x

Fakta Timnas Tonga, Negara Terbuncit di Peringkat FIFA: Pernah Dibobol 22 Gol dalam Satu Laga

Selasa, 10 April 2018 15:45 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Irfan Fikri
Timnas Tonga

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA), tiap bulannya selalu merilis peringkat terbaru tiap negara yang tergabung dalam Federasi yang bermarkas di Swiss tersebut.

Peringkat tersebut dibuat FIFA dengan beberapa sistem perhitungan tertentu. Salah satu yang paling mempengaruhi adalah hasil pertandingan resmi yang dilakukan masing-masing negara. Jika menang tentu poin yang didapat akan lebih besar sehingga bisa mengkatrol posisi sebuah negara di peringkat FIFA.

Namun jika kita memperhatikan secara seksama rilis peringkat FIFA tiap bulannya, maka kita akan menemukan sebuah negara bernama Tonga yang tidak pernah beranjak dari dasar peringkat setidaknya dalam setahun ini.

Nama, Tonga memang asing di telinga penikmat sepakbola Indonesia. Namun untuk memenuhi rasa penasaran, INDOSPORT coba merangkum beberapa fakta mengenai negara peringkat 206 FIFA saat ini tersebut.

Baca Juga

1. Letak Geografis

Tonga

Tonga merupakan negara kepulauan yang terletak di tengah samudera pasifik bagian selatan. Atau lebih mudahnya, Tonga berada sekitar 5.000 kilometer di sebelah barat Australia.

Sistem pemerintahan Tonga adalah kerajaan dengan luas keseluruhan pulau hanya sekitar 750 KM2 dan jumlah penduduk sekitar 107 ribu orang pada sensus bank dunia tahun 2016.

Tonga

2. Kondisi Sepakbola

Juara Liga Utama Tonga, Veitongo.

Bergabung dengan Federasi Sepakbola Oceania (OCF), Tonga memiliki kompetisi sepakbola berjenjang yang sudah berlangsung sejak tahun 1969.

Dalam kasta teratas, kompetisi sepakbola di negara yang memiliki logo burung merpati itu dinamai Tonga Major League.
Pada kasta teratas itu, diikuti oleh hanya tujuh klub yang berkompetisi. Dengan juara terakhir pada 2017 adalah Veitongo.


3. Tim Nasional

Timnas Tonga

Tim Nasional Tonga beridiri dibawah naungan federasi Tonga Football Assocaition (TFA).

TFA sendiri pertama dibentuk pada tahun 1965, dan bergabung dengan FIFA baru pada tahun 1994.

Saat ini Timnas Tonga (pria) dipimpin oleh pelatih Moleni Timote. Terakhir mereka melakukan pertandingan resmi menghadapi negara tetangganya Vanuatu, dan harus kalah dengan skor lima gol tanpa balas.

Untuk pertandingan pertama Tonga di level internasional, dilakukan pada 29 agustus 1979. Saat itu mereka menjalani debut dengan kekalahan telak 8-0 atas Tahiti.

Sementara untuk rekor kekalahan terbesar pernah mereka alami saat berhadapan dengan Australia pada sembilan April 2001 dengan skor kekalahan 22-0.

Lebih sering kalah, Tonga tentu juga pernah mengalami kemenangan. Salah satu yang terbesar, Tonga pernah menang 7-0 saat menghadapi Timnas Micronesia.

Dalam kualifikasi Piala Dunia 2018, Tonga juga sempat berpartisipasi. namun sayangnya mereka harus tersingkir sejak dini di ronde pertama kualifikasi zona Oceania.

Saat itu Tonga berada di posisi buncit peringkat empat, di bawah Samoa dan Kepulauan Cook.


4. Ranking FIFA

Timnas Tonga

Menjadi juru kunci peringkat FIFA saat ini. Posisi Tonga di peringkat 206 itu sudah dirasakannya sejak April tahun 2017.

Berada stagnan di sekitar peringkat 200 ke atas dalam beberapa tahun kebelakang, Tonga pernah mencapai peringkat tertinggi di posisi 163 pada tahun 1998.

FIFABola InternasionalTonga

Berita Terkini