x

Ledakan Bom di Laga Derbi Sofia Membuat Polisi Jadi Korban

Kamis, 19 April 2018 20:02 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Hooligan Levski Sofia.

Pertandingan sepakbola antara dua tim sekota atau yang sering disebut derbi memang lajim menyajikan pertarungan panas, baik di dalam maupun di luar lapangan. 

Tidak peduli di liga mana mereka berkompetisi, walau sekalipun tidak bepengaruh pada perebutan gelar juara. 

Misalnya saja yang baru-baru ini tersaji dalam pertandingan derbi di Liga Bulgaria antara Levski Sofia menghadapi CSKA Sofia.

Baca Juga

1. Derbi Sofia

Ultras Levski Sofia

Menyajikan laga derbi kota Sofia antara Levski menghadapi CSKA, Selasa (18/04/18) dalam babak play-off perebutan gelar juara, kedua tim sejatinya sudah kehilangan peluang untuk menyabet trofi tertinggi sepakbola Bulgaria yang sudah dipastikan jatuh ketangan Ludogorets.

Namun derbi dua tim Ibu Kota tersebut nyatanya masih menyajikan pertarungan panas, khususnya bagi suporter kedua klub.


2. Penutupan Jalan

Arean luar stadion Vasil Levski

Untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan jelang pertandingan berlangsung, kepolisian setempat bahkan hingga melakukan penutupan jalan utama di sekitar stadion, sekalipun pertandingan akan berlangsung dalam jam-jam sibuk.


3. Ledakan Bom

Hooligan Levski Sofia.

Melakukan berbagai pengamanan dan rekayasa lalu lintas, kejadian yang tidak diinginkan nyatanya masih saja terjadi saat pertandingan.

Bukan sekedar bentrokan antara suporter yang sering terjadi dalam partai derbi, namun lebih parah lagi sempat terjadi ledakan di area sekitar stadion Vasil Levski tempat pertandingan berlangsung.

Ledakan yang diduga bersumber dari sebuah bom itu bahkan sampai melukai beberapa aparat kepolisian.

"Itu bukan kembang api (petasan), namun bom," kata kepala kepolisian setempat Anton Zlatanov, dinukil dari BBC.


4. Seorang Polisi Luka Parah

Hooligan Levski Sofia.

Dalam bom yang menyebabkan kaca disekitar stadion pecah dan berserakan kemana-mana itu itu memakan korban parah sorang polisi wanita.

Polisi wanita yang dirahasiakan identitasnya itu terkena pecahan kaca pada bagian wajah dan matanya saat berdiri disekitar pintu masuk stadion.

"Dia (akan) menjalani operasi tetapi ada banyak potongan kaca pada bagain wajah dan matanya," kata Anton Zlatanov.

Dalam kesempatan yang sama Zlatanov menambahkan bahwa lebih dari 20 penggemar Levski diamankan setelah pertandingan yang berakhir dengan skor 2-2 itu usai.


5. Sejarah Panjang Derbi Sofia

Hooligan Levski Sofia.

Ledakan yang terjadi pada pertandingan selasa lalu, bukan merupakan kejadian pertama yang terjadi dalam pertandingan derbi Sofia.

Pada tahun 2000, bahkan ledakan bom usia pertandingan sampai menewaskan satu orang pria.

Empat tahun berselang, atau tepatnya pada tahun 2014, pelatih CSKA saat itu, Stoycho Mladenov sampai pingsan saat dilempar bola salju oleh salah seorang suporter Levski.

Dan tahun lalu, tiga anggota staf pelatih CSKA Sofia mengalami serangan dari suporter Levski berupa lemparan batu dan juga petasan kearah mereka.

HooliganBola InternasionalHooligansLiga Bulgaria

Berita Terkini