x

Susul Zidane, Legenda Real Madrid Ini Juga Siap Jadi Pelatih

Selasa, 17 April 2018 18:39 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Juni Adi

Legenda Real Madrid, Raul Gonzalez kini tengah menyiapkan diri untuk memulai kariernya sebagai pelatih sepakbola. Rupanya ia ingin menyusul kesuksesan rekannya Zinedine Zidane yang sukses membawa tim melaju ke semifinal Liga Champions.

Mantan striker Spanyol itu menyatakan diri pensiun dari dunia sepakbola pada tahun 2015. Bersama Los Blancos, ia berhasil memenangkan enam gelar La Liga serta tiga trofi Liga Champions. Kini ia dipercaya menjabat sebagai penasihat presiden klub.

Baca Juga

1. Disiapkan Jadi Pelatih

Raul Gonzales.

Pria berusia 40 tahun ini rupanya memang dipersiapkan klub untuk menjadi pelatih. Buktinya ia kini tengah mengikuti program pelatihan untuk mendapatkan lisensi sebagai pelatih.

"Kami telah memulai tahun pertama untuk mendapatkan lisensi A dan B. Ini adalah langkah pertama untuk melatih dan menjadi pelatih setidaknya untuk tim sepakbola di level remaja,” ujar Gonzales seperti dikutip dari FourFourTwo.

Menurutnya proses latihan akan dilakukan dalam jangka waktu satu tahun sebelum akhirnya mengikuti program pelatihan UEFA pro, yang memungkinkan orang yang mengikutinya dapat melatih tim mana pun.


2. Belajar Bersama Xavi

Xavi Hernandez sewaktu di Barcelona.

Setidaknya dalam proses penggemblengan sebagai pelatih, Raul ditemani satu orang wajah cukup akrab dengannya yakni mantan pemain Barcelona, Xavi Hernandez. Mereka berdua dulunya pernah sama-sama membela timnas Spanyol.

"Akan ada 16 orang yang mengikuti proses pelatihan kali ini. Xavi akan tiba pada hari Selasa. Banyak dari kami yang pernah menjadi rekan satu tim atau saingan dan saya yakin kursus ini akan menyenangkan dan kami akan mempelajari banyak hal baru,” tukasnya.


3. Tambah Daftar Panjang

Carlo Ancelotti.

Rencana Xavi dan Raul untuk menjadi pelatih profesional klub akan menambah daftar panjang pemain sepakbola berprestasi yang akhirnya berkarier sebagai pelatih. Tak hanya Zidane, beberapa nama seperti Pep Guardiola, Frank Rijkaard dan Gennaro Gattuso.

Bahkan pelatih kawakan Carlo Ancelotti yang sukses melatih AC Milan, Real Madrid, Chelsea, PSG dan Bayern Munchen dulunya merupakan pemain hebat. Saat masih menjadi gelandang di AC Milan di era 80an, Don Carlo mampu membawa Milan menjadi salah satu klub yang paling ditakuti di Eropa.

Zinedine ZidaneCarlo AncelottiXavi HernandezRaul GonzalezBola Internasional

Berita Terkini