x

Ini Putusan LIB Terkait Status Laga Arema FC vs Persib yang Berakhir Rusuh

Senin, 16 April 2018 15:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
COO PT LIB, Tigor Shalom Boboy

Kejadian tak pantas yang terjadi pada pertandingan Arema FC vs Persib Bandung di pekan keempat Go-Jek Liga 1 2018, Minggu (15/04/18) di Stadion Kanjuruhan, Malang akhirnya mendapat respon dari operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru. Seperti diketahui saat itu puluhan penonton masuk ke dalam lapangan dan mengganggu jalannya laga yang sudah memasuki menit akhir.

Baca Juga

Menilik tingkat kericuhan yang terjadi, wasit kemudian memutuskan pertandingan itu pun tidak bisa dilanjutkan. Terkait hal itu, PT LIB pun mengumumkan bahwa status laga tersebut dinyatakan telah selesai dengan skor tetap 2-2. Artinya laga Arema FC vs Persib tidak perlu dilanjutkan pada keesokan harinya atau pada waktu lain.


1. Sesuai Regulasi, Laga Arema FC vs Persib Berakhir Imbang 2-2

Arema FC vs Persib Bandung

Keputuskan LIB tersebut sesuai dengan regulasi yang tertuang pada pasal 12 ayat 1 C dan 1 D. Dalam regulasi tersebut dijelaskan jika force majure yang termasuk kericuhan penonton maka status pertandingan akan diputuskan oleh LIB. Hanya saja, putusan dari LIB tersebut harus melalui beberapa pertimbangan dan proses berdasarkan keputusan wasit dan laporan dari pengawas pertandingan.

“Acuannya pada laporan pertandingan yang dikirimkan oleh pengawas pertandingan. Semua telah kami baca dan pelajari secara terperinci. Dari laporan tersebut, kami memutuskan pertandingan telah selesai,” jelas COO PT LIB, Tigorshalom Boboy.


2. Hukuman Diserahkan Kepada Komisi Disiplin

kerusuhan yang melibatkan oknum Aremania di akhir pertandingan Arema FC vs Persib.

Sementara soal hukuman akibat kejadian tersebut, LIB belum memutuskan per hari ini, Senin (16/04/18). Pasalnya LIB akan menyerahkan kasus ini sepenuhnya kepada yang lebih berhak yakni Komisi Disiplin PSSI.
 
“Komisi Disiplin yang akan mempelajari kasus ini dan jika ada yang salah atau melanggar peraturan, maka Komdis yang akan menentukan hukumannya. Kami berharap kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi,” tutup Tigor.


3. Pelatih Persib Terluka Akibat Kerusuhan

Insiden yang menimpa Mario Gomez di laga Arema FC vs Persib Bandung.

Laga Arema vs Persib sejatinya berjalan seru dimana kedua tim saling berbalas gol baik di babak pertama maupun babak kedua. Sayangnya, menjelang detik-detik akhir pertandingan, penonton tampak mulai terpancing emosinya dengan melemparkan berbagai benda ke dalam lapangan hingga puncaknya ada yang masuk ke dalam lapangan.

Kericuhan itu bahkan membuat pelatih Persib, Mario Gomez mengalami cedera ringan. Kepala pria asal Argentina itu tampak mengalami luka kecil sehingga membutuhkan pera

Persib BandungTigor Shalom BoboyLiga IndonesiaArema FCLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)

Berita Terkini