x

Rayakan Ulang Tahun ke-88, PSSI Justru Dijatuhi Sanksi FIFA

Kamis, 19 April 2018 18:08 WIB
Editor: Isman Fadil
FIFA vs PSSI

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) merayakan hari jadinya yang ke-88, pada Kamis (19/04/18). Sejak tahun 1930, PSSI sudah dipimpin oleh 16 ketua umum.

Sebagai induk organisasi olahraga terpopuler di Indonesia, kinerja PSSI selalu diawasi oleh publik. Prestasi tim nasional hingga kompetisi domestik jadi tolok ukur kesuksesan kepengurusan PSSI.

Baca Juga

1. Dijatuhi Sanksi FIFA

Logo resmi FIFA.

Namun dibalik meriahnya hari jadi PSSI, kabar buruk justru datang dari induk sepakbola dunia atau FIFA. PSSI resmi dijatuhi hukuman FIFA karena gagal menjalankan perintah yang ditetapkan Komite Disiplin FIFA. PSSI pun harus membayar CHF 30.000 atau sekitar Rp 427 juta.

Pernyataan tertulis FIFA tentang sanksi untuk PSSI.

"Asosiasi Sepakbola Indonesia (PSSI) telah dijatuhi sanksi sebesar CHF 30.000 karena dinilai gagal menjatuhkan hukuman pengurangan poin kepada enam klub sebagaimana ditetapkan oleh Komite Disiplin FIFA dimana klub ini telah melanggar aturan. Hal ini termasuk termasuk pelanggaran Komisi Disiplin FIFA (tidak menghormati hukuman yang ditetapkan oleh FIFA Dispute Resolution Chamber)." Demikian pernyataan yang dirilis FIFA pada Kamis (19/04/18).

Namun FIFA tak menyebutkan secara gamblang enam klub mana saja yang melanggar aturan Komite Disiplin FIFA.


2. Tantangan Besar

Logo PSSI

Lepas dari sanksi itu, PSSI sadar di usianya yang ke-88 tantangan untuk sepakbola Indonesia akan semakin besar. Untuk itu, PSSI berharap semua elemen mendukung kinerja federasi demi mewujutkan percepatan pembangunan sepakbola nasional.

"88 tahun usia PSSI dan kami rayakan dengan sederhana karena esensinya sepakbola itu memang sangat sederhana. Umur 88 tahun yang juga kami catat sebagai usia yang lebih tua dari usia negeri ini,” tandas Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

“Karenanya PSSI memahami ada tantangan besar mendatang dan harapan publik yang tinggi agar sepakbola menjadi wajah yang baik bagi negeri ini," tambah pria yang karib disapa Jokdri tersebut.


3. Harapan untuk Lebih Baik untuk Masa Depan

Joko Driyono dan Ratu Tisha pembagian grup liga 3.

Jokdri juga berharap semua pihak bisa mendukung kinerja PSSI. Apalagi di tahun ini, PSSI dipercayakan untuk menggelar berbagai kejuaraan internasional di Tanah Air mulai dari Piala AFF (wanita, pria, senior, U-16 maupun U-19), Piala Asia U-19, Piala AFF Futsal hingga Asian Games dan lainnya.

"PSSI tidak mungkin sendirian untuk menyongsong tantangan mendatang. Melalui ulang tahun ini, kami teguhkan kembali tekad dari pengurus PSSI dan seluruh anggota PSSI, publik, fans, dan siapapun pemangku kepentingan untuk sepakbola ini. Insya Allah kami memulai lembaran baru di usia yang ke-88 tahun dengan sangat baik," harapnya.

FIFAPSSIBola Internasional

Berita Terkini