x

Dibayar hingga Ratusan Juta Rupiah, Ini Gaji Wasit Piala Dunia 2018 Rusia

Rabu, 18 April 2018 21:50 WIB
Penulis: Fery Andriawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
FIFA Fairplay.

Piala Dunia 2018 akan digelar pada bulan Juni mendatang. Rusia, selaku tuan rumah pergelaran kompetisi empat tahunan tersebut sudah hampir merampungkan persiapannya, termasuk stadion hingga perangkat lainnya.

Baca Juga

Selain faktor eksternal tersebut, ada satu lagi hal yang paling penting, yakni wasit. Total, Piala Dunia 2018 akan menggunakan 36 pengadil lapangan dengan rincian 16 wasit utama dan 20 hakim garis. Lantas, berapa besar bayaran mereka dalam kompetisi tersebut?


1. Bayaran Wasit

Michael Oliver wasit yang memimpin laga Real Madrid kontra Juventus.

FIFA telah mengumumkan seluruh nama wasit yang akan menjadi pengadil lapangan dalam Piala Dunia 2018. Setiap wasit akan mendapatkan bayaran mencapai 70 ribu US Dollar atau mencapai Rp963 juta, dan tambahan 3 ribu US Dollar atau Rp41 juta di setiap pertandingan.

Berbeda dengan wasit utama, hakim garis pada Piala Dunia 2018 akan mendapatkan bayaran lebih kecil yakni 2 ribu US Dollar atau mencapai Rp27 juta dalam setiap laga.


2. Bandingan dengan Dua Edisi Sebelumnya

Chris Foy, salah satu wasit di Euro 2016.

Pendapatan para wasit di Piala Dunia 2018 di Rusia bisa dibilang lebih besar dengan dua edisi sebelumnya, yakni pada tahun 2010 di Afrika Selatan dan 2014 di Brasil.

Kala itu, semua wasit Piala Dunia hanya mencapai 50 ribu US Dollar atau sekitar Rp688 juta. Jumlah tersebut juga mereka dapatkan apabila bermain hingga putaran final berlangsung.

Pada pergelaran saat ini, wasit yang mendapatkan gaji hingga 70 ribu dollar AS, meski hanya bagi mereka yang mengawal pertandingan terbanyak. Jadi, tidak semua pengadil mendapatkan bayaran yang sama.


3. Tidak ada Wasit Inggris

Wasit asal Inggris, Mark Clattenburg.

Yang menarik dari apa yang diumumkan FIFA, tidak terselip satupun nama wasit maupun asisten wasit yang berasal dari Inggris. Hal tersebut merupakan pertama kalinya terjadi sejak terakhir di Piala Dunia 1938.

Sebenarnya ada nama wasit asal Inggris Mark Clattenburg yang sempat masuk nominasi FIFA untuk menjadi salah satu pengadil di Rusia nanti.

Namun nama Clattenburg akhirnya 'terpental', lantaran dirinya memilih untuk meninggalkan tugasnya di Liga Primer Inggris untuk menjadi direktur wasit di kompetisi sepakbola Arab Saudi.

Asosiasi Sepakbola Inggris, FA sempat mengajukan nama lain untuk menggantikan Clattenburg. Namun permintaan itu ditampik langsung oleh FIFA.

Piala DuniaPiala Dunia 2018WasitMark ClattenburgPiala Dunia 2010Bola Internasional

Berita Terkini