x

Aturan Baru UEFA Untungkan Real Madrid, Liverpool dan Roma di Liga Champions

Kamis, 19 April 2018 09:11 WIB
Editor: Gerry Crisandy
Aturan baru UEFA mudahkan langkah Real Madrid, Liverpool dan AS Roma di Liga Champions.

Liga Champions Eropa hanya menyisakan empat klub: Bayern Munchen, Real Madrid, Liverpool dan AS Roma.

Empat tim terbaik di kompetisi paling bergengsi di Eropa ini akan saling berjibaku untuk memperebutkan dua tiket ke Kyiev, di mana partai final akan diselenggarakan.

Tapi dengan ketatnya persaingan di liga domestik masing-masing, aturan baru UEFA untuk kompetisi Liga Champions akan membantu sebagian besar tim semifinalis, termasuk Real Madrid.

Baca Juga

1. Konsentrasi 2 Arah

Real Madrid saat ini masih berada di peringkat tiga klasemen La Liga Spanyol.

Bayern Munchen merupakan satu-satunya tim di babak empat besar Liga Champions yang saat ini memuncaki klasemen liga domestiknya. Bahkan, Bavarians telah memastikan gelar juara keenam beruntunnya di awal April lalu.

Sementara Real Madrid, Liverpool dan AS Roma, sama-sama berada di posisi ketiga klasemen liga masing-masing.

Ketatnya persaingan tim-tim di liga-liga elite Eropa dalam memperebutkan posisi empat teratas membuat konsentrasi tiga dari empat kubu semifinalis tersebut pastinya akan terpecah.


2. Ketatnya Persaingan Top 4 Liga Domestik

Liverpool masih terus dibuntuti Tottenham Hotspur dan Chelsea di Liga Primer Inggris.

Di La Liga Spanyol, Real Madrid (68 poin) hanya berjarak tiga poin dari peringkat empat, Valencia (65). Sedangkan Real Betis (52) yang berada di peringkat ke lima menguntit di belakang.

Beralih ke Britania Raya, Liverpool (70) hanya unggul dua poin dari Tottenham Hotspur (68) dan sepuluh poin dari Chelsea (60) di klasemen Liga Primer Inggris.

Di Italia, Roma saat ini mengoleksi 64 poin, jumlah yang sama dengan Lazio di peringkat keempat. Inter Milan (63) di posisi kelima hanya satu poin di belakang dan siap menyalip kapanpun dua tim tersebut terpeleset.

Liga Champions tentu saja panggung megah yang tak mungkin dinomorduakan oleh tim Eropa manapun, terutama jika tim tersebut telah mencapai fase semifinal.

Tapi mengabaikan liga domestik juga berpotensi membuat satu tim yang saat ini hanya satu langkah lagi menuju partai pamungkas, tidak dapat kembali berpartisipasi di musim berikutnya.


3. Aturan Baru UEFA musim 2018/19

AS Roma, Lazio dan Inter Milan dalam pertarungan sengit untuk mengunci posisi empat besar Serie A Italia.

Hingga musim ini, peringkat keempat di La Liga Spanyol, Liga Primer Inggris, Bundesliga Jerman dan Serie A Italia, terpaksa mengikuti fase play-off untuk mengunci posisi di fase grup.

Namun dengan perubahan aturan baru yang mulai berlaku musim depan, 26 tim akan otomatis lolos ke babak penyisihan grup, termasuk empat besar di liga Spanyol, Jerman, Inggris dan Italia.

Dengan ini, beban Los Blancos, The Reds dan I Giallorossi jelang dua leg semifinal jelas berkurang.

Meskipun gagal mempertahankan posisi ketiga klasemen, ketiga klub di atas masih dapat memastikan posisi di Liga Champions, selama tetap mengakhiri musim di posisi empat teratas.

Real MadridLiverpoolLiga ChampionsUEFAAS Roma

Berita Terkini