x

FIFA Akhirnya Usut Nyanyian Rasis di Piala Dunia 2018 Rusia

Rabu, 18 April 2018 11:52 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Ousmane Dembele ketika memperkuat Timnas Prancis.

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) akhirnya membuka proses disipliner terhadap tuan rumah Piala Dunia 2018 Rusia atas ‘nyanyian monyet’ yang didengar saat pertandingan persahabatan melawan Prancis, menurut seorang juru bicara kepada AFP dilansir dari The News.

Baca Juga

Gelandang Manchester United Paul Pogba dan pemain sayap Barcelona, Ousmane Dembele, diduga menjadi sasaran ejekan rasis selama pertandingan di Saint Petersburg bulan lalu. "Kami tidak memiliki komentar lebih lanjut pada tahap ini," kata juru bicara FIFA kepada AFP.

Persatuan Sepakbola Rusia (RFU) mengatakan siap untuk bekerja sama dengan penyelidikan FIFA. "Kami meluncurkan penyelidikan internal kami sendiri sehari setelah pertandingan," kata perwira anti diskriminasi RFU Alexander Baranov dilansir dari The News.


1. Nyanyian Monyet

Paul Pogba bersama pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps.

Selama bulan lalu, seorang fotografer AFP mendengar tiruan suara monyet yang ditujukan untuk Dembele, sementara pengguna internet melaporkan pelecehan serupa dari bagian dari 50 ribu suporter yang menargetkan Pogba.

The News melaporkan, RFU awalnya menanggapi dengan skeptis dan mengklaim bahwa mereka tidak mendengar apa pun. Namun badan negara itu kemudian melakukan penyelidikan sendiri. UEFA mengikuti setelah Menteri Olahraga Prancis Laura Flessel, juara dua kali juara Olimpiade, menyerukan tindakan untuk "Eropa dan internasional".


2. Mengecam

Gelandang Timnas Prancis, Lassana Diarra pada laga persahabatan melawan Rusia.

Wakil ketua parlemen Rusia, Igor Lebedev, mengecam agar tidak bertindak rasis di negara itu dan meminta para suporter untuk berhenti melakukan tindakan serupa. “Ini bukan hanya masalah dengan persepsi penggemar kami terhadap pemain kulit hitam dan Afrika,” katanya dari The News.

"Masalahnya ada di tempat lain: perilaku buruk ini tidak akan berhenti sampai kita mulai menghukumnya." Lebedev bersikeras bahwa insiden seperti itu jika terus terjadi selama Piala Dunia akan mempermalukan negaranya.


3. Aksi Provokasi

Selebrasi pemain Timnas Prancis usai Blaise Matuidi mencetak gol.

Namun Wakil Perdana Mister Vitaly Mutko menyebutkan insiden itu tidak penting, mengatakan bahwa nyanyian monyet terdengar di permainan "idak berarti bahwa ini adalah semacam tindakan rasisme terorganisi". "Mungkin ada unsur-unsur itu," kata Mutko.

"Sekitar 50.000 orang datang ke pertandingan itu dan mungkin ada beberapa provokasi," tambah Mutko.

Para pemain berkulit hitam telah banyak yang mengeluhkan di masa lalu karena mengalami pelecehan rasial di sepakbola Rusia. Pemain Brasil Roberto Carlos besar, yang bermain untuk klub Rusia Anzhi Makhachkala selama satu musim, berjalan di luar lapangan pada tahun 2011 setelah dilempari pisang.

Pemain Brazil lainnya, Hulk, yang bermain untuk Zenit St Petersburg selama empat tahun, mengeluh pada 2015 bahwa "tidak ada yang memperhatikan masalah ini".

PrancisRusiaHulkFIFAPaul PogbaPiala Dunia 2018Ousmane DembeleBola InternasionalRasisme

Berita Terkini