x

Dilaporkan Pemain Kroasia, Deltras Sidoarjo Terkena Sanksi FIFA

Sabtu, 7 April 2018 06:42 WIB
Editor: Isman Fadil
Skuat Deltras Sidoarjo di Liga 3 2018.

Awan hitam menggelayut di salah satu klub yang berkompetisi di Liga 3 zona Jawa Timur, Deltras Sidoarjo. Klub berjuluk The Lobster ini mendapatkan sanksi FIFA.

Sanksi itu didapat setelah mantan bek Deltras Sidoarjo asal Kroasia, Mijo Dadic melaporkan bekas klubnya itu ke FIFA lantaran hak-haknya yang belum diselesaikan hingga saat ini.

Baca Juga

1. Pengurangan 3 Poin

Logo Deltras Sidoarjo

Imbas dari sanksi tersebut, Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Jawa Timur sebagai operator Liga 3 Kapal Api, Jawa Timur, menyampaikan sanksi yang dijatuhkan berupa pengurangan poin untuk Deltras.

"Jadi ini adalah Implementasi terhadap putusan komdis (komisi disiplin) FIFA terhadap Deltras berkenaan dengan sengketa pemain atas nama Mijo Dadic dimana surat pssi itu ada 3 hal," kata Sekretaris Asprov PSSI Jawa Timur, Amir Burhanuddin, seperti dikutip dari JossToday.com.

"Pertama, diminta menyampaikan secara tertulis pada Deltras pengurangan 3 poin. Kedua, menyampaikan secara tertulis putusan tersebut pada seluruh kontestas liga 3. Ketiga, menyampaikan pada PSSI pusat yang akan ditembusi pada FIFA," sambungnya.


2. Tidak Ada Komitmen

Arif Ariyanto sebagai kapten tim Deltras Sidoarjo untuk musim ini.

Sejatinya, FIFA sudah terlebih dahulu menjatuhkan sanksi denda kepada semifinalis Copa Indonesia 2009 tersebut. Namun karena Deltras tidak berkomitmen melunasi gaji Dadic, FIFA pun kembali menjatuhkan sanksi pengurangan poin.

"Berdasar kabar denda sudah dibayar oleh Deltras. Namun, karena FIFA melihat belum ada komitmen lanjutan dari Deltras terkait pelunasan gaji maka dijatuhkan sanksi pengurangan poin," kata Amir.


3. Peringatan untuk Klub Lain

Sekretaris Asprov PSSI Jatim, Amir Burhanuddin (kanan) saat memberi keterangan pers di Kantor Asprov PSSI Jatim.

Berangkat dari masalah itu, Amir pun juga mengingatkan untuk semua tim agar kasus yang sama tidak terulang kembali di masa yang akan datang.

"Jadi jangan sampai mereka juga melakukan itu. Ini sebagai warning bagi semua tim agar dapat memenuhi hak-hak pemain," pungkasnya.


4. Poin Deltras

Logo Liga 3.

Atas sanksi FIFA tersebut, poin Deltras Sidoarjo di klasemen Grup A Liga 3 Zona Jawa Timur menjadi tiga poin. Sebelumnya Deltras ini mengoleksi 6 poin dari dua pertandingan tanpa kalah.   

Liga IndonesiaLiga 3Deltras Sidoarjo

Berita Terkini