x

Bakal Jamu Persija, Begini 5 Fakta Mencengangkan Soal Markas Tampines Rovers

Senin, 23 April 2018 15:54 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Jalan Besar Stadium.

Dalam laga lanjutan fase Grup H Piala AFC 2018, Persija akan bertandang ke markas klub asal Singapura, Tampines Rovers pada Selasa (24/04/18) mendatang. Laga itu sendiri akan digelar di Stadion Jalan Besar, Kallang, Singapura. Pertandingan nanti mungkin akan menjadi ajang balas dendam bagi klub berlambang kijang tersebut.

Bagaimana tidak. Dalam lawatan mereka beberapa waktu lalu ke Indonesia, bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Persija berhaisl mempermalukan Tampines dengan skor 4-1. 

Baca Juga

Bermain di kandang sendiri akan membawa kemungkinan besar yang berbeda bagi nasib Macan Kemayoran. Tampines punya kans yang cukup mumpuni dalam mengalahkan Persija di kandang mereka sendiri.

Hal itu menjadi hal yang patut diperhatikan oleh Persija, mengingat mereka harus mengunci kemenangan dalam laga tandang tersebut jika ingin berlanjut ke babak selanjutnya.

Akan berlaga di Stadion Jalan Besar, berikut INDOSPORT mengulik 5 fakta mencengangkan yang ternyata dimiliki oleh markas besar Tampines Rovers tersebut menjelang laga tandang Persija ke sana:


1. 1. Jadi Pusat Bahasa Jepang

Jalan Besar Stadium.

Siapa sangka Stadion yang memiliki kapasitas 8,000 orang dan dbukan pada tahun 1932 tersebut punya sejarah panjang  yang cukup unik pada kala Singapura dalam masa penjajahan Jepang. 

Stadion yang biasanya digunakan sebagai pusat bagi banyak orang menyaksikan laga sepakbola, malah justru digunakan sebagai tempat pusat pelatihan bahasa Jepang pada masa penjajahan. 


2. 2. Lokasi Peringatan Kematian Tokoh India

Jawaharlal Nehru.

Pada tahun 1964, Stadion Jalan Besar rupanya pernah dihadiri massa dengan jumlah yang sangat besar. Mereka berdatangan ke sana untuk berduka atas meninggalnya Perdana Mentri India, Jawaharlal Nehru.

Tak mengherankan jika hal itu terjadi, mengingat Singapura sendiri memang memiliki masyarakat yang berasal dari India. Nehru sendiri, sebagai informasi, adalah salah satu sahabat Presiden Soekarno dalam organisasi internasional Gerakan Non-Blok. 


3. 3. Jamu Klub Liga Inggris

Jalan Besar Stadium.

Stadion Jalan Besar pernah mencatat sejarah sebagai lokasi tandang klub Liga Inggris, Burnley FC pada 2010 lalu. Laga tersebut mempertemukan antara Burnley dengan para pemain Singapura.

Dalam laga tandang tersebut, Burnley mampu memberikan hasil yang sangat maksimal. Mereka berhasil mengalahkan para pemain seleksi Singapura dengan skor akhir 0-1.


4. 4. Gantikan National Stadium

Jalan Besar Stadium.

Bukan cuma markas bagi Tampines Rovers saat nanti menjamu Persija Jakarta, Stadion Jalan Besar sendiri menjadi tuan rumah kedua setelah National Stadium saat Timnas Singapura mengadakan pertandingan. 

Penggunaan Stadion Jalan Besar sendiri digunakan saat National Stadium tengah dilakukan konstruksi. Stadion tersebut menjadi alternatif bagi para pemain Timnas untuk menggelar latihan pula jelang laga.


5. 5. Ditandangi Atletico Madrid

Antoine Griezmann (kiri) dan Diego Costa (tengah).

Pada 2013 lalu, klub raksasa Spanyol Atletico Madrid pernah menjalani laga tandang ke Stadion Jalan Besar. Kala itu mereka menghadiri turnamen Peter Lim Charity Club yang dihelat di stadion tersebut. 

Dalam laga itu, Atletico Madrid dipertemukan oleh pemain seleksi Singapura pada 22 Mei 2013 lalu. Pertandingan tersebut akhirnya dimenangkan oleh Atletico Madrid dengan hasil akhir 2-0.

Persija JakartaPiala AFCBola InternasionalTampines RoversPiala AFC 2018

Berita Terkini