x

Bantai Chelsea, Barcelona Juara Liga Champions 2017/18

Selasa, 24 April 2018 09:07 WIB
Penulis: Fery Andriawan | Editor: Yohanes Ishak

Barcelona U-19 berhasil mengandaskan perlawanan Chelsea U-19 di laga final UEFA Youth League musim 2017/18. Tak tanggung-tanggung, klub junior asal kota Catalunya tersebut melibas lawannya dengan skor telak tiga gol tanpa balas.

Baca Juga

Dengan pencapaian ini, Barcelona U-19 sudah merasakan gelar juara sebanyak dua kali semenjak penyelenggaraan pertamanya di musim 2013/14. Hingga sekarang, terhitung sudah digelar sebanyak lima kali dan masih akan terus berlanjut hingga ke depannya.


1. Chelsea Dikalahkan Barcelona

Barcelona U-19

Kemenangan Barcelona terasa sangat spesial. Pasalnya, mereka berhasil membantai Chelsea dengan skor 3-0. Penggawa Blaugrana junior, Alejandro Marques tampil sebagai bintang karena mencetak dua gol dan dilengkapi oleh satu tambahan dari Abel Ruiz pada saat injury time.

Musim ini, Barcelona U-19 memang sangat superior dibandingkan dengan para klub lainnya, termasuk Chelsea U-19. Sebab, sejak pertandingan fase grup, mereka tidak pernah menelan kekalahan sama sekali. Hebatnya lagi, mereka menaklukan Man City U-19 dengan skor 5-4 di semifinal.


2. Pemenang UEFA Youth League

Barcelona U-19

UEFA Youth League baru digelar selama lima tahun. Di kompetisi antar klub junior Eropa ini, Chelsea dan Barcelona bisa dibilang sebagai dua klub yang paling superior lantaran sudah sama-sama meraih dua gelar sedangkan satu lainnya diraih RB Salzburg U-19.


3. Apa itu UEFA Youth League?

UEFA Youth League

UEFA Youth League bisa dibilang setara dengan Liga Champions namun untuk klub sepakbola asal Eropa dengan rataan usia 19 tahun. Semua klub dapat berpartisipasi dengan dua syarat ketentuan.

Pertama, Tim Junior bisa langsung melaju ke fase grup apabila Tim Senior mereka bisa menembus putaran final Liga Champions. Kedua, setiap juara Liga U-19 di Eropa berhak untuk ambil bagian melalui sistem.

Setelah itu, kedua jalur tersebut akan saling bertemu di UEFA Youth League apabila sudah memasuki babak 16 besar. Format kompetisi turnamen ini memang sedikit lebih unik dari pada level seniornya namun ampuh dalam menghasilkan bibit muda berbakat.

ChelseaBarcelonaLiga ChampionsUEFA Youth LeagueBola Internasional

Berita Terkini