x

Madrid Kalahkan Malaga, Zidane Ciptakan Rekor Fantastis

Senin, 16 April 2018 15:45 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Zinedine Zidane, pelatih Real Madrid.

Sejak resmi melatih bekas klubnya pada Januari 2016, pelatih Zinedine Zidane tak berhenti menciptakan rekor fantastis. Hingga Minggu (15/4/2018), Zidane berhasil menciptakan rekor 100 kemenangan bersama Real Madrid.

Hasil ini menempatkan dirinya sebagai pelatih terbaik di klub dengan presentasi kemenangan 72 persen di semua kompetisi. Pelatih asal Prancis ini bahkan telah berhasil menyumbangkan 8 trofi bagi Los Blancos.

Baca Juga

1. Banyak Menang di La Liga

Zinedine Zidane dan Diego Simeone

Dilansir dari Marca, sebagian besar kemenangan Zizou bersama Real Madrid hadir dari ajang La Liga. Dalam 99 laga yang dilakoni Madrid sejak dipegang Zidane, mereka telah menang 66 kali. 15 pertandingan lainnya berakhir seri dan mengalami kekalahan di 9 laga.

Sementara itu, setelah bermain 30 kali di ajang Liga Champions, Madrid berhasil menang 20 kali, 6 kali seri dan hanya mengalami 4 kali kekalahan. Dari kompetisi Copa del Rey, presentase kemenangan melorot hingga 50 persen. Real hanya mampu tampil dalam 12 pertandingan, dimana berhasil memenangkan 6 pertandingan, 4 kali seri dan 2 kali kalah.

4 kemenangan lainnya didapatkan dari Piala Dunia Antar Klub, 2 dari dua di Piala Eropa, dan 2 kemenangan dari Piala Super Spanyol.


2. Disaingi Mourinho

Jose Mourinho saat menjadi pelatih Real Madrid dan Cristiano Ronaldo.

Pelatih Madrid lainnya yang mendekati prestasi Zidane adalah Jose Mourinho. Ia berhasil memenangkan 71,9 persen dari 301 pertandingan selama menangani Los Blancos sejak 2010 hingga 2013.

Hasil ini menempatkannya sebagai pelatih kedua yang paling efektif dalam sejarah Madrid.

Di belakang Mou, ada pelatih legendaris seperti Miguel Munoz yang menjadi pelatih terlama sepanjang sejarah klub, yakni 14 tahun (1960-1974).  Dari 602 pertandingan yang digawanginya, ia berhasil memenangkan 356 laga atau setara dengan 59,1 persen (356 dalam 602 pertandingan).

Sementara pelatih Vicente del Bosque yang melatih Madrid pada tahun 1994, 1996, dan 1999-2003, berhasil menorehkan 54,5 persen kemenangan. Sementara pelatih ikonik Belanda, Leo Beenhakker, berhasil memenangkan 61,9 persen pertandingan berkat kemampuan manajemennya yang luar biasa.

Legenda lain, Luis Molowny, berhasil mencapai 56 persen kemenangan dalam 193 pertandingan.


3. Belum Pasti di Madrid

Pelatih Timnas Jerman, Joachim Low.

Meskipun menampilkan prestasi luar biasa, namun nasib Zizou di La Rosaleda belum sepenuhnya pasti. Dirinya memang telah menandatangani kontrak kerjasama hingga tahun 2020. Namun penampilan Real Madrid yang buruk di ajang La Liga musim ini membuat Zidane lagi-lagi diterpa kabar tak sedap.

Dailystar melaporkan, pelatih kawakan Jerman, Joachim Low bahkan tengah diincar oleh bos Real Madrid, Fiorentino Perez untuk menggantikan Zidane.

Namun bila kali ini Madrid dapat meraih gelar Liga Champions, setidaknya nasib mantan pemain timnas Prancis ini akan aman.

Real MadridJoachim LowJose MourinhoZinedine ZidaneLaLiga SpanyolLiga SpanyolBola Internasional

Berita Terkini