x

Ini Bukti Persija Tak Bisa Disalahkan Terkait Laga Lawan Persib yang Terancam Ditunda

Kamis, 26 April 2018 13:12 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Persija Jakarta vs Persib Bandung

Pertandingan Persija kontra Persib yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (28/04/18) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) terancam diundur karena tak adanya izin keamanan dari pihak berwenang, yakni Polda Metro Jaya.

Direktur Persija, Gede Widiade mengkonfirmasi jika pihaknya tak mendapatkan izin dari Polda Metro Jaya untuk menggelar pertandingan pada tanggal 28 April 2018 di GBK. Berdekatan dengan Hari Buruh Internasional alias May Day menjadi alasan pihak kepolisian tak mengeluarkan izin untuk laga Persija vs Persib.

Baca Juga

Banyak omongan di luar yang menyudutkan Persija dan menganggap jika klub Ibu Kota mencari-cari alasan untuk menunda laga melawan Persib tersebut. Namun pada kenyatannya, Persija ternyata telah menjalankan prosedur termasuk melaporkan perihal penundaan laga karena tak mendapat izin dari pihak kepolisian.


1. Regulasi Liga 1

Persija Jakarta vs Persib Bandung

Dalam regulasi Liga 1 2018 Pasal 8 poin 5, 6, 7, 8.

5. LIB memiliki hak untuk setiap saat melakukan perubahan terhadap jadwal Pertandingan. Sebelum memutuskan perubahan tersebut, LIB akan melakukan koordinasi dengan Klub yang terlibat dan/atau terkena dampak terhadap perubahan jadwal Pertandingan tersebut.

6. Perubahan jadwal Pertandingan dapat dilakukan oleh LIB selambatlambatnya 7 hari sebelum hari Pertandingan dengan alasan sebagai berikut : a. keamanan; b. untuk menyesuaikan dengan jadwal siaran langsung televisi; c. jadwal Pertandingan yang telah ditetapkan bersamaan dengan berlangsungnya suatu agenda sepak bola internasional; d. jadwal Pertandingan yang telah ditetapkan bersamaan dengan berlangsungnya suatu agenda nasional/daerah.

7. Klub tuan rumah dari Pertandingan tertentu hanya dapat mengajukan permohonan perubahan jadwal Pertandingan atas dasar tidak diperolehnya izin pelaksanaan Pertandingan dari kepolisian selambat-lambatnya 7 hari sebelum hari Pertandingan yang telah ditetapkan oleh LIB hanya karena alasan perizinan dari kepolisian untuk selanjutnya mendapatkan persetujuan atau penolakan oleh LIB.

8. Dalam hal Klub mengajukan permohonan perubahan hari dan tanggal Pertandingan diluar tenggat waktu yang ditetapkan oleh LIB sesuai dengan ayat 7 Pasal ini dan LIB menolak permohonan tersebut, maka LIB akan menetapkan penyelenggaraan Pertandingan untuk dilaksanakan di tempat netral dengan seluruh biaya penyelenggaraan ditanggung oleh Klub tuan rumah.


2. Persija Tak Langgar Regulasi

Persija Jakarta vs Persib Bandung

Jika melihat dari regulasi tersebut, Persija sejatinya tak bisa dipersalahkan terkait pemunduran jadwal laga melawan Persib. Tim Ibu Kota nyatanya sudah melaporkan mengenai tak dikeluarkannya izin menggelar laga melawan Persib di Jakarta pada 20 Oktober 2018 atau delapan hari sebelum jadwal laga.

Itu berarti, Persija telah melakukan hal sesuai regulasi terkait statusnya sebagai tuan rumah laga melawan Persib .Persija sebagai klub tuan rumah dari Pertandingan tertentu hanya dapat mengajukan permohonan perubahan jadwal Pertandingan atas dasar tidak diperolehnya izin pelaksanaan Pertandingan dari kepolisian selambat-lambatnya 7 hari sebelum hari Pertandingan.

Surat pemberitahuan laga Persija vs Persib yang ditunda.

3. Resmi Diundur

Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade.

Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade, angkat bicara terkait laga syarat gengsi Persija Jakarta menjamu Persib Bandung. Bagi Gede laga tersebut kemungkinan diundur.

Laga Persija melawan Persib Bandung sejatinya akan berlangsung pada Sabtu (28/04/18) mendatang. Namun hingga saat ini izin kepolisian terkait laga tersebut belum dikeliarkan dari pihak kepolisian.

Terkait hal ini Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade angkat bicara. Bahkan, Gede pun mengklaim bahwa laga tersebut akan diundur.

"Ya resmi diundur. Persija akan bertanding melawan Persib pada 3 Mei 2018," ucap Gede ketika dihubungi pewarta.

"Kepolisian tidak memberikan izin dan menyarankan agar laga dimundurkan selepas May Day. Jadi opsinya yang pas itu tanggal 3 Mei," kata Gede menambahkan.



 

Persib BandungPersija JakartaLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini