x

Pecundangi Barcelona, Ini 4 Fakta Mengejutkan dari AS Roma

Rabu, 11 April 2018 04:22 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Yohanes Ishak
AS Roma.

AS Roma berhasil tampil mengejutkan pada pertemuan kedua kontra Barcelona di babak perempatfinal Liga Champions. Tim berjuluk Giallorosso tersebut mampu mendapatkan tiket ke semifinal usai menumbangkan Barcelona dengan skor 3-0.

Hal ini cukup mengejutkan beberapa pihak. Pasalnya, tidak ada yang menyangka jika Roma berhasil melakukan comeback saat mengahadapi tim sekelas Barcelona.

Tiga gol yang didapat Roma sendiri dilesatkan oleh Edin Dzeko pada menit ke-6, Danielle De Rossi (58’) dan Kostas Manolas (82). Hasil ini membuat Roma sukses mengungguli agregat atas Barcelona lewat jumlah gol tandang.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Roma berhasil mencetak satu gol ke gawang Marc Andre Ter Stegen di Camp Nou pekan lalu. Meski tumbang 1-4, namun gol yang disarangka Dzeko pada pertemuan pertama sangat berarti bagi Roma.

Kali ini INDOSPORT akan merangkum beberapa fakta dan data yang terjadi pada laga yang berlangsung di Stadio Olimpico tersebut.

Baca Juga

1. Rekor Pertama De Rossi

Bintang AS Roma, Daniele De Rossi.

De Rossi tampil cukup menawan pada leg kedua kontra Barcelona. Hal tersebut terbukti ketika dirinya memberikan jalan kepada Dzeko untuk mencetak gol cepat pada menit keenam.

Tak hanya memberikan assist, De Rossi juga menyumbang satu gol pada laga dini hari tadi. Pemain berusia 34 tahun tersebut mampu menciptakan gol lewat eksekusi penaltinya pada menit ke-58.

Catatan ini membuat De Rossi menjadi pemain pertama yang mampu mencetak gol dan assist ke gawang Barcelona sejak 2013 lalu. Terakhir kali pemain yang bisa melakukan hal itu adalah Thomas Muller.


2. Edin Dzeko Tajam

Edin Dzeko berhadapan dengan Gerard Pique

Edin Dzeko menjadi pemain yang mampu membuka asa Roma lolos ke semifinal Liga Champions. Pasalnya, mantan penyerang Manchester City ini mampu menciptakan gol cepat pada menit keenam.

Hasil ini pun membuat Dzeko menjadi telah menciptakan tiga gol ketika bertemu dengan Barcelona. Raihan itu lebih banyak daripada saat Dzeko bertemu dengan klub lain di Liga Champoins.


3. Kebobolan Terbanyak Barcelona

Edin Dzeko (kanan) merayakan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Barcelona.

Barcelona menampilkan permainan buruk kala bertandang ke markas Roma. Bagaimana tidak, tim berjuluk Blaugrana tersebut harus dipermalukan tim tuan rumah dengan skor telak 0-3.

Ini pun menjadi rekor buruk Barcelona di Liga Champions. Pasalnya ini menjadi kekalahan pertama Barcelona dengan selisih dua gol lebih, sejak April 2017 lalu. Saat itu Barcelona kalah di tangan tim Italia, Juventus.


4. Semifinal Pertama Roma

Federico Fazio dihadang oleh Ivan Rakitic

AS Roma belum pernah merasakan atmosfer di semifinal sejak turnamen ini berganti nama menjadi Liga Champions pada musim 1992/93.

Namun kini Roma berhasil mematahkan kutukan tersebut dengan jerih payah yang mereka lakukan pada laga tadi. Dengan begitu, Roma pun akan bermain di semifinal Liga Champions untuk kali pertama sepanjang sejarah.

BarcelonaLiga ChampionsEdin DzekoAS RomaDaniele de Rossi

Berita Terkini