x

Zlatan Ibrahimovic: Piala Dunia Tak Berarti Apa-apa Tanpa Saya

Kamis, 19 April 2018 13:32 WIB
Penulis: Reno Firhad Rinaldi | Editor: Arum Kusuma Dewi

Zlatan Ibrahimovic boleh jadi adalah pemain sepakbola paling sukses bagi Swedia. Selama 19 tahun berkarier, Zlatan selalu malang melintang membela klub-klub besar dan menciptakan sensasi hampir di setiap pertandingannya.

Dia hampir telah memenangkan semua trofi bersama klub-klub yang dibelanya, tetapi ada satu trofi yang belum ia angkat yakni trofi Piala Dunia. Namun, bukanlah hal yang mudah bagi Zlatan dan Swedia untuk merengkuh trofi paling bergengsi di dunia tersebut.

Ada satu kesempatan lagi bagi Zlatan dan Swedia untuk meraih trofi tersebut yakni pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Akan tetapi, belum diketahui pasti apakah Zlatan akan ikut serta bersama Swedia atau tidak.

Baca Juga

1. 'Saya Akan Ikut Piala Dunia'

Zlatan Ibrahimovic saat membela Timnas Swedia.

Anggapan Zlatan yang tak akan ikut ke Piala Dunia 2018 Rusia ternyata mendapat bantahan dari dirinya sendiri. Zlatan, dengan gaya khasnya, menegaskan bahwa dirinya akan ikut bersama Swedia di Piala Dunia 2018 mendatang.

Dikutip dari laman Sport Bible, pemain berusia 36 tahun tersebut membeberkan hal tersebut dalam sebuah wawancara ketika ia menjadi tamu dalam acara di stasiun televisi ABC 'Jimmy Kimmel Live!'. Dalam acara tersebut, Zlatan mengonfirmasi bahwa ia akan bermain untuk Swedia di Piala Dunia.

"Tentu saya akan ikut Piala Dunia, Piala Dunia tanpa saya tidak akan menjadi Piala Dunia," kata Zlatan saat penonton bersorak-sorai.


2. Penolakan dari Pelatih

Pelatih Timnas Swedia, Janne Andersson.

Akan tetapi, keinginan Zlatan tersebut tampaknya akan terbentur dengan kemauan sang pelatih Timnas Swedia, Andersson. Dalam wawancaranya setelah Swedia dipastikan lolos ke Piala Dunia 2018 beberapa waktu lalu, Janne Andersson jengah ketika ditanya apakah ia akan mengikutsertakan Zlatan pada timnya untuk Piala Dunia nanti.

Seperti yang diketahui, Zlatan pada saat itu sudah tidak bermain bagi Timnas Swedia lantaran mengumumkan bahwa dirinya pensiun dari membela negaranya tersebut.

"Ini luar biasa! Pemain ini baru saja berhenti bermain dengan Swedia satu setengah tahun yang lalu dan kami masih di sini berbicara tentang dia," kata Andersson setelah pertandingan, dilansir laman Mirror.

"Astaga, kita perlu bicara tentang pemain hebat yang ada di tim ini yang saya percaya. Saya ingin katakan adalah bahwa ini adalah sebuah demonstrasi bahwa tim kami kolektif seperti ini selama keseluruhan babak play-off. Kami memiliki banyak pahlawan malam ini. Saya sedikit tersentuh tetapi jelas sangat senang dengan hasilnya."


3. Bantah Larangan FIFA

Zlatan Ibrahimovic saat membela Timnas Swedia.

Striker veteran LA Galaxy itu telah mengajukan protes kepada federasi sepakbola dunia (FIFA) terkait dengan peraturan pensiun yang ditujukan kepadanya.

Dirinya telah mengklaim bahwa "FIFA tidak dapat menghentikan saya” jika dia mengambil keputusan untuk mengejar mimpi Piala Dunia dengan Swedia musim panas ini.

Akan tetapi, kemitraan komersial Ibra dengan platform perjudian Bethard menjadi alasan FIFA melarang Ibrahimovic bermain kembali di Piala Dunia karena dianggap melanggar peraturan dan terancam dicekal jika tetap membela timnasnya.

“FIFA tidak bisa menghentikan saya. Jika saya ingin berada di sana, saya akan ada di sana,” tegasnya dilansir dari Goal.

“Seperti halnya tim nasional, jika saya ingin bermain, saya akan bermain. Ini bukan pertanyaan untuk FIFA, itu pertanyaan untuk saya dan apa yang saya inginkan. Pintu terbuka, dan tidak tertutup,” tambah Ibra.

FIFASwediaPiala DuniaIbrahimovicZlatan IbrahimovicBola Internasional

Berita Terkini