footyroom.com

Real MadridLiverpoolMario MandzukicBarcelonaLiga ChampionsAC MilanFiorentinaPeter CrouchMarco van BastenPhilippe MexesBola Internasional

Berita Terkini