x

Belum Menang di 3 Laga, Pelatih Arema FC Siap Dievaluasi

Rabu, 11 April 2018 22:07 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Arema FC, Joko Susilo.

Tren negatif yang hinggap di tim Arema FC membuat para penggawa Singo Edan dilanda keresahan. Terlebih, skuat tim berlogo kepala singa itu segera kembali menjalani laga ketat saat kedatangan Persib Bandung di pekan keempat Liga 1, pada Minggu 15 April mendatang.

Imbasnya, tim kebanggaan Aremania itu terlempar di papan bawah, menempati urutan ke-17 dengan mengais hanya satu poin. Sebiji angka itu dihasilkan kala bermain imbang 2-2 kontra Mitra Kukar, serta dua kali kalah 1-3 di markas Persija Jakarta dan 1-2 di kandang Borneo FC.

Baca Juga

1. Pelatih Siap Pasang Badan

Joko Susilo, pelatih Arema FC.

Joko Susilo pun pasang badan dengan torehan negatif tim asuhannya itu. Ia pun siap menjalani evaluasi dari manajemen, beriringan dengan hasil evaluasinya kepada setiap pemain di lapangan.

"Tentu ini akan menjadi bahan evaluasi dari pengurus (manajemen) klub. Bahwa saya anggap progres tim jauh lebih baik, namun hasilnya tetap saja kalah," papar Pelatih Arema FC tersebut.


2. Progres Permainan

Borneo FC vs Arema FC

Progres permainan yang diusung Thiago Furtuoso dkk memang sudah lebih baik dari dua laga sebelumnya. Arema FC mulai terbiasa dengan beragam transisi formasi dan perubahan taktik di saat pertandingan berjalan.


3. Perubahan Formasi

Joko Susilo memimpin latihan bersama Arema FC.

Perubahan formasi dari pakem 4-3-2-1 ke format klasik 3-5-2 pun menjadikan skema Arema FC lebih berkembang. Seiring berjalannya laga, transisi skema itu bisa lebih variatif dengan kombinasi 3-4-1-1 saat mendominasi bola, hingga 5-3-2 kala bertahan.

"Pertandingan tadi (lawan Borneo) jauh lebih baik dari dua pertandingan yang kemarin. Kita lebih banyak menciptakan peluang," ungkapnya.

Benang merahnya tetap sama, yakni belum konsistennya barisan pertahanan ketika unggul. Padahal, lini depan tim Singo Edan selalu konsisten mencetak skor melalui rataan mencapai 1,3 gol per laga.

"Saya memang hanya bisa membuat progres tim ini menjadi jauh lebih baik. Tapi soal hasil akhir, saya tidak bisa merubahnya," tutup Joko Susilo.

Mitra KukarJoko SusiloThiago Furtuoso dos SantosLiga IndonesiaArema FCLiga 1

Berita Terkini