x

Kasus Nyanyian Rasis ke Bobotoh, Bos Persija Pertanyakan Hukuman 5 Pemain Persija

Jumat, 13 April 2018 21:42 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
Gede Widiade Jamu Makan Malam Pers.

Komite Disiplin (Komdis) telah menjatuhkan hukuman kepada lima penggawa Persija Jakarta. Kelima pemain tersebut adalah Riko Simanjuntak, Gunawan Dwi Cahyo, Asri Akbar, Jaimerson da Silva, dan Ahmad Saefuloh dengan hukuman Rp15 juta rupiah dan hukuman sosial mengampanyekan anti rasis di media sosial masing-masing.

Baca Juga

Komdis menjatuhkan hukuman terhadap kelimanya lantaran kasus video umpatan kebencian yang ditujukan terhadap supoter Persib Bandung. Namun hukuman ini mendapat respon negatif dari Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade. 


1. Denda Uang Komdis untuk Lima Pemain Persija Tidak Fair

Gede Widiade saat diwawancara oleh pers

Gede bukan membela pemainnya akan kebal hukum. Namun yang dipertanyakan dia adalah hukuman denda uang sebesar Rp15 juta rupiah.

Gede menilai anak asuhnya tak ada bukti yang mengatakan mereka bersalah. Sehingga hukuman denda Rp15 juta pun dipertanyakan untuk apa.

"Tetapi kalau si pengadil tidak bisa membuktikan siapa yang melakukan lalu dasar denda Rp.15 juta itu apa? Jadi jangan ini dijadikan alat untuk satu arah memutuskan sepihak, tidak bagus," beber pengusaha asal Bali ini.


2. Lebih Apresiasi Sanksi Sosial

Gunawan Dwi Cahyo jadi salah satu pemain Persija yang dapat hukuman.

"Misalnya, diminta mengkampanyekan anti rasis lewat media sosial Persija atau pribadi selama enam bulan. Ya itu bagus," tambah dia.

Dengan keputusan ini, Gede tak akan tinggal diam. Dia mengaku akan melakukan banding terhadap putusan Komdis.


3. Siap Banding

Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade.

"Dipanggil, tetapi tidak melampirkan bukti otentik. Kalau misalnya gaji mereka 10 juta, mereka bayar pakai apa? Kan tidak mendidik dan kalau yang kalau mendidik itu beri sanksi dulu. Lha wong ini baru pertama kali kejadian, buktinya nggak ada sanksinya Komdis sudah langsung. Yang makai narkoba saja direhabilitasi dulu, jadi sangat tidak mendidik dan tidak memiliki kemampuan hukum dan saya sangat kecewa karena Komdis tidak mendidik," tutur dia.

"Saya menerima tapi akan melampirkan banding karena tanpa dasar hukuman," tutup Gede.

Persija JakartaGede WidiadeLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini