x

Soal Urusan Gol, Liga Champions Musim Ini Sudah Pecahkan Rekor

Kamis, 26 April 2018 12:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Logo Liga Champions.

Turnamen Liga Champions yang diselengarakan oleh UEFA pada musim 2017/18 menjadi musim paling produktif dalam hal rasio gol per laga. Hingga babak semifinal leg pertama, total sudah 387 gol disarangkan.

Baca Juga

Masih tersisa tiga pertandingan lagi di Liga Champions musim ini, dengan dua pertandingan leg kedua semifinal dan satu final yang akan berlangsung bulan depan.

Meskipun demikian, pihak UEFA telah secara resmi merilis edisi terbaru torehan skor tertinggi sepanjang masa dalam hal gol pertandingan di situs resminya.


1. Laga Semifinal

Roberto Firmino.

Gol pertama Roberto Firmino di leg pertama semifinal, laga keempat Liverpool melawan Roma, adalah gol ke-381 Liga Champions untuk musim ini. Ini satu gol lebih banyak ketimbang rekor gol sebelumnya di musim 2016/17.

Menurut UEFA.com, Setelah kemenangan 5-2 Liverpool melawan Roma dan 2-1 Real Madrid di Bayern Munchen, gol Liga Champions sudah mencapai 387 gol dalam 122 pertandingan, sekitar 3,17 per laga, yaitu setiap 28 menit.

Musim lalu, Liga Champions hanya berakhir dengan rata-rata 3,04 per game (30 menit per gol) dan bahkan jika tidak ada gol lagi musim ini, rata-rata akan keluar sebagai 3,10 (setiap 29 menit).


2. Ronaldo Tertinggi

Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah.

Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo yang menduduki puncak perolehan gol dengan 15 gol musim ini di Liga Champions. Ia butuh tiga gol lagi untuk setidaknya memecahkan rekornya sendiri yakni 17 gol dalam satu musim pada 2013/14.

Di peringkat kedua dan ketiga, dua bintang Liverpool, Roberto Firmino dan Mohamed Salah menyusul dengan torehan 10 gol. Catatan tersebut masih belum diprediksi apakah bisa mengejar rekor Ronaldo untuk Liga Champions mengingat ketiga pemain tersebut sedang berjuang memperebutkan tiket final Liga Champions.


3. Edisi Terberat

Logo Liga Champions.

Namun Liga Champions musim ini belum memcahkan rekor sebagai musim dengan jumlah gol terbanyak dalam satu musim. 

Catatan rekor berjumlah 449 gol yang pernah terjadi di musim 2000/01, meskipun pada tingkat gol per laga lebih rendah (2,86 per game) karena 157 pertandingan dimainkan di turnamen musim itu yang memiliki dua babak grup.

Cristiano RonaldoLiga ChampionsUEFAMohamed SalahRoberto Firmino

Berita Terkini