x

Cengiz Under, Sang 'Pengumpan Membelah Lautan' yang Membuat Barcelona Menangis

Rabu, 11 April 2018 07:17 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Cengiz Under, gelandang sayap kanan AS Roma.

Sejatinya, AS Roma berhasil mengalahkan Barcelona berkat gol dari Edin Dzeko, Danielle De Rossi, dan juga Konstantinos Manolas.

Ketiga nama pemain di atas sukses mencantumkan nama mereka di papan skor yang berarti membuat Roma unggul agresivitas gol atas Barcelona, sekaligus mengantarkan klub Ibu Kota Italia mendapatkan tiket semifinal Liga Champions 2017/18.

Namun, perlu diketahui jika ada satu sosok yang bisa dibilang termasuk berperan besar dalam mengantarkan Giallorossi ke semifinal.

Dia adalah Cengiz Under, seorang gelandang sayap kanan yang memberikan umpan terukur dari sepak pojok dan disambut dengan baik oleh Manolas.

Ya, sebelum mengeksekusi tendangan sepak pojok, Under seakan memberikan tanda sehingga Manolas langsung bergerak dan dengan mudah menyundul bola hasil umpan dari pemain asal Turki tersebut.

Baca Juga

1. Mengawali Karier dari Sepakbola Turki

Cengiz Under, gelandang sayap kanan AS Roma.

Cengiz Under pertama kali menimba ilmu sepakbolanya bersama tim junior Bucaspor pada tahun 2013, lalu pindah ke tim junior Altinordu di tahun 2014, hingga akhirnya ia berhasil masuk ke tim senior Altinordu di tahun yang sama.

Setahun kemudian, Cengiz pindah ke klub Turki lainnya, yakni Basaksehir di bulan Juli 2016 lalu.

Namun bersama Basaksehir nyatanya ia hanya bertahan satu musim, karena bakatnya langsung tercium hingga didatangkan oleh AS Roma.


2. Pindah ke AS Roma

Cengiz Under, gelandang sayap kanan AS Roma.

Pada jendela transfer musim panas 2017/18 ini, AS Roma mendatangkannya dengan harga yang terbilang murah, yakni sebesar 13 juta euro atau setara dengan Rp220 miliar rupiah.

Meski baru membela Roma, ternyata Under mampu beradaptasi dengan baik. Masih berusia 20 tahun, namun dirinya berhasil mencetak 6 gol dalam 25 pertandingan di seluruh kompetisi yang diikuti oleh Roma.

Gaya bermain Cengiz juga terkadang mampu menyulitkan permainan lawan, di tambah ia juga mempunyai beberapa umpan yang terbilang akurat.

Bahkan, berkat bakatnya itulah Cengiz juga berhasil masuk ke tim senior Timnas Turki sejak 12 November 2016 lalu.


3. Sempat Diminati oleh Barcelona

Logo Barcelona.

Kepiawaian Cengiz dalam mengolah si kulit bundar rupanya membuat namanya berkesan bagi klub yang baru saja ia kalahkan, yakni Barcelona.

Ya, dilansir dari ESPN, Blaugrana beberapa pekan yang lalu pernah menyampaikan minatnya kepada Cengiz Under. Hal itu diungkapkan langsung oleh Direktur Olahraga AS Roma, Monchi.

“Wakil saya, Bayram Tutumlu mempunyai hubungan yang baik dengan pihak Barcelona. Dia bilang ke saya kalau klub tersebut sering menanyakan bocah itu (Cengiz Under),” tandasnya pada hari Selasa (27/03/18) lalu.

“Kami belum mendapatkan tawaran apapun dari tim besar Eropa lainnya, tapi saya percaya tawaran itu akan datang. Jadi begini, dia itu masih muda, tapi kami akan menjadikannya pemain penting di sini karena kami tahu dia punya kualitas,” lanjutnya.

BarcelonaLiga ChampionsAS RomaBola InternasionalCengiz Under

Berita Terkini