x

3 Pesepakbola Afrika yang Sukses 'Jajah' Liga Primer Inggris

Senin, 23 April 2018 13:24 WIB
Penulis: Fery Andriawan | Editor: Juni Adi

PFA atau Player’s of The Year merupakan sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan oleh Asosiasi Pesepakbola Liga Inggris terhadap pemain yang mampu bermain secara konsisten dan gemilang sepanjang musim. Gelar individual ini dibagikan setiap tahunnya, menjelang kompetisi Liga Primer Inggris akan berakhir.

Baca Juga

Sejatinya, PFA ini telah diberikan secara reguler sejak tahun 1973 hingga saat ini. Pada saat itu, Norman Hunter dari klub Leeds United keluar sebagai pemenang penghargaan pertama. Pesepakbola asal Inggris itu tampil cukup mengesankan dengan membawa klubnya sebagai juara di akhir musim.

Uniknya, dalam beberapa tahun terakhir, penghargaan ini selalu jatuh kepada pemain berkewarganegaraan asing. Ironisnya lagi dalam tiga tahun terakhir, para pesepakbola keturunan Afrika mendominasi ajang ini. 


1. 3 Pemain Keturunan Afrika

N'Golo Kante mendapat penghargaan Pemain Liga Primer Terbaik Tahun Ini.

Dominasi pemain keturunan Afrika sudah terjadi pada musim 2015/16. Kala itu, Riyad Mahrez keluar menjadi pemain terbaik setelah membawa Leicester City menjuarai Liga Primer Inggris dengan mengalahkan klub kuat semisal Chelsea dan duo Manchester.

Di musim selanjutnya 2016/17, N’golo Kante keluar menjadi yang terbaik selepas membawa Chelsea menjadi juara Liga Primer Inggris. Sejatinya, Kante adalah pemain asal Prancis namun ia memilliki darah Afrika sebab kedua orang tuanya adalah imigran dari Mali.

Di musim terbaru, Mohamed Salah melengkapi tiga tahun terakhir kejayaan para pemain Afrika di Liga Primer Inggris. Pesepakbola asal Mesir ini memang tidak membawa Liverpool menjadi juara tetapi penampilan konsistennya membuat ia dijatuhi gelar ini.


2. Inggris Kesulitan

Wayne Rooney selebrasi saat bersama Man United.

Liga Primer Inggris memang menjadi magnet sendiri bagi para pemain asing, terutama Afrika dalam tiga tahun terakhir. Ironisnya, salah satu kompetisi bergengsi di Eropa tersebut malah tidak bersahabat dengan para pemain dari negaranya sendiri.

Tercatat, Wayne Rooney menjadi pemain asal Inggris terakhir yang bisa menjadi pemain terbaik, itupun sudah terjadi sangat lama, yakni musim 2009/10 atau delapan tahun lalu.


3. Peraih terbanyak

Thierry Henry, legenda Arsenal.

Dalam sejarahnya, belum ada pemain di Liga Primer Inggris yang berhasil memenangkan penghargaan pemain terbaik versi PFA sebanyak tiga kali. Alan Shearer, Thiery Henry, Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale sama-sama mengoleksi dua gelar.

Thierry Henry dan Cristiano Ronaldo menjadi pemain yang paling fenomenal sebab keduanya meraih gelar pemain terbaik dalam dua tahun berturut-turut.

Mohamed SalahLiga Primer InggrisRiyad MahrezN'Golo KanteLiga Inggris

Berita Terkini